MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 37 Menit : 7 Detik

Simak Proses Analisis Big Data Untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 06-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/740643c828ff71800330ac19fd295aa2_x_Thumbnail800.jpg

Fenomena Big Data yang terjadi saat ini mungkin baru kita dengar. Namun konsep Big Data sudah sejak lama diterapkan oleh perusahaan-perusahaan. Mereka paham bahwa aliran data yang terjadi bisa diolah dan dianalisis agar dapat memberikan informasi yang berguna. Informasi yang diperoleh ini dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan performa bisnis suatu perusahaan seperti meningkatkan penjualan, memperbaharui strategi marketing, dan sebagainya.


Analisis Big Data atau Big Data Analytics adalah proses mengumpulkan, mengorganisasikan, dan menganalisis data besar untuk mendapatkan pola-pola dan informasi yang berguna. Selain membantu mendapatkan informasi yang berguna, Big Data Analytics juga dapat membantu mengidentifikasi data paling penting yang akan mempengaruhi keputusan perusahaan saat ini maupun kedepannya.  


Bagaimana prosesnya? Yuk, simak dibawah ini.


1. Mengakses Data

Karena berbicara tentang data, tentunya langkah pertama adalah mengakses data yang akan dianalisis. Pada tahap ini data masih bersifat mentah, artinya hanya berbentuk kumpulan data yang tersimpan pada data warehouse. Data tersebut bisa berupa file teks, gambar, suara, dan lainnya. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Integrasi dan Manajemen Data

Tahap selanjutnya adalah integrasi dan manajemen data. Integrasi disini maksudnya adalah proses mengkombinasikan dua atau lebih set data agar memudahkan analisis. Integrasi data menggabungkan data dari berbagai sumber database yang berbeda dan disimpan dalam data warehouse. Sedangkan manajemen data merupakan aktivitas manajerial yang menggunakan teknologi untuk pengelolaan data. 


3. Analisa Data dan Menerbitkan Hasil

Data yang sudah diakses dan diolah kemudian dapat digunakan untuk analisis. Dengan mengkombinasikan teknologi yang tersedia untuk analisis big data seperti data mining, text mining, analisis prediktif, dan lainnya. Hasil analisis tersebut dapat kita buat dalam bentuk grafik agar lebih menarik dan mudah memahami informasi yang diberikan dari analisis yang dilakukan. 

Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!