TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 8 Menit 49 Detik 

Profesi Data Analyst, Kenali Tugas dan Proses Kerjanya!

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c63c8eff795d98718a6685b5595acfcd_x_Thumbnail800.jpg

Semakin meningkatnya kebutuhan generasi muda yang melek data, Ilmu Data Science saat ini menjadi salah satu peluang untuk berkarir, bahkan sudah banyak perusahaan atau instansi yang membutuhkan sumber daya atau praktisi yang memiliki latar belakang ilmu Data Science, salah satunya adalah Data Analyst. Data Analyst merupakan seseorang yang bisa menggambarkan makna dari informasi atau data yang tidak teratur menjadi data yang berguna dan bermanfaat untuk mengambil suatu keputusan. Seorang Data Analyst pada umumnya akan menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan atau instansi. Layaknya seperti detektif, Data Analyst akan mempelajari masalah yang terjadi, mengidentifikasi hingga mencari tahu segala sesuatu yang nantinya bisa dibuat menjadi sebuah prediksi karena data yang didapatkan melalui proses cukup panjang dan bisa memakan waktu serta biaya jika kamu tidak memahaminya dengan benar.


Jika kamu ingin memulai karir menjadi seorang Data Analyst, kamu perlu mengetahui apa saja yang dilakukan serta proses yang dilakukan oleh Data Analyst. Jangan khawatir, pada artikel DQLab kali ini akan memberikan penjelasan dari tugas yang dikerjakan oleh seorang Data Analyst. Yuk, langsung simak artikel berikut ini!


1. Mendefinisikan Pertanyaan dan Mengumpulkan Data

Hal pertama yang dilakukan oleh seorang Data Analyst adalah mengetahui dan menentukan tujuan yang diperlukan, meskipun sudah mengetahui tujuan yang perlu mungkin tidak semua masalah didapati sampai ke intinya. Misalnya seperti pada suatu instansi atau perusahaan yang ingin meluncurkan produk atau jasa, perlunya membutuhkan waktu dan sumber daya untuk menganalisis produk yang dibuat serta menentukan pasar yang tepat dalam meluncurkan produk. Dengan mendefinisikan pertanyaan, bisa melibatkan pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan dan tuntutan bisnis, mengawasi metrics, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan dengan biaya yang jauh lebih rendah.


Jika sudah mendefinisikannya, selanjutnya yang dilakukan oleh Data Analyst yaitu mencari tahu data mana yang paling sesuai untuk membantu menyelesaikan masalah. Data yang dikumpulkan termasuk seperti melakukan survei, monitoring media sosial, pelacakan pada penggunaan website, dan lainnya.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Melakukan Data Cleaning

Data yang baru dikumpulkan tentunya berisikan data yang memiliki format mentat dan bisa juga berisikan kesalahan pada data. Pentingnya Data Cleaning atau data scrubbing yang dilakukan oleh Data Analyst guna menjaga kualitas data dalam spreadsheet atau melalui bahasa pemrograman agar tidak salah interpretasi nantinya. Tugas dari Data Cleaning termasuk seperti menghapus kesalahan, duplikasi pada data, serta menghapus data yang tidak diinginkan atau data yang tidak sesuai dengan analisis. Jika terjadi kesalahan dalam data, maka akan bisa merugikan baik biaya dan juga waktu. 


3. Membuat Model Data

Jika sudah mendapatkan data yang sesuai dan tertata lebih rapi, maka akan mempermudah seorang Data Analyst dalam melakukan analisis serta perancangan yang terstruktur. Adapun beberapa tipe data analisis oleh seorang Data Analyst dalam pembuatan model data.

  • Descriptive Analysis

    Dimana menganalisis dengan menggunakan data masa lalu, biasanya digunakan saat melihat KPIs, pendapatan, prospek penjualan, dan lainnya. Hal ini berguna untuk menarik kesimpulan dan juga untuk memutuskan bagaimana menyelidiki data lebih lanjut.

  • Diagnostic Analysis

    Pada analitik ini berfokus pada pemahaman mengapa sesuatu terjadi, ini dapat membantu tahap pertama saat menganalisis data yaitu mendefinisikan pertanyaan. Pada umumnya sebuah bisnis yang sedang berjalan akan menggunakan analisis ini guna melihat prospek meningkat atau menurun dalam upaya pemasaran serta menentukan bentuk pemasarannya.

  • Predictive Analysis

    Dalam penelitian ini berdasarkan dari turunan tren masa lalu yang kemudian digunakan untuk membentuk prediksi tentang masa depan, misal seperti dalam upaya meningkatkan pendapatan dalam bisnis, maka akan dilakukannya analisis pada tahun-tahun sebelumnya. Dari penelitian ini nantinya bisa memperkirakan penjualan atau masalah-masalah perusahaan lainnya yang rumit.

  • Prescriptive Analysis

    Poin ini merupakan gabungan dari ketiga bentuk tipe analisis diatas dan bisa membentuk rencana atau strategi bagi perusahaan atau instansi untuk mengambil keputusan. 


4. Mengkomunikasikan Hasil Analisis Data

Selain menganalisis, mencari, dan mengumpulkan data hal lainnya yang dilakukan oleh Data Analyst adalah mengkomunikasikan hasil yang didapatkan, biasanya untuk mempermudah dalam memahami data terutama bagi orang awam maka akan melibatkan visualisasi data  misalnya seperti membuat grafik, bagan, dan lainnya. Dengan melakukan komunikasi dan membagikan informasi yang didapatkan tersebut akan mempermudah pada setiap pengambilan keputusan serta mendapatkan wawasan yang berkualitas.



Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk, Mulai Bangun Karir Menjadi Data Analyst Bersama DQLab!

Masih bingung mau mulai darimana untuk menjadi Data Analyst? DQLab solusinya! DQLab merupakan wadah dimana kamu bisa menikmati pengalaman belajar yang seru dan juga aplikatif pada industri nyata! Sekarang kamu bisa mengakses GRATIS module "Introduction to Data Science", simak cara mengaksesnya dibawah ini:

  • Buatlah akun gratis dengan cara Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module "Introduction to Data Science"

  • Selesaikan modulenya, dan jangan lupa untuk dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab!

  • Subscribe DQLab.id untuk bisa akses semua Module Premium

Selamat mencoba sahabat!




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!