Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Prospek Cerah Bagi Seorang Data Scientist di Indonesia

Belajar Data Science di Rumah 13-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4a98ce519029408837c86705b2385b23_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi sangat berkembang sejak 10 tahun kebelakang. Data Science merupakan salah ilmu yang menciptakan banyak teknologi-teknologi futuristik. Misalkan saja artificial intelligence (AI), machine learning, deep learning, dan masih banyak lagi. Ketiga contoh tersebut  merupakan terapan dari ilmu Data Science. Data Science sendiri  masih banyak menyimpan potensi-potensi yang dapat dikembangkan. 

Self driving car atau nama yang lebih kerennya autonomous vehicle (AV) juga merupakan buah hasil dari penggabungan AI dengan machine learning. Walaupun masih belum 100% self driving namun fitur ini sudah banyak menyelamatkan nyawa manusia dari berbagai macam kondisi. Karena inilah juga, banyak yang percaya bahwa Data Scientist merupakan profesi yang sangat cocok dengan zaman yang serba modern ini.


Yuk, kita coba gali lebih dalam lagi prospek kerja dari seorang Data Scientist 


1. Lapangan Kerja yang Terbuka Sangat Lebar

Di era serba modern ini banyak perusahaan dan juga start up yang memasuki revolusi industri 4.0. Bahkan laporan tenaga kerja versi LinkedIn menyatakan bahwa pekerjaan yang bergerak di bidang data merupakan telah meningkat 6 kali lipat dibanding 5 tahun lalu. 

Ironisnya, kebutuhan perusahaan akan seorang Data Scientist tak sejalan dengan ketersediaan tenaga kerja di bidang ini. Bahkan, sebanyak 12 persen pimpinan perusahaan tidak mengerti cara menganalisis big data. Sekitar 10 persen perusahaan kekurangan Data Scientist dan 86 persen perusahaan masih mencari Data Scientist.Saking sedikitnya ilmuwan data di Indonesia bahkan seorang praktisi  berkata bahwa mereka sering mendapat tawaran bekerja walaupun masih terikat dengan perusahaan yang lama. 

Apalagi Indonesia yang merupakan negara berkembang. Di Indonesia banyak wilayah yang mengusung konsep smart city. Dengan begitu kebutuhan akan seorang Data Scientist semakin terus bertambah seiring berjalanya waktu.


Baca Juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Data Scientist sebagai Penentu Keputusan Perusahaan

Sebagai seorang Data Scientist analisis data sangatlah penting dalam dunia bisnis. Semua rencana dan juga keputusan harus didasari dengan alasan-alasan rasional yang mengikutinya. Dengan begitu analisis yang tepat maka perusahaan dapat lebih memahami masalah yang akan mungkin dialami perusahaan dan lebih memahami pasar.

Berdasarkan pengalaman dari Senior Data Scientist, mereka menyimpulkan bahwa Data Scientist adalah pengolahan Big Data yang berupaya memberikan informasi yang bermakna dari sejumlah besar data kompleks dengan menggunakan berbagai alat, algoritma, dan prinsip lainya.

Seorang Data Scientist juga harus dapat mempresentasikan hasil data yang didapat kepada perusahaan. Meskipun pengambilan data sudah benar namun saat proses penyampaian seorang Data Scientist tidak dapat menyampaikan dengan benar akan membuat data yang disampaikan tidak kredibel. Maka dari itu skill public speaking juga patut dipelajari oleh Data Scientist


3. Ikut Ambil Andil dalam Menemukan Inovasi 

Seorang Data Scientist sangatlah lekat dengan namanya inovasi. Banyak teknologi-teknologi yang ada berkat adanya Data Science. Di zaman seperti ini Data telah menjadi aset kekayaan baru yang berharga bagi perusahaan ataupun organisasi. Dengan memanfaatkan data yang akurat perusahaan dapat melakukan menghemat anggaran dan mengambil keputusan yang sesuai dengan target pasar perusahaan

Dengan adanya data yang akurat Data Scientist juga dapat menyiapkan inovasi yang dibutuhkan masyarakat. Contohnya saja Chat Bot. Chat bot merupakan hasil penggabungan dari Ai dengan juga machine learning sehingga dapat merespon sesuai dengan apa yang ditanyakan konsumen dengan begitu pertanyaan yang umum dapat dijawab dengan cepat tanpa harus membuat konsumen menunggu lama.

Semakin banyaknya Data Scientist otomatis makin banyak persaingan. Persaingan sangatlah penting bagi suatu industri, persaingan yang sehat akan memberikan dampak positif kepada masyarakat karna akan semakin banyak ide-ide yang fresh dan juga meningkatkan teknologi yang ada.


Baca Juga : Yuk Kenali Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Tempat Kursus yang Siap Membantumu Menjadi Seorang Data Scientist

DQLab merupakan pusat belajar Data Science yang menawarkan kursus online bagi Kamu yang ingin mulai belajar Data Science. DQLab sendiri telah melahirkan praktisi data yang  mahir dalam dibidangnya. Bersama DQLab Kamu akan belajar secara terstruktur dengan studi kasus dan data yang sesuai dengan yang berada di lapangan. DQLab juga menyediakan forum untuk sharing dengan 95,000++ member DQLab, maupun dengan ahli praktisi pakar data.

DQLab menawarkan cara belajar yang terstruktur, berbasis proyek, dan cocok untuk pemula yang baru memulai belajar Data Science. DQLab menggunakan 4 konsep belajar.

  • Pahami

    Konsep dasar Data Science

  • Latihan

    Terapkan teori-teori yang telah dipelajari melalui Live Code Editor.

  • Terapkan

    Bangun portofolio data dengan studi kasus yang sudah di approve oleh pakar data

  • Bangun Relasi

    DQLab menyediakan sesi seminar yang diisi oleh Praktisi Industri yang berpengalaman dan bisa menjalin relasi dengan Data Scientist lainya.

Bergabung sekarang dan dapatkan module secara GRATIS dan masih banyak benefit lainnya jika belajar di DQLab. 



Penulis: Yohanes Ricky

Editor: Anissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!