2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 27 Menit 41 Detik

Portfolio Apa yang Harus di Buat Calon Data Engineer?

Belajar Data Science di Rumah 16-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-04-2024-04-16-202402_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini terdapat berbagai macam profesi yang banyak diminati dan dibutuhkan oleh berbagai kalangan, antara lain seperti data engineer, data scientist, data analyst, dan masih banyak lainnya. Profesi yang berkaitan dengan data science atau kecanggihan teknologi ini memiliki peranan penting di masa kini. Dengan demikian tidak mengherankan pula jika banyak orang yang mencari tahu tentang portofolio data engineer dan bagaimana cara membuatnya agar menarik.


Para pencari kerja atau seseorang yang ingin mengupgrade profesinya, perlu melengkapi beberapa elemen yang bisa digunakan untuk kepentingan atau kelengkapan administrasi. Salah satu hal tersebut adalah portofolio. Bagi seorang praktisi data seperti data engineer, portofolio data ini menjadi salah satu hal penting yang perlu dilengkapi dan terus diupdate. Pada artikel kali ini kita akan mengenali pengertian dari portofolio data sampai cara membuatnya agar lebih menarik perhatian pembaca.


1. Portofolio Data

Pengertian portofolio secara umum merupakan suatu kumpla dokumens eseoran yang dirangkum sedemikian rupa untuk menyampaikan dokumentasi atau perkembangan suatu proses. Dalam hal ini, portofolio data adalah kumpulan dokumen yang tujuannya untuk menyampaikan suatu project atau hasil kerja yang pernah dikerjakan. Memiliki portofolio ini dapat berisi berbagai topik yang bisa digunakan untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian seseorang dalam bidang data. 

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Elemen Portofolio Data

Jika beberapa dari kalian pernah mendengar istilah curriculum vitae (CV), mungkin secara umum portofolio data hampir mirip dengan itu, namun portofolio data cenderung lebih menonjolkan project analisis data. Beberapa elemen portofolio data yang perlu dilengkapi antara lain seperti identitas diri, project yang pernah dikerjakan, testimoni klien yang pernah bekerja sama, skill yang dimiliki, pelatihan yang pernah diikuti, kontak atau link yang bisa dihubungi, dan masih banyak lainnya.

Data Engineer


3. Manfaat Portofolio Data

Seperti yang telah kita ketahui bahwa portofolio data merupakan suatu dokumen penting yang perlu dilampirkan dalam proses melamar kerja. Selain itu, portofolio data memiliki beberapa manfaat lainnya, yaitu dapat meningkatkan kredibilitas, dapat menceritakan keahlian dalam bekerja, meningkatkan kesempatan mendapatkan banyak klien, menjadi pembeda dengan pesaing, dapat menjadi personal branding, serta bisa untuk mengeksplorasi kreativitas.

Data Engineer


4. Cara Bikin Portofolio Data

Saat ini membuat portofolio data bukanlah suatu hal yang asing. Kini telah banyak cara kita untuk mencari tahu bagaimana cara membuat portofolio data yang menarik dan pesan yang ingin disampaikan diterima oleh pembaca. Berikut cara mudah buat portofolio data yaitu : perkenalkan diri dengan singkat dan jelas, tingkatkan skill, memperhatikan elemen portofolio,  update portofolio, buat portofolio data dengan visualisasi data yang menarik.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Portofolio data adalah suatu hal yang bisa digunakan untuk melengkapi berkas persyaratan kerja. portofolio data bisa dibangun sejak dini, bisa dimulai dengan mengerjakan beberapa project yang ada pada modul di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login