FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 6 Menit 44 Detik 

Profesi Data Scientist, Kenali Peran & Tanggung Jawab di Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 29-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d20fd7cf1ae3cccaa01201708590e50c_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah peran yang sangat dibutuhkan di perusahaan yang muncul dari cabang data analisis. Data scientist adalah bagian dari ahli matematika, computer scientist, dan sebagian besar pekerjaannya berhubungan dengan big data. Beberapa tahun ini, bisnis mulai menyadari pentingnya informasi tidak terstruktur dari berbagai sumber. 


Data tidak terstruktur ini merupakan tambang emas untuk meningkatkan pendapatan dan bisnis. Sebagian besar informasi ini didapatkan dari sosial media dan berukuran sangat, pertambahan volume yang tinggi, dan akselerasi yang besar menyebabkan data dari sosial media  ini dikategorikan dalam big data. Pekerjaan data scientist tidak akan jauh dari struktur algoritma dan bida gata.


Pekerjaan data scientist sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendapatkan big data dan mengubahnya menjadi informasi yang berharga bagi perusahaan. Data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda, tergantung dari jenis perusahaan dan bidang perusahaan. Data scientist sering kali bekerja sama dengan data engineer dan data analyst untuk mendapatkan informasi yang bisa mensupport divisi lain. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja pekerjaan data scientist di perusahaan secara umum. Mau tahu apa saja? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Bidang Manajerial

Data scientist berperan penting dalam bidang manajerial. Data scientist bertugas untuk mensupport pembangunan dasar kemampuan futuristik dan teknis dalam bidang data dan analisis yang bisa membantu berbagai proyek analisis data yang berkelanjutan untuk semua divisi. Dengan adanya data scientist, setiap divisi bisa mengetahui informasi terkait evaluasi dan saran yang bisa digunakan untuk memperbaiki program yang telah berjalan serta planning program yang lebih baik. Dalam bidang manajerial kita harus bisa menggunakan big data untuk mensupport pekerjaan agar berjalan lebih efektif based on data. Beberapa data scientist harus menggunakan metode wrangling untuk mengumpulkan data sebelum diolah. Sudah coba module DQLab dibawah ini?


data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bidang Analisis

Seperti namanya, pekerjaan data scientist tidak akan jauh-jauh dari data. Dengan bantuan data scientist perusahaan bisa merencanakan, mengimplementasikan, menilai model dan strategi secara ilmiah dan bisa diaplikasikan dalam masalah bisnis yang kompleks. Dalam menyelesaikan tugasnya, data scientist sering kali menggunakan berbagai metode statistika, seperti model ekonometri, metode proyeksi, klasifikasi, clustering, analisis trend, metode sampling, simulasi, dan lain sebagainya.


3. Strategi dan Desain

Data scientist berperan penting untuk membangun strategi inovatif dengan memahami trend dan manajemen konsumen. Selain itu, dengan berbagai metode yang dikuasai, data scientist bisa membantu berbagai divisi untuk memecahkan masalah bisnis yang sulit, misalnya bagaimana cara untuk mengoptimalisasi pemenuhan produk dan supply chain untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan pengeluaran. 


Solusi yang dibuat berdasarkan data lapangan akan lebih relate dengan kondisi yang ada sehingga strategi bisnis yang akan direncanakan lebih masuk akal dan efektif. Sahabat DQ bisa mempersiapkan diri sebagai Data scientist dengan mempelajari module yang tersedia di DQLab untuk dapat mensupport semua strategi di bidang apapun, baik dalam bidang finance, ritel, marketing, education, dan lain sebagainya. 

data scientist


4. Meningkatkan Knowledge

Data scientist memiliki peran lain untuk mengeksplorasi berbagai teknologi dan tools untuk menciptakan insight berbasis data yang inovatif untuk bisnis. Dalam case ini, data scientist menggunakan inisiatif dalam menilai dan memanfaatkan metode data science terbaru dan yang uptodate untuk bisnis. Hasil eksplorasi ini harus dilaporkan kepada manajemen agar dapat ditindaklanjuti dan diimplementasikan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Persiapkan Diri Menjadi Data Scientist dengan Mengikuti Kelas DQLab

Pekerjaan data scientist merupakan salah satu pekerjaan paling dicari dan paling diminati saat ini. Bahkan pekerjaan ini dinobatkan sebagai The Sexiest Job in 21st Century. Yuk persiapkan diri kamu agar bisa bersaing dengan jutaan orang yang ingin menjadi data scientist bersama SQLab! Modul DQLab didesain oleh praktisi data yang sudah expert sehingga materi yang akan kita pelajari lebih relate dengan materi yang akan digunakan di dunia kerja. Klik button di bawah ini untuk sign up atau akses melalui DQLab.id dan nikmati modul gratis "Introduce to Data Science" dengan Python dan R serta akses ebook gratis untuk menunjang proses belajar kamu.



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :