[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 51 Menit 16 Detik 

Profesi Data Analyst, Pekerjaan Terkini Diburu Penggiat Data

Belajar Data Science di Rumah 25-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e8f42af235c86f572613b755a1da8aa7_x_Thumbnail800.jpg

Sebuah laporan yang dikeluarkan World Economic Forum menempatkan pekerjaan data analyst sebagai peringkat teratas dengan demand tertinggi dari tiga negara Asia Tenggara. Data Analyst juga berkembang cepat di India dengan capaian 37 persen pada tahun 2020 hingga 2021. Posisi terbaik ini mengungguli data analyst diatas jenis-jenis pekerjaan lainnya. Bureau of Labor Statistics Amerika Serikat memproyeksikan pekerjaan di ranah data science tumbuh 26 persen hingga tahun 2026. Ditengah ledakan data, jumlah data diproduksi secara global semakin besar pada tahun 2025 mencapai 463 exabytes. Ledakan data inilah yang memicu berkembangnya ranah pekerjaan baru di bidang data. Termasuk data analyst yang saat ini menjadi profesi paling bersinar di industri data. Kedepannya posisi seperti data analyst ini akan selalu dibutuhkan karena seiring dengan perkembangan perusahaan yang memegang kendali basis data-driven. Maka dari itu, pekerjaan data analyst adalah salah satu pekerjaan yang diidam-idamkan banyak generasi muda yang melek data saat ini.


Seiring dengan banyaknya data yang dimiliki oleh perusahaan maka dapat dipastikan banyak juga tenaga analis data yang berperan. Perusahaan-perusahaan khususnya di Asia Tenggara makin kesini tentunya menyadari pentingnya transformasi data dalam bentuk digital. Menjadi Data Analyst sebetulnya memerlukan banyak wawasan, tidak hanya dari segi bidang yang ditekuni, tetapi juga dari bidang-bidang lainnya, seperti komputer, matematika, komunikasi, dan lainnya. Selain itu juga, Data Analyst perlu untuk mengerti istilah-istilah dalam bisnis serta memiliki intuisi yang tajam, jadi ketika perusahaan sedang butuh strategi bisnis selanjutnya, Data Analyst dapat memberikan jawaban yang memuaskan. Memang belum banyak orang yang tahu bahwa pekerjaan data analyst ini merupakan profesi yang sedang digandrungi oleh penggiat data atau data enthusiast. Namun, banyak orang mengira bahwa pekerjaan data analyst seringkali di underrated pada zaman dulunya. Akan tetapi profesi ini padahal gajinya besar loh. Didukung juga dengan tanggung jawabnya yang besar juga pastinya. Yuk mari kita jawab rasa penasaran kamu lewat artikel berikut ini ya! Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai pekerjaan data analyst yang underrated tetapi kini banyak diburu oleh penggiat data. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, pemula data maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys! 


1. Pekerjaan Data Analyst

Pekerjaan data analyst merupakan salah satu profesi masa depan dan paling dibutuhkan. Hal ini dibuktikan dengan rilisan daftar pekerjaan yang paling dibutuhkan versi World Economic Forum (WEF) bahwa data analyst dan data scientist menempati urutan pertama pekerjaan yang paling dicari dan bersinar pada tahun 2025. Profesi ini menuntut seseorang untuk memahami asal-usul data dan distorsi dengan cara menganalisis data-data tersebut. Adapun cara menganalisis data-data tersebut tidaklah sembarangan, melainkan dengan menggunakan teknologi khusus. Morning Future sendiri menyatakan bahwa profesi ini merupakan profesi masa depan. Pernyataan ini berdasarkan data yang yang dikutip dari World Economic Forum. Dalam data tersebut, dinyatakan kalau tahun 2025 nanti profesi ini akan menjadi profesi favorit seluruh dunia. Dari hasil rilisan yang dikeluarkan oleh WEF ini, di tahun 2025 diprediksi bahwa kehadiran posisi ini dapat menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang tersedia.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Kesulitan-Kesulitan yang Dihadapi Data Analyst

Terkadang data analyst dalam melakukan pekerjaannya menjumpai kesulitan-kesulitan berikut:

  • Ketika rangkaian data menjadi lebih besar dan beragam, ada tantangan besar untuk menggabungkannya ke dalam platform Jika ini diabaikan akan menciptakan celah dan mengarah pada pesan dan insight yang salah. Maka dari itu sebagai data analyst tentunya perlu mensinkronkan sumber data yang berbeda.

  • Perlu menganalisis data dengan muara akhir melalui rekomendasi dan keluaran saran. Sangat penting bagi perusahaan bahwa hanya departemen terkait yang memiliki akses ke informasi ini. Data yang real-time dapat membantu peneliti dan perusahaan untuk menyediakan insight yang terkini untuk pengambilan keputusan.

  • Big data juga melibatkan potensi risiko yang menyangkut privasi dan keamanan data. Alat-alat big data digunakan untuk analisis dan penyimpanan menggunakan sumber data yang berbeda. Ini akhirnya mengarah pada risiko tinggi exposure data dan membuatnya rentan. Peningkatan jumlah data juga meningkatkan privasi dan masalah keamanan.


3. Tanggung Jawab yang Dibebankan

Berikut adalah tanggung jawab beserta job description yang dibebankan oleh data analyst:

  • Menafsirkan data, menganalisa hasil menggunakan teknik statistik dan memberikan laporan yang sedang berjalan

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan database, sistem pengumpulan data, analisis data dan strategi lain yang mengoptimalkan efisiensi dan kualitas statistic

  • Mendapatkan data dari sumber data primer atau sekunder dan pertahankan database / sistem data

  • Mengidentifikasi, menganalisis, dan menafsirkan trend atau pola dalam kumpulan data yang kompleks

  • Meninjau laporan komputer, cetakan, dan indikator kinerja untuk menemukan dan memperbaiki masalah kode

  • Bekerja sama dengan manajemen untuk memprioritaskan kebutuhan bisnis dan informasi


4. Informasi Seputar Gaji Yang Diterima

Dilansir dari Indeed, Gaji rata-rata untuk Data Analyst adalah Rp4.490.749 per bulan di Indonesia. Perkiraan gaji didasarkan pada 53 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada Indeed oleh karyawan Data Analyst, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indeed pada selama 36 bulan terakhir. Sedangkan informasi dari Glassdoor, gaji Data Analyst rata-rata sekitar Rp8,6 juta. Berdasarkan data EKRUT pada tahun 2018, gaji data analyst sekitar Rp18.000.000,00 jika telah memiliki pengalaman 2 hingga 5 tahun. Selain itu, jika pengalaman lebih dari 5 tahun, maka seorang data analyst berkemungkinan mendapatkan gaji sekitar Rp19.000.000,00.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


5. Wujudkan Impianmu Menjadi Data Analyst Professional Bersama DQLab!

Tahun baru, skill baru dan semangat baru pastinya! Kalian bisa cobain beberapa rekomendasi toolsnya nih buat yang pengen banget jadi seorang data analyst. Ada SQL, Python, dan tools dalam menunjang visualisasi data seperti Tableau dan Power  BI. Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran berupa Data Analyst Career Track DQLab! Dengan roadmap yang telah dirancang khusus untuk instruktur dan modul-modul lengkap, kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Analyst. Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!