DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 52 Menit 32 Detik 

Profesi sebagai Data Scientist, Yuk Intip Prospek Karirnya di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5f5125f1d6d5b4baedf2dce812aa1aba_x_Thumbnail800.jpg

Data kini sudah menjadi bagian dari segala aktivitas yang kita lakukan, terlebih jika kamu menjalankan sebuah bisnis. Dengan data, kamu bisa mengumpulkan dan menganalisa data tersebut menjadi wawasan yang bermanfaat. Hal ini menyebabkan melonjaknya profesi Data Scientist. Data Scientist adalah seorang praktisi data yang kini banyak dipekerjakan baik dalam perusahaan maupun instansi, karena kehebatannya dalam mengolah data hingga mengkomunikasikan data yang kompleks menjadi data yang sederhana serta mudah dipahami melalui visual. Jika kamu baru memasuki ke dalam bidang Data Science, tentunya perlu mengetahui prospek seperti apa jika kamu menjadi praktisi data.


Menavigasi karir yang ingin ditempuh itu menyenangkan, menantang, dan sangat bermanfaat. Karena, pada dasarnya semakin tingkatan level kerja naik semakin bertambah dan terasah pada pengetahuan dan keterampilan. Maka dari itu, tentu kamu juga harus tau pekerjaan dan keterampilan seperti apa yang harus dimiliki untuk bisa berada di posisi atau level teratas. Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas prospek Data Scientist mulai dari 0 hingga kamu menjadi Chief Data Scientist. Penasaran? Yuk langsung simak saja artikel berikut!



1. Junior Data Scientist

Ilmu Data Science merupakan sebuah proses yang mengungkap temuan baru dari data atau memunculkan wawasan tersembunyi yang dapat membantu meningkatkan serta mengembangkan kegiatan bisnis yang cerdas dan strategis. Perjalanan awal yang harus ditempuh sebagai Data Scientist yaitu sebagai Junior Data Scientist yang dimana memiliki keahlian dalam empat bidang yaitu Matematika & Statistik, Pemrograman & Database, serta keterampilan komunikasi & interpersonal. Banyak yang mengatakan Data Analyst menjadi sebutan junior Data Scientist, jika mereka memiliki keterampilan Machine Learning. Junior Data Scientist yaitu seorang dengan 0-2 tahun berpengalam di bidang Data Science. 


Menjadi Junior Data Scientist juga diharapkan dapat membantu dalam menguji ide baru, debug, dan refactor pada model yang sudah ada. Selain itu, sebagai junior bertanggung jawab untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pada data. Menjadi Data Scientist yang handal tentu tidaklah mudah, maka dari itu perlunya mahir dalam bahasa pemrograman seperti Python, R, Java, dan SQL.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mid-Level I

Setelah kamu memiliki kiranya 2-3 tahun pengalaman dalam bidang Data Science, langkah selanjutnya untuk menjadi Data Scientist yang handal adalah berkarir sebagai Senior Data Scientist atau AI Engineer. Pada senior Data Scientist, kamu sudah paham betul dan diharapkan untuk membangun produk yang dirancang dengan baik. Umumnya, senior Data Scientist sendiri memiliki tanggung jawab seperti menghindari kesalahan logis dalam model, memeriksa kembali sistem berperforma tinggi, membangun jalan atau alur data yang tangguh  serta menyiapkan data dengan sempurna. Adapun AI/Machine Learning Engineer yang mengadopsi Machine Learning atau AI yang nantinya mereka akan mendesain, membuat, mengevaluasi, atau menerapkan model tersebut ke produksi, mencatat keputusan dan juga memvisualisasikan data.


3. Mid-Level II

Pada tingkat ini, soft skill menjadi perang yang sangat penting. Hal ini, perlunya seseorang yang tech-savvy dan juga memahami bisnis, menerapkan metode untuk otentikasi yang berharga, memiliki tanggung jawab untuk mencegah terjadinya penipuan dan juga mempertahankan anggaran. Peran Data Scientist yang sudah pada tingkat ini, mereka memiliki tanggung jawab yang sangat penting terutama untuk membentuk atau memproduksi data yang selaras dengan strategi perusahaan dan memberikan wawasan data yang mengarah pada bisnis. Principal Data Scientist menjadi salah satu anggota tim yang paling berpengalaman dengan 5 tahun lebih dan sudah berpengalam dalam model Data Science. Mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan keterampilan Machine Learning dan juga memimpin dengan memberikan strategi yang tepat dalam skala besar. Dengan harapan dapat membuka domain atau peluang baru bisnis.


4. Head of Data Science

Dikenal sebagai Chief Data Science, merupakan posisi yang paling atas dan memiliki pengalaman dalam bidang Data Science selama 15-20 tahun. Pada tingkat ini, mereka sudah menjadi wajah Data Science dalam perusahaan, karena bertanggung jawab untuk memimpin dan juga mengarahkan seluruh tim Data Scientist di sebuah perusahaan. Untuk berada di posisi ini, kamu harus menunjukkan kemampuan untuk memandu tim, mengawasi analisis data strategis, dan juga selalu update tentang teknologi terbaru. Dengan kekuasaannya sebagai pemimpin, maka semua keputusan yang dibuat akan menentukan keberhasilan atau kegagalan pada perusahaan tersebut.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Ingin Merajut Prospek Karir Data yang Cemerlang? DQLab Solusinya!

Bagaimana, apakah kamu sudah siap menjadi Data Scientist? Bidang Data Science sendiri sangatlah terbuka untuk semua khalangan dan tidak memangdang latar belakang pendidikan. Jika kamu memiliki tekad yang kuat dan pantang menyerah dalam pembelajarannya, pastinya kamu akan bisa sampai level Chief Data Scientist sekalipun! Perlunya diperhatikan juga dalam pembelajarannya ya Sahabat Data DQLab, karena hal tersebut akan mempengaruhi peningkatan pengetahuan yang kamu dapatkan. Jika kamu sedang mencari medium yang tepat, tentunya DQLab bisa menjadi solusinya!


Bersama DQLab, kamu akan mendapatkan banyak pilihan module yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu serta banyak fitur seperti project atau job connector yang bisa menjadi batu loncatan menjadi Data Scientist! Yuk, langsung saja daftarkan diri kamu dengan signup di DQLab dan nikmati FREE module “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Selamat mencoba ya, Sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!