Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Profesi Data Scientist, Ketahui Tanggung Jawab Hingga Role Pekerjaannya

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3e1f157556c760870606cdfe147b8313_x_Thumbnail800.jpg

Di era big data, data scientist berperan penting dalam suatu organisasi maupun perusahaan, khususnya perusahaan yang sudah mulai memanfaatkan data untuk memaksimalkan semua pekerjaan. Saat ini sebagian besar industri memanfaatkan informasi dari data yang tidak terstruktur yang banyak ditemukan di internet. Data diibaratkan sebagai tambang emas yang apabila digali akan mendapatkan keuntungan pendapatan yang signifikan. Hal inilah yang menyebabkan banyak perusahaan berani membayar mahal seorang data scientist. Selain salary yang menjanjikan, profesi data scientist juga diprediksi akan menjadi profesi yang sangat menjanjikan karena di masa mendatang diperkirakan jumlah perusahaan yang memanfaatkan data akan semakin banyak.

Menjadi seorang data scientist profesional tidaklah mudah. Perlu pemahaman dan logika berpikir yang baik agar dapat memecahkan suatu permasalahan dengan tepat. Seorang data scientist harus mampu memanipulasi data, mengulik data, dan mempresentasikan hasil temuannya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini DQLab akan mendeskripsikan pekerjaan seorang data scientist, mulai dari job description, tugas dan tanggung jawab, tips menjadi data scientist profesional, keterampilan seorang data scientist, dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

1. Job Description Seorang Data Scientist

Job description seorang data scientist adalah mengambil informasi dari berbagai sumber dan menganalisis data tersebut untuk mendapatkan insight yang jelas mengenai kinerja dan performa suatu perusahaan. Data scientist menggunakan metode statistik dan analisis tambahan seperti artificial intelligence tools untuk mengotomatisasi proses tertentu dan mengembangkan solusi cerdas untuk mengatasi tantangan bisnis. Selain menganalisis data, seorang data scientist juga harus menyajikan hasil dengan cara yang jelas dan menarik. Tujuannya adalah untuk membantu perusahaan menganalisis trend dan membantu stakeholder untuk membuat keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu, seorang data scientist harus memiliki kombinasi keterampilan teknis, analitis, dan komunikasi yang baik. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Peran dan Tanggung Jawab Seorang Data Scientist

Dalam sebuah perusahaan, seorang data scientist memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Namun, secara umum peran dan tanggung jawab mereka adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber melalui teknik data mining, menggunakan tools machine learning untuk mengoptimalkan pekerjaan, melakukan preprocessing untuk data terstruktur dan tidak terstruktur, memanfaatkan informasi yang relevan untuk mengembangkan sistem analisis yang lebih efektif dan efisien, Bekerja sama dengan data analyst untuk memproses, membersihkan, dan memvalidasi data yang akan digunakan. Selain itu, beberapa data scientist juga menganalisis data untuk mendapatkan trend, pola, dan solusi, menyajikan hasil, mengusulkan solusi dan strategi untuk mengatasi tantangan bisnis, dan berkolaborasi dengan tim IT.

3. Basic Skills yang Harus Dimiliki Seorang Data Scientist

Beberapa basic skills yang harus dimiliki seorang data scientist adalah pertama keterampilan pemrograman. Seorang data scientist harus memiliki keterampilan mengenai bahasa pemrograman statistik seperti R dan Python, basa kueri basis data seperti SQL dan Hive, dan akan lebih baik jika memahami Scala, Java atau C++. Kedua adalah keterampilan statistik. Beberapa keterampilan statistik minimum yang harus dimiliki seorang data scientist adalah uji regresi, peramalan, analisis runtun waktu, clustering dan klasifikasi, statistik deskriptif, dan beberapa distribusi data. Selain keterampilan statistik, seorang data scientist juga harus memahami machine learning, seperti K-NN, Naive Bayes, SVM, pohon keputusan, dan lain sebagainya. Selain dua basic skill tersebut, seorang data scientist juga harus memiliki keterampilan matematika yang kuat, visualisasi data, dan komunikasi yang baik.

4. Prospek Karir Seorang Data Scientist

Karir data scientist tidak dapat didefinisikan dengan jelas karena termasuk ke dalam profesi yang relatif baru sehingga pilihan karir untuk data scientist cukup bervariasi. Di dalam perusahaan, data scientist terbagi menjadi beberapa level, antara lain data analyst, data science level entry, data science associate, manager produk, data science utama, dan direktur atau SV/SVP. Dengan banyaknya rekrutmen data scientist di berbagai level, diperkirakan prospek karir data scientist akan cemerlang jika diikuti dengan capacity building yang baik.

Baca juga : Smart Ways Untuk Menjadi Data Scientist Profesional

5. Tips Menjadi Data Scientist

Menjadi seorang data scientist perlu persiapan dan kerja keras, apalagi untuk seseorang yang tidak memiliki background di bidang IT. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang data scientist adalah belajar dasar-dasar data science, belajar tools data science, dan mulai mengeksplorasi data dan membuat laporan sederhana. Belajar data science dapat bersumber dari internet, buku, video, blog, dan lain sebagainya. Namun, jika kamu mau proses belajarmu lebih terstruktur, kamu bisa mengikuti kursus data science yang memiliki program belajar yang sudah dirancang dengan silabus yang sesuai. Salah satu kursus yang banyak direkomendasikan oleh data scientist profesional adalah DQLab. DQLab memiliki berbagai modul interaktif untuk membantumu memahami konsep data science dengan lebih mudah. Penasaran? Yuk kunjungi www.dqlab.id dan nikmati modul gratis Introduction to Data Science untuk mengawali proses belajar data science-mu. Selamat Belajar!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!