PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 16 Menit 16 Detik 

Profesi Data Scientist, Karir Gemilang yang Menarik Banyak Calon Talent Data

Belajar Data Science di Rumah 08-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1c18699c199f94c39776f9c02940a7c2_x_Thumbnail800.png

Data Scientist merupakan profesi turunan dari disiplin ilmu Data Science, profesi ini memerlukan individunya untuk bekerja mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data-data yang kemudian akan dijadikan bahan pengambilan keputusan oleh perusahaan. Profesi ini akan bekerja lebih ke arah hal-hal berbau teknis, seperti bahasa pemrograman, aplikasi pengolah data, dan lainnya.


Kebutuhan akan profesi ini setiap tahunnya terus meningkat, di Indonesia sendiri jumlah tenaga kerja yang tersedia untuk profesi Data Scientist dan jumlah yang dibutuhkan oleh perusahaan sangat tidak sesuai. Banyak sekali tenaga kerja Data Scientist yang lebih memilih untuk berkarir di luar negeri dibanding di Indonesia, dikarenakan tren akan profesi ini baru-baru saja meningkat pada tahun-tahun belakangan.


1. Keahlian yang Perlu Dimiliki Calon Data Scientist

Seorang Data Scientist tidak bisa bekerja asal-asalan, apabila kalian tertarik menjadi calon profesi ini, kalian akan memerlukan beberapa keahlian atau skill yang dapat mendukung pekerjaan kalian nantinya. Berikut skill-skill yang perlu diperhatikan.


  • Bahasa pemrograman (Python, R, dan SQL).

  • Statistika dan peluang.

  • Machine learning.

  • Kalkulus dan aljabar.

  • Pemetaan dan visualisasi data.

  • Intuisi yang tajam untuk memecahkan suatu masalah.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Peran Data Scientist

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, profesi Data Scientist akan lebih bekerja ke dalam hal-hal berbau teknis dibandingkan profesi data lainnya, yaitu Data Analyst. Sesuai dengan skill atau keahlian yang dimiliki, Data Scientist berperan dalam perusahaan untuk bertanggung jawab dalam hal-hal seperti berikut.


  • Menentukan metode penentuan keputusan dengan melakukan penelitian data perusahaan.

  • Membuat tabel pivot dengan software statistik.

  • Memvisualisasikan data dalam bentuk diagram atau grafik.

  • Menganalisis data dengan menggunakan bahasa pemrograman.

  • Menyiapkan infrastruktur data.

  • Melakukan analisis data perusahaan.


3. Cara Menjadi Data Scientist

Hanya terdapat beberapa cara simpel untuk kalian dapat menjadi Data Scientist atau calon Data Scientist, tentunya kalian perlu meningkatkan skill atau keahlian yang telah disampaikan sebelumnya. Tanpa skill atau keahlian tersebut kalian akan merasa kesulitan dalam menjalani karir dan pekerjaan sebagai Data Scientist.


Selain itu juga, kalian perlu terus menerus memperbarui CV kalian, jadi ketika kalian sudah selesai belajar Data Scientist, kalian dapat langsung melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan yang membutuhkan Data Scientist. Tentunya kalian tetap memerlukan portofolio, kalian perlu membangun portofolio yang kuat dan dapat menarik minat tim rekrutmen perusahaan. Dan yang terakhir adalah, kalian sangat perlu untuk memperluas jaringan perkenalan kalian.


4. Prospek Karir Data Scientist

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kebutuhan akan profesi Data Scientist saat ini sangat melonjak. Banyak sekali perusahaan, mulai dari perusahaan besar hingga startup, memerlukan profesi Data Scientist untuk mengolah data mereka dan menentukan strategi tepat untuk produk, jasa atau layanan perusahaan mereka.


Prospek karir Data Scientist tidak hanya berhenti sampai itu saja, apabila kalian sudah lebih berkembang, kalian bisa mendapatkan jabatan sebagai Senior Data Scientist. Masih ada lagi tingkatan di atas Senior Data Scientist, yaitu Chief Data Scientist. Semakin tinggi jenjang karir Data Scientist yang kalian jalani, semakin besar pula pendapatan yang akan kalian dapatkan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Mulai Langkah Awal di Bidang Data Bersama Dengan DQLab

Apabila kalian sudah menentukan untuk menjalani profesi Data Scientist, kalian memerlukan tempat berlatih yang sesuai seperti DQLab. Di DQLab, kalian bisa belajar materi-materi seputar Data Scientist secara lengkap dengan bantuan atau wawasan dari praktisi data berpengalaman yang akan menjadi pengajar kalian. Cara untuk bergabung dengan DQLab sangat mudah, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung menikmati module gratis "Introduction Data Science with Python and R" untuk kalian kerjakan. Yuk, belajar bersama DQLab.id dan raih karir kalian di bidang data!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :