3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 44 Menit 52 Detik

Profesi Data Scientist, Navigasi Karir di Era Data

Belajar Data Science di Rumah 27-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-02-2023-12-26-071220_x_Thumbnail800.jpg

Job description seorang Data Scientist beraneka ragam, tergantung dari tim dan industri tempat ia bekerja. Namun, secara general job description role ini antara lain pengambilan informasi dari berbagai sumber, menganalisis data untuk mendapatkan insight yang bermanfaat bagi perusahaan, serta mengembangkan sistem dan algoritma untuk suatu pekerjaan yang bisa diotomatisasi.


Data Scientist menggunakan metode statistik, analitik dan tools artificial intelligence untuk mengotomatiskan proses tertentu dalam perusahaan atau organisasi dan mengembangkan solusi cerdas untuk tantangan bisnis. Setelah menginterpretasikan data, seorang Data Scientist menyajikan hasilnya dengan cara yang jelas dan menarik.


Dunia kerja telah mengalami transformasi besar seiring dengan munculnya era Data Science. Dalam lingkungan kerja yang terus berubah, peran Data Scientist menjadi semakin penting. Artikel ini akan membahas bagaimana pekerjaan Data Scientist telah berubah dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan kerja, termasuk pertumbuhan penggunaan kecerdasan buatan dan teknologi lainnya.


Mari kita jelajahi bagaimana Data Scientist menavigasi perubahan ini dan bagaimana hal ini mempengaruhi karir mereka. Selamat membaca!


1. Perubahan Peran Tradisional

Data Scientist

Pada awalnya, pekerjaan Data Scientist mungkin terasa lebih terfokus pada analisis statistik dan pemahaman data. Namun, dengan masuknya era Data Science, peran ini telah berkembang pesat. Saat ini, Data Scientist tidak hanya berfokus pada analisis data, tetapi juga memainkan peran strategis dalam pengambilan keputusan bisnis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Peningkatan Penggunaan Kecerdasan Buatan

Data Scientist

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi elemen kunci dalam peran Data Scientist modern. Data Scientist tidak hanya mengumpulkan dan menganalisis data, tetapi juga merancang dan mengimplementasikan model-machine learning untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam dari data. Ini menandai pergeseran signifikan dalam tuntutan pekerjaan mereka.


3. Keterampilan Teknis yang Diperlukan

Data Scientist

Dalam era Data Science, keterampilan teknis yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Scientist telah berkembang. Selain pemahaman mendalam tentang matematika dan statistik, Data Scientist juga harus mahir dalam pemrograman, terutama dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau R. Keterampilan ini menjadi landasan yang penting untuk menguasai teknologi terkini.


4. Pentingnya Bisnis dan Komunikasi

Selain keterampilan teknis, Data Scientist juga perlu memiliki pemahaman bisnis yang kuat. Mereka harus dapat menerjemahkan hasil analisis data mereka menjadi rekomendasi bisnis yang dapat dimengerti oleh para pemangku kepentingan non-teknis. Kemampuan komunikasi yang baik menjadi kunci dalam memastikan bahwa wawasan data dapat digunakan secara efektif untuk menginformasikan keputusan bisnis.


5. Edukasi Terus-Menerus dan Kursus Data Science

Data Scientist harus siap untuk terus belajar dan beradaptasi dengan teknologi yang berkembang pesat. Mengikuti kursus data science dan program pendidikan lanjutan adalah cara efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Ini tidak hanya membantu mereka tetap relevan dalam lapangan ini, tetapi juga meningkatkan peluang untuk meraih posisi dan proyek yang lebih menantang.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dalam dunia yang semakin didorong oleh data, peran data scientist sangat penting. Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :