PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 56 Menit 4 Detik 

Proses Data Science dalam Kembangkan Startup

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/50eed1eba78b3bc6948d5095a3ee70f7_x_Thumbnail800.jpg

Data Science pada awalnya banyak digunakan hanya pada perusahaan-perusahaan besar saja. Namun seiring berkembangnya zaman, penggunaan Data Science juga dibutuhkan dalam bisnis kecil termasuk startup sebab bisa menjadi alat penting dalam bisnis kamu untuk menjadi lebih unggul untuk berkompetisi ketika memasuki pasar. 


Namun sebelum melangkah lebih jauh, apa itu Data Science? Data Science merupakan ilmu yang mempelajari data. Ada tiga pilar penting yang mendukung Data Science. Ketiga pilar tersebut adalah bisnis, matematika dan statistik serta teknologi. Dengan pilar tersebut, kita bisa mengolah data dan mengekstraknya menjadi pengetahuan.


Jika kamu berselancar di situs pencari kerja, profesi data bisa dengan mudah kamu temukan. Perusahaan yang membutuhkan praktisi data pun datang dari berbagai bidang industri seperti perbankan, e-commerce, food & beverage, hingga startup. Sehingga banyak orang dari berbagai latar belakang mulai tertarik mempelajari Data Science.


Meski masih kecil, startup sebaiknya juga harus melek Data Science. Hal tersebut tidak terlepas dari fungsi Data Science bagi startup. Yuk kita bahas beberapa benefit ketika bisnis kamu mengaplikasikan Data Science!


1. Membangun Model Prediksi Bisnis

Pelanggan atau user bagi startup menjadi aspek yang harus selalu diperhatikan dan dijaga, karena tujuannya untuk bisa menawarkan produk atau layanan yang dimiliki agar dapat memenuhi kebutuhan mereka. Ketika produk atau layanan tidak signifikan lagi bagi user, maka apa yang harus dilakukan? Data Scientist akan membantu dengan membuatkan sebuah pemodelan menggunakan algoritma Machine Learning.

Data Science

Data Science dapat membantu perusahaan membaca seluruh kegiatan atau aktivitas user di situs web dan kemudian akan membuat sebuah model prediktif berdasarkan data histori pelanggan. Bagaimana penjualan produk di masa depan, customer dan pelayanan, pola-pola dari Data Science dapat memberi gambaran terkait semua itu.

Selain itu juga, dengan mengetahui kebutuhan dan perilaku dalam prediksi tersebut membantu perusahaan untuk menginovasikan produk atau layanan agar tingkat retensi pelanggan semakin meningkat.


Baca juga: Teknik Data Mining pada Algoritma Data Science


2. Personalisasi pada Perilaku User

Pelanggan kini tidak hanya menginginkan kualitas produk yang bagus. Mereka juga menginginkan pelayanan yang prima. Namun jika perusahaan bisa memberikan pelayanan yang personal, hal tersebut tentu akan lebih dihargai lagi. Data Science membantu perusahaan memahami pelanggannya berdasarkan pengalaman emosional pelanggan. Dengan begitu, personalisasi customer bisa menjadi solusi untuk startup agar mendapatkan perhatian pelanggan atau user.

Data Science

Personalisasi adalah tentang membagi user menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil dan spesifik seperti jenis kelamin, usia, letak geografis, dan lainnya kemudian menawarkan produk atau layanan berdasarkan kelompok tersebut.


3. Data Science pada Aplikasi TikTok

Salah satu aplikasi yang merupakan hasil terapan dari algoritma Data Science adalah aplikasi TikTok. Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Pasti sahabat DQLab sudah akrab dengan aplikasi yang sering FYP (For Your Page) di halaman pencarian. 

Data Science

TikTok merupakan platform media sosial berbasis video music dimana pengguna bisa membuat video, mengedit, remix suara hingga berbagi video klip berdurasi pendek (60 detik) yang menyediakan filter dan musik sebagai pendukung. Aplikasi ini awalnya diluncurkan oleh Zhang Yiming, seorang pengusaha sekaligus pendiri dari perusahaan berbasis teknologi, ByteDance pada tahun 2016.

TikTok menggunakan algoritma Machine Learning untuk mengatur personalisasi konten yang ada pada FYP atau For You Page. Feed dipersonalisasi sesuai dengan konten yang disukai oleh pengguna dan minat yang sudah ditentukan di awal ketika melakukan pembuatan akun. Tidak hanya berhenti disitu saja, dalam menyusun strategi rekomendasi dan kategorisasi TikTok di halaman beranda mereka juga menggunakan Computer Vision, Natural Language Processing, dan Metadata.


4. Algoritma Data Science: Recommendation Engine TikTok

Salah satu algoritma yang dipakai pada aplikasi ini adalah algoritma Recommendation Engine. Sekilas algoritma ini hampir mirip dengan yang digunakan oleh YouTube, Netflix maupun Spotify. Tetapi, dalam aplikasi TikTok Recommendation Engine berkamuflase dalam bentuk user centric design atau pendekatan berbasis pengguna.

Data Science

Jadi aktivitas yang dilakukan oleh pengguna pada aplikasi ini akan terekam dengan jelas. Mulai dari konten-konten TikTok yang mereka sukai, konten yang mereka tonton, musik yang digunakan dalam video hingga aktivitas stitch yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan video lain di TikTok dengan video yang dibuat.

Contoh kecil, misalnya yang lewat di beranda TikTok sekarang lebih banyak ke konten Kucing atau hewan-hewan lucu. Tanpa sadar, si pengguna ini memberikan likes atau menyukai konten seputar kucing. Nantinya konten kucing tadi akan dipersonalisasikan ke dalam kategori hewan.  Jadi aktivitas yang dilakukan oleh pengguna akan terekam dan diawasi oleh algoritma Recommendation Engine tadi. 


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Dari pembahasan diatas, kita jadi tahu ternyata Data Science manfaatnya banyak untuk berjalannya suatu bisnis seperti Startup. Data yang terkumpul jika diproses dengan benar dan menggunakan metode yang tepat akan menghasilkan informasi yang sangat berguna dalam perkembangan bisnis. 

Profesi data tidak hanya bisa dicapai oleh orang yang berlatar belakang IT, namun non IT juga bisa loh menjadi praktisi data. DQLab adalah lembaga kursus Data Science yang menawarkan pembelajaran terstruktur dan fokus pada pengembangan skill Data Science. 

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan yaitu belajar bersama ahli data, sertifikat gratis setiap penyelesaian modul, project-project dengan kasus yang sering ditemui di dunia data, serta job opportunity sebagai praktisi data.

Yuk, daftar di DQLab.id sekarang dan dapatkan akses gratis modul Python dan R!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :