PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 20 Menit 17 Detik 

Praktekkan Project Data Analyst menggunakan R

Belajar Data Science di Rumah 24-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/74144f76323a5f446cf2932d10ceb8ba_x_Thumbnail800.jpg

Jika kita berbicara dengan data, seringkali pula kita bertanya apakah ada profesi yang berkaitan dengan data? jika iya seberapa pentingkah peranan profesi data ini. Profesi data ini memiliki peran penting dalam perusahaan besar, salah satu profesi tersebut adalah data analyst.


Untuk lebih memahami terkait data analyst mungkin bisa dimulai dengan mengenali berbagai ragam project data analyst dalam berbagai bidang seperti bidang finansial, retail, marketing, dan kesehatan.


Project data analyst akan lebih mudah bagi kita untuk lebih memahami peranan penting data analyst dan analisis data dalam kehidupan keseharian. Sebenarnya berbagai studi kasus sudah sering kita jumpai bahkan hasil dari analisis data itu telah kita terapkan dalam keseharian. Hanya saja mayoritas dari kita kurang menyadari akan hal tersebut.


Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali berbagai project data analyst yang dapat digunakan sebagai gambaran di bidang-bidang lainnya.


1. Credit Risk Analysis

Project dalam modul ini berisi pengenalan mengenai credit risk dan credit rating prediction dan apa manfaatnya untuk industri finansial pemberi pinjaman seperti bank, multi finance, asuransi, dan lainnya. Dalam penyelesaian project akan dikenalkan beberapa konsep dari berbagai algoritma seperti decision tree dan algoritma C5.0 sampai menghasilkan model credit risk.


Setelah model didapatkan, dilanjutkan dengan memahami output atau hasil dari algoritma tersebut. Setelah model dihasilkan, kita perlu mengevaluasi kelayakan model untuk digunakan. Jika dirasa modelnya sudah cukup baik, maka dilanjutkan dengan cara menggunakan model untuk melakukan prediksi risk rating dari data pengajuan pinjaman baru.


data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Market Basket Analysis

Jika dalam project sebelumnya kita mencoba dalam dunia finansial, maka project selanjutnya yang dapat dicoba adalah dalam bidang retail. Pada project dalam modul ini nantinya akan dijelaskan apa dan mengapa market basket analysis yang akan dimanfaatkan pada bisnis ritel untuk menemukan product packaging yang tepat dan mengurangi masalah inventory.


Pada project ini kita akan mencoba menggunakan algoritma apriori. Terdapat beberapa konsep dasar dalam algoritma ini yaitu item, itemsets and rules, item and transaction. Setelah itu akan dilakukan proses scoring and evaluation.

data analyst


3. Customer Segmentation

Project kali ini akan terjun ke dalam dunia marketing, yaitu customer segmentation. Modul ini dimulai dari pengenalan marketing and customer segmentation, kemudian dilanjut mempersiapkan data yang akan digunakan untuk menganalisis lebih lanjut.


Algoritma yang digunakan dalam project ini adalah clustering dan algoritma K-Means. Setelah itu akan ditentukan jumlah cluster terbaik. Pada modul ini dipelajari pula cara mengoperasionalkan  model K-Means.

data analyst


4. Analisis Data Covid19 di Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini kita  semua sudah hidup berdampingan dengan covid19. Bertambah dan berkurangnya jumlah kasus yang positif, sembuh, dan jumlah kematian yang naik turun setiap hari membuat para pakar data ingin menganalisis berdasarkan data yang tersedia di portal covid19.go.id.


Data dalam project ini diambil dari portal langsung dengan menggunakan Application Programming Interface (API). Pada project ini akan diambil sampel data di daerah Jawa Barat yang nantinya akan ditampilkan pula kasus sembuh dan meninggal.

data analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Pengerjaan project data analyst ini sebagai bentuk pengenalan terhadap dunia data serta penerapannya. Dengan mengenali project data analyst kita akan mengetahui seberapa penting peranan data serta analisis data dalam keseharian. Jangan khawatir atau bingung ingin mencobanya dimana, langsung saja ke DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :