Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Persiapkan 4 Hal Ini Selama Pelatihan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 03-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4232b91d5e84a522cd92284f981400a4_x_Thumbnail800.jpeg

Pelatihan Data Scientist adalah program pelatihan yang sengaja dirancang agar bisa membantu peserta mempelajari keterampilan teknis dan analitis dalam bidang data science. Pelatihan ini dapat mencakup berbagai topik, seperti pengolahan data, analisis statistik, machine learning, big data, dan teknologi data terkait lainnya. Kebutuhan akan Data Scientist membuat pelatihan Data Scientist memiliki banyak peminat. Sehingga tidak heran jika peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh para lembaga kursus Data Science.


Pelatihan Data Scientist dapat diikuti oleh siapa saja, baik untuk pemula yang baru saja terjun ke bidang Data Science (baik fresh graduate maupun profesional yang ingin switch career), maupun profesional yang ingin meningkatkan keterampilan di bidang ini. Pelatihan ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu atau perusahaan, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam bidang Data Science. Sebelum mengikuti pelatihan Data Scientist, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pelatihan menjadi lebih optimal.


1.Tujuan Mengikuti Pelatihan

Data Scientist

Sebelum mengikuti kegiatan apapun, kita harus memahami tujuan dari kegiatan yang ingin diikuti tersebut. Begitu juga ketika ingin mengikuti pelatihan Data Scientist. Pastikan kamu memahami tujuan dari pelatihan Data Scientist yang ingin kamu ikuti. Apakah kamu ingin mempelajari keterampilan basic Data Science atau keterampilan lanjutan dalam bidang tertentu seperti machine learning, big data, atau analisis data medis. Pada dasarnya ilmu Data Science ini sangat lah luas. Jika kamu masih pemula, ada baiknya memulai dari yang paling basic agar ketika kamu melanjutkan ke keterampilan lanjutan, kamu akan lebih mudah untuk mengikuti.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kredibilitas Pelatihan & Kualifikasi Instruktur

Data Scientist

Pastikan bahwa pelatihan Data Scientist yang kamu pilih kredibel dan diakui dalam industri. Pelatihan dari institusi terkemuka atau yang memberikan sertifikasi dapat lebih dihargai oleh recruiter dari pihak perusahaan. Selain itu, kamu juga perlu memastikan kualifikasi dari instruktur yang akan mengajar di pelatihan tersebut. Setidaknya instruktur memiliki pengalaman yang memadai di bidang Data Science dan memiliki reputasi yang baik.


3. Waktu & Biaya

Data Scientist

Waktu dan biaya menjadi hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Tidak semua orang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti pelatihan, sehingga kamu harus memastikan apakah biaya dari pelatihan yang ingin kamu ikuti tersebut masih masuk ke budget yang kamu miliki atau tidak. Selain budget, kamu juga perlu melihat waktu diadakan pelatihan tersebut. Terlebih jika saat ini kamu memiliki kegiatan lain misalnya bekerja, maka kamu harus memastikan tidak terjadi jadwal yang bertabrakan.


4. Metode Pembelajaran & Bahan Ajar

Data Scientist

Selain beberapa hal di atas, kamu juga perlu melihat dari segi metode pembelajaran dan bahan ajar yang akan digunakan. Pastikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam pelatihan Data scientist sesuai dengan gaya belajarmu. Beberapa pelatihan menggunakan pendekatan yang lebih interaktif dan praktis, sementara yang lain lebih teoritis dan formal. Kemudian kamu juga perlu memastikan apakah pelatihan tersebut menyediakan bahan pelatihan yang cukup dan bermanfaat, seperti materi presentasi, tugas, dan latihan praktis atau tidak.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Bahkan di dunia marketing dan branding yang penuh dengan kreativitas. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login