2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 14 Jam 5 Menit 32 Detik

Petualangan Gapai Karir Data Scientist Lewat Bootcamp

Belajar Data Science di Rumah 07-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-02-2024-05-07-162033_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp Data Scientist adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menjadi Data Scientist. Bootcamp adalah program pelatihan yang dilakukan secara intensif untuk mempelajari bidang tertentu. Biasanya, waktu pelaksanaan bootcamp cenderung lebih singkat jika dibandingkan dengan waktu yang harus ditempuh untuk pendidikan formal. Dalam konteks persiapan karir, bootcamp sering kali mengacu pada program pelatihan yang didesain untuk mempersiapkan peserta dengan keterampilan praktis dalam bidang-bidang seperti Data Science, Software Development, desain UX/UI, dan lainnya.


Di tengah permintaan yang meningkat untuk para Data Scientist yang profesional, bootcamp Data Scientist telah menjadi pintu masuk yang menarik bagi para individu yang ingin memulai atau mempercepat karir mereka di bidang ini. Namun, di balik reputasi sebagai jalur cepat untuk mempelajari keterampilan teknis, ada petualangan unik yang menanti para peserta jika mereka memutuskan masuk melalui pintu ini. Kita akan banyak membahas perjalanan menarik tersebut dalam artikel ini. Simak pembahasannya!


1. Pencarian dan Persiapan

Data Scientist

Tahap awal dari petualangan seorang calon Data Scientist akan dimulai dengan tahap pencarian dan persiapan. Pada tahap ini, mereka mungkin merasa seperti seorang penjelajah yang mencari harta karun. Mereka akan menelusuri berbagai bootcamp Data Scientist yang tersedia, membaca ulasan, lalu mencari tahu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka. Persiapan ini juga melibatkan proses mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk tantangan yang akan datang.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Pelatihan Intensif

Data Scientist

Setelah menjatuhkan pilihan pada bootcamp yang dirasa paling tepat, petualangan akan berlanjut ke tahap pelatihan intensif. Dalam tahapan ini, para peserta akan tenggelam dalam dunia data, belajar bahasa pemrograman seperti Python dan R, mempelajari teknik statistik dan Machine Learning, serta mengerjakan project data yang memungkinkan mereka untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam situasi di dunia nyata.


Seperti seorang petualang yang menghadapi tantangan alam, peserta harus siap untuk menghadapi jam belajar yang panjang, frustasi saat mengatasi program error, atau bahkan kelelahan dari segi fisik maupun mental.


3. Eksplorasi dan Eksperimen

Data Scientist

Seiring berjalannya waktu, peserta bootcamp mulai merasakan kepercayaan diri yang tumbuh saat mereka menjelajahi lebih jauh dunia data. Mereka mulai mengembangkan keahlian mereka dalam mengidentifikasi pola dalam data, menghasilkan model prediktif yang akurat, hingga menyajikan insight dengan visualisasi data yang menarik. Seperti seorang penjelajah yang menemukan peta baru, mereka mulai melihat potensi dan peluang baru di mana-mana.


4. Puncak Petualangan: Penempatan dan Peluncuran Karir

Data Scientist

Bagi banyak peserta, puncak petualangan mereka adalah saat mereka menyelesaikan bootcamp dan siap untuk terjun sebagai seorang Data Scientist. Dengan memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapatkan selama petualangan tersebut, mereka siap untuk mengeksplorasi lautan dunia kerja dan menemukan tempat yang tepat untuk mendarat. Beberapa yang beruntung mungkin bisa mendapatkan penempatan langsung melalui program bootcamp tersebut, sementara yang lain mungkin harus menjelajahi sendiri untuk menemukan kesempatan yang sesuai.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Bootcamp Data Scientist tidak hanya sekadar program pelatihan; mereka adalah petualangan unik yang membawa peserta melalui perjalanan belajar yang intensif dan mengesankan. Dengan semangat petualang yang kuat, siapakah yang tidak ingin mengikuti jejak para pionir di bidang Data Science ini?


Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login