SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 10 Jam 2 Menit 45 Detik

Personalisasi Pelanggan dengan Ilmu Data Science

Belajar Data Science di Rumah 01-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-05-2023-08-01-231448_x_Thumbnail800.jpg

Bisnis merupakan salah satu bidang yang bisa dioptimalkan dengan memanfaatkan ilmu Data Science. Ilmu Data Science ini adalah ilmu yang berkaitan erat dengan data, dimana orang yang ahli akan ilmu ini bisa menemukan insight dari data untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Pada dasarnya, praktisi Data Science memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan di sebuah bisnis.


Dalam bisnis, pelanggan adalah elemen penting yang harus diberikan pelayanan dan eksperience yang menyenangkan. Hal ini akan berdampak pada loyalitas pelanggan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengenal pelanggan atau dengan melakukan personalisasi pelanggan. Dengan menggunakan analisis data yang canggih, ilmu Data Science memungkinkan bisnis untuk memahami preferensi, perilaku, dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana Data Science dalam personalisasi pelanggan. Check this out!


1. Memahami Pelanggan dengan Lebih Mendalam

Data Science

Dalam dunia bisnis yang dipenuh dengan data pelanggan, ilmu Data Science bisa melakukan analisis untuk menghasilkan insight yang lebih mendalam tentang perilaku dan preferensi pelanggan. Kita bisa mulai memanfaatkan dari data transaksi hingga interaksi dengan situs web agar ilmu Data Science dapat mengidentifikasi pola-pola yang mencerminkan preferensi dan minat pelanggan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk membuat profil pelanggan yang lebih mendalam dan menyajikan rekomendasi yang lebih relevan.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Personalisasi Produk dan Layanan

Data Science

Dengan memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan, akan sangat memungkinkan bagi bisnis untuk menawarkan produk dan layanan yang lebih personal. Misalnya, jika seorang pelanggan sering membeli produk tertentu, bisnis dapat menyajikan rekomendasi produk yang mirip atau tambahan yang mungkin menarik bagi pelanggan tersebut. Hal ini mungkin akan sering kita temui di berbagai e-commerce yang selalu memberikan rekomendasi produk berdasarkan produk yang sering dicari. Personalisasi produk dan layanan membuat pelanggan merasa dihargai dan meningkatkan peluang konversi.


3. Komunikasi yang Lebih Efektif

Data Science

Ilmu Data Science memungkinkan bisnis untuk menyampaikan pesan dan penawaran yang relevan di waktu yang tepat. Dengan menganalisis data interaksi pelanggan, seperti email, media sosial, dan riwayat pembelian, bisnis dapat mengidentifikasi momen yang tepat untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tentu saja hal ini akan berperan untuk membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis dengan pelanggan.


4. Mengurangi Tingkat Churn Pelanggan

Data Science

Churn adalah keadaan dimana pelanggan memilih untuk berhenti menggunakan produk yang dimiliki oleh suatu bisnis, dan biasanya akan diikuti dengan berpindah ke kompetitor. Analisis data dengan Data Science memungkinkan bisnis bisa mengidentifikasi tanda-tanda pelanggan yang cenderung akan melakukan churn. Dengan menganalisis pola-pola perilaku pelanggan sebelum churn, maka bisnis dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat agar bisa mempertahankan pelanggan dan meningkatkan retensi.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Ilmu Data Science bisa memudahkan bisnis untuk melakukan personalisasi pelanggan dan menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi customer. Hal ini memungkinkan bisnis untuk tetap bersaing dalam pasar yang kompetitif, meningkatkan retensi pelanggan, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Kamu bisa melakukan personalisasi pelanggan tersebut dengan mempelajari Data Science bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login