PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 3 Menit 51 Detik 

Populer di Bidang Data, Kenali Teknik Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 24-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6fd356fec27adb531dfe13db43569cf7_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah kumpulan informasi yang sudah menjadi bagian dalam keseharian kita. bentuk data bermacam-macam, ada yang termasuk ke dalam data terstruktur maupun data tak terstruktur. Data ini termasuk bagian penting dalam kegiatan penelitian yang nantinya akan dianalisis menggunakan teknik pengolahan & analisis data yang sesuai. Penentuan dalam pemilihan teknik analisis data pun tentunya harus sesuai dengan jenis data yang digunakan dan tujuan penelitiannya.


Teknik analisis data merupakan suatu metode atau prosedur yang digunakan dalam menganalisis data. Data yang awalnya tidak dapat disimpulkan setelah dianalisis menggunakan teknik yang tepat maka dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan. Terdapat berbagai contoh teknik analisis data yang sering digunakan antara lain seperti teknik analisis data deskriptif dan inferensial pada penelitian kuantitatif. Adapun contoh teknik analisis data kualitatif antara lain seperti metode observasi, wawancara, dan studi literatur. Ingin tahu lebih lanjut terkait teknik analisis data yuk, simak artikel ini dengan seksama!


1. Apa Itu Teknik Analisis Data

Teknik analisis data merupakan suatu metode yang digunakan dalam menganalisis data. Prosedur yang ada nantinya diterapkan dalam proses analisis sehingga mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Teknik analisis data dilakukan ketika poin-poin penelitian sudah terpenuhi. Dengan menggunakan teknik analisis data yang sesuai, maka prose analisis data akan lebih mudah dan hasilnya lebih valid.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Macam Teknik Analisis Data

Seperti yang telah diketahui bahwa dalam penelitian perlu menggunakan teknik analisis data yang sesuai agar hasilnya lebih maksimal. Untuk mengetahui teknik analisis data yang akan digunakan, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis penelitian seperti apa yang akan dianalisis. 


Terdapat dua macam teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Seperti namanya, teknik analisis data kuantitatif digunakan pada penelitian yang bersifat kuantitatif dimana data yang digunakan bersifat numerik. Adapun teknik analisis data kualitatif digunakan pada penelitian kualitatif dimana data yang digunakan bersifat non numerik.


Teknik Analisis Data


3. Cara Implementasi Teknik Analisis Data

Setelah mengetahui pengertian serta macam-macam teknik analisis data, agar lebih memudahkannya maka sebaiknya kita mengetahui cara implementasi teknik analisis data. Terdapat beberapa langkah teknik analisis data yang digunakan, yaitu:

  • mengumpulkan data, merupakan salah satu tahapan awal dalam proses analisis data yang dapat diperoleh dengan berbagai metode seperti wawancara, observasi, studi literatur.

  • membersihkan data, data yang diperoleh perlu dipersiapkan dan diperiksa apakah ada missing value, data duplikat.

  • analisis data, setelah data sudah siap untuk dianalisis maka diproses pengolahan data menggunakan teknik atau metode yang sesuai.

  • penyajian data, hasil analisis data disajikan dalam bentuk yang singkat, padat, jelas dan sesuai tujuan.


Teknik Analisis Data


4. Tools Teknik Analisis Data

Pada saat melakukan analisis data, peneliti akan kesulitan jika melakukannya dengan cara manual. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada umumnya data yang dianalisis tidaklah sedikit, bahkan termasuk ke dalam kategori big data. Oleh karena itu untuk lebih mengefisienkan waktu, biaya dan tenaga maka peneliti menggunakan tools analisis data. Beberapa tools analisis data antara lain R, Python, SQL, Excel, Tableau, Domo, Google Data Studio, Hadoop, Apache Park, SAS, dan masih banyak lainnya.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data adalah bagian penting dalam analisis data dimana dengan menggunakan teknik yang sesuai maka hasil analisis data pun lebih valid. Kalian bisa mulai mempelajarinya di DQLab dan langsung coba belajar berbagai tools data science secara live code loh!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :