FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 31 Menit 23 Detik 

Prediksi Implementasi Machine Learning Populer 2023

Belajar Data Science di Rumah 22-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f02e2fe74dd02e148b4d6aacbcdf77f3_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning adalah salah satu istilah yang cukup populer, terutama dalam bidang bisnis global. Salah satu contoh penggunaan machine learning adalah robot futuristik yang bisa belajar secara mandiri. Di industri yang berbeda, machine learning menjadi pintu masuk dan membuka jalan penciptaan teknologi dan tools yang cukup inovatif untuk otomatisasi pekerjaan berulang yang sebelumnya membutuhkan tenaga manusia. 


Contoh lain pengaplikasian machine learning yang sangat populer dan digunakan oleh berbagai sektor industri adalah fitur email yang bisa mengidentifikasi pesan spam. Filter spam menggunakan algoritma untuk mengidentifikasi dan memindahkan email spam agar masuk ke folder spam pada email kita. Beberapa perusahaan e-commerce juga menggunakan algoritma machine learning yang dikombinasikan dengan tools IT lainnya untuk mencegah penipuan dan meningkatkan kinerja mesin rekomendasi mereka.


Ahli data science menyatakan algoritma machine learning akan terus tumbuh dan pengaplikasiannya akan semakin masif. Apa saja contoh pengaplikasian machine learning yang akan tumbuh subur di tahun 2023? Yuk kita simak bersama!


1. Fitur Media Sosial

Platform media sosial menggunakan algoritma dan pendekatan machine learning untuk membuat beberapa fitur yang menarik dan luar biasa. Misalnya, Facebook memperhatikan dan mencatat aktivitas, obrolan, suka, dan komentar yang kita tinggalkan, serta waktu yang kita habiskan untuk jenis kiriman tertentu. Algoritma machine learning akan belajar dari pengalaman kita sendiri dan membuat saran teman atau halaman profil kita.


Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Rekomendasi Produk

Rekomendasi produk adalah salah satu aplikasi machine learning yang paling populer dan terkenal. Rekomendasi produk adalah salah satu fitur mencolok dari hampir setiap situs web e-commerce saat ini yang merupakan aplikasi lanjutan dari teknik machine learning. Dengan menggunakan teknologi machine learning dan AI, situs web dapat melacak perilaku users berdasarkan pembelian sebelumnya, pola pencarian, dan riwayat keranjang, lalu membuat rekomendasi produk yang sesuai.


Machine Learning


3. Sentiment Analysis

Sentiment analysis atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan analisis sentimen adalah salah satu contoh pengaplikasian machine learning real time yang menentukan emosi atau pendapat pembicara atau penulis. Misalnya, jika seseorang telah menulis ulasan atau email, penganalisis sentimen akan segera mengetahui pemikiran dan nada sebenarnya dari teks tersebut. Aplikasi analisis sentimen ini dapat digunakan untuk menganalisis situs web berbasis ulasan, aplikasi pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.


Machine Learning


4. Language Translation

Salah satu aplikasi machine learning yang paling umum adalah translator bahasa. Machine learning memainkan peran penting dalam penerjemahan satu bahasa ke bahasa lain. Teknologi di balik alat penerjemahan disebut 'machine translation'. Dengan teknologi ini, kita bisa berinteraksi dengan orang lain dari seluruh dunia. Dengan tools ini, para traveler yang tidak lancar berbahasa inggris akan lebih mudah untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena bahasa yang bisa diterjemahkan tidak hanya bahasa inggris, maka orang-orang yang berbicara dengan bahasa yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa hambatan.


Machine Learning



Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Selain empat contoh di atas, masih banyak contoh pengaplikasian machine learning. Yuk praktik langsung pengaplikasian machine learning dengan modul DQLab! Modul ini dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa menulis script machine learning secara langsung dan bisa mengaplikasikan machine learning di berbagai bidang industri, mulai dari industri telco, retail, hingga health care.

Penasaran dengan live code editor dari DQLab? Yuk coba GRATIS dengan sign up melalui button di bawah ini atau kunjungi DQLab.id dan akses modul FREE ‘Introduction to Data Science’ baik dengan R maupun Python untuk berkenalan dengan live code editor dari DQLab.

Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :