FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 22 Menit 24 Detik 

Pilih Data Scientist atau Data Analyst? Ketahui Dulu Tanggung Jawabnya!

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4634ee6fd1304eac506cbee42f46d9f7_x_Thumbnail800.png

Saat ini banyak perusahaan, dari yang besar hingga startup sedang mencari tenaga kerja yang berprofesi data. Profesi data yang dimaksud adalah Data Scientist dan Data Analyst. Kedua profesi tersebut saat ini sedang berada di puncak pencarian oleh banyak perusahaan. Selain itu juga, kedua profesi tersebut sangat diminati oleh masyarakat untuk dipelajari dan digeluti.


Namun, masih banyak masyarakat yang menganggap kedua profesi tersebut tidak berbeda jauh dan memiliki tanggung jawab yang sama. Hal tersebut salah besar, profesi Data Scientist dan Data Analyst memiliki definisi, tanggung jawab, dan skill dasarnya masing-masing. Oleh karena itu pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi seputar profesi Data Scientist dan Data Analyst. Jangan sampai tertinggal, ya!


1. Definisi Data Scientist

Data Scientist merupakan profesi yang bertugas untuk menganalisis berbagai macam data dalam volume yang besar dalam suatu perusahaan. Dengan kemampuan mereka yang dapat menganalisis data, seperti menggabungkan data dari berbagai sumber dan memastikan sumber, profesi tersebut bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan.


Hasil dari data yang mereka olah akan divisualisasi atau dibuat menjadi bentuk infografis, grafis, dan diagram untuk memudahkan orang lain melihat informasi atau tren yang terungkap dari kumpulan data tersebut. Seorang Data Scientist memerlukan keterampilan dalam statistik untuk mencari informasi berguna demi pengembangan bisnis suatu perusahaan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Definisi Data Analyst

Data Analyst memiliki tugas untuk menerjemahkan data-data menjadi laporan yang dapat mudah dipahami oleh orang lain atau divisi yang bersangkutan, seperti manajemen. Dengan data-data tersebut, perusahaan dapat terbantu dalam pengambilan keputusan agar dapat membawa perusahaan menjadi lebih baik lagi.


Selain itu juga, Data Analyst dapat dikatakan sebagai profesi yang bertugas menganalisis data demi peningkatan keuntungan dan kredibilitas suatu perusahaan. Pekerjaan seorang Data Analyst tidak terlalu mengarah ke hal-hal teknis seperti Data Scientist, tetapi skill yang dibutuhkan untuk menjadi profesi ini juga sama pentingnya.


3. Tanggung Jawab Data Scientist dan Data Analyst

Setelah membahas mengenai definisi atau pengertian dari profesi Data Scientist dan Data Analyst, teman-teman mungkin penasaran mengenai tugas atau tanggung jawab kedua profesi secara rinci. Berikut tanggung jawab Data Scientist terlebih dahulu.

  • Menggelar penelitian terkait data perusahaan yang akan digunakan untuk penentuan keputusan.

  • Membuat tabel pivot dengan software statistik.

  • Memvisualisasikan data dalam bentuk grafik.

  • Menganalisa data dengan bahasa pemrograman.

  • Menyiapkan infrastruktur data.

  • Menganalisis data perusahaan dalam volume yang besar.


Berikut tanggung jawab Data Analyst.

  • Menganalisis berbagai macam data yang sudah disaring.

  • Mengolah data yang telah diolah untuk bahan pengambilan keputusan perusahaan.

  • Menganalisis setiap masalah yang berhubungan dengan bisnis.

  • Menafsirkan data dengan baik dan terperinci.

  • Memvisualisasikan data untuk disajikan kepada pemangku kepentingan perusahaan.



4. Skill Dasar Data Scientist dan Data Analyst

Dengan tanggung jawab yang telah disampaikan sebelumnya, teman-teman memerlukan beberapa skill atau keahlian dasar untuk membantu teman-teman semakin mengerti dalam menjalani masing-masing profesi. Seorang Data Scientist perlu skill dalam software engineering, bahasa pemrograman, ilmu statistika, kalkulus, aljabar, machine learning, artificial intelligence, visualisasi dan pemetaan data, komunikasi, serta memecahkan masalah.


Sedangkan untuk profesi Data Analyst, skill-skill dasar yang perlu dikuasai adalah bahasa pemrograman SQL, ilmu statistika, matematika, penggunaan machine learning, visualisasi data, komunikasi, dan cara berpikir kritis. Apabila teman-teman tertarik untuk mendalami salah satu profesi, kalian bisa mulai dari skill-skill dasar yang telah disampaikan sebelumnya sebagai dasar kalian dalam dunia data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Belajar Dasar Kedua Profesi Bersama Dengan DQLab

Apabila kalian belum dapat memutuskan ingin mendalami profesi yang mana, kalian dapat belajar kedua dasar profesi tersebut di DQLab. Selain menyediakan materi-materi seputar kedua profesi, kalian juga akan diberikan pengajar berupa praktisi data berpengalaman, lho! Jadi sembari belajar, kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan seputar dunia kerja dalam bidang data. Jika kalian ingin mulai belajar, kalian bisa sign up di DQLab.id, kemudian kalian boleh langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis. Ayo, perbanyak ilmu data kalian bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :