PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 24 Menit 56 Detik 

Prospek Cerah Profesi Data Science di 2021

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/db9f3a867795d290bce919b6d263930b_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan sumber ilmu dari berkembangnya era Revolusi Industri 4.0. Seorang ilmuwan data memiliki andil besar dalam meningkatkan inovasi yang ada, namun masih banyak orang yang belum terjun ke dalam profesi yang dianggap primadona bagi kebanyakan perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan konsep industri 4.0 menggunakan big data dan Data Science untuk melakukan analisis data ataupun memprediksi perkembangan bisnis di masa depan.


Untuk menjadi belajar Data Science Kamu tak diharuskan mengambil pendidikan formal, kamu dapat mulai belajar otodidak namun tentunya kamu membutuhkan semangat belajar yang tinggi dan juga pantang menyerah untuk memahami Data Science. Data Science juga erat dengan matematika dan statistik ini diperlukan untuk melatih logika Kamu dan juga analisis kamu dalam suatu data.


Berikut prospek pekerjaan yang dapat kamu dalami saat mempelajari Data Science, kebanyakan pekerjaan ini merupakan profesi yang dicari banyak perusahaan yaitu :


1. Data Scientist

Data Scientist bertugas bak ibarat pilot, Data Scientist merupakan orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data. Data Scientist juga memiliki tanggung jawab yang besar mulai dari analisis data hingga mempresentasikanya kepada client. Data dalam Data Science memiliki dua tipe kategori. Data kategorik dan tipe Data Numerik

  • Data Kategorik

    Tipe ini digunakan untuk data yang tidak dapat dihitung secara kuantitatif, sehingga tidak dapat menerima operasi matematik namun data tipe ini masih dapat dibedakan antara satu dengan lainnya. Data kategorik terdiri dari data nominal, biner, dan ordinal.

    • Data Nominal

    Tipe data ini merupakan tipe data yang paling sederhana hanya berupa label atau sekedar penamaan saja, tidak dapat diurut dan tidak dapat diukur. Contohnya data seperti nama, tanggal, waktu, mata uang, tempat tinggal, dan sebagainya.

    • Data Biner

    Tipe data ini dituliskan secara ya dan tidak dan 1 dan 0. Pada data biner angka 1 dapat berarti ya dan angka 0 berarti tidak. Sistem ini ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke 17

    • Data Ordinal

    Tipe ini dapat diidentifikasi  dengan mengurutkan dari yang paling rendah sampai paling tinggi, maka data tersebut merupakan data ordinal. Namun, jarak antara tingkatan tidak dapat diukur dan dibandingkan secara numerik.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Data Analysts

Data Analyst memiliki tugas untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dari berbagai sumber data yang dimiliki perusahaan. Data yang dikelola juga bukan hanya angka melainkan juga karakter, huruf, dan lain sebagainya. Analisa atau menganalisa juga sangat penting untuk seorang Data Analyst. Sebanyak 77% organisasi top menganggap data analytics sebagai komponen penting dari kinerja bisnis. Artinya, profesi terkait data analytics ini berpengaruh besar pada kebijakan perusahaan dan strategi pemasaran.

Bahasa pemrograman atau sering dikatakan sebagai bahasa komputer, adalah sekumpulan instruksi untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian yang telah ditentukan oleh programmer. Bahasa pemrograman mempunyai 3 level yaitu :

  • Bahasa Program Tingkat Rendah

    Di dalam bahasa ini berisi instruksi-instruksi menggunakan kode binary yang ditujukan langsung kepada komputer. Kode tersebut langsung diolah oleh komputer tanpa harus melalui proses kompilasi.


  • Bahasa Program Tingkat Menengah

    Di dalam bahasa ini berisi instruksi yang berupa kode mnemonic ADD, SUB, DIV, STOLOD, JMP, dan lain sebagainya. Berbeda dengan dengan level sebelumnya, instruksi ini harus diterjemahkan dahulu kedalam bahasa mesin menggunakan teknik kompilasi.


  • Bahasa Program Tingkat Tinggi

    Berbeda dengan level lainya tingkat ini menggunakan bahasa alamiah yang dimengerti oleh manusia, seperti bahasa inggris atau matematika. Tingkatan ini ada untuk mengatasi kekurangan dari level sebelum-sebelumnya.


Bahasa pemrograman merupakan hal yang krusial untuk seorang Data Analyst. Dengan bahasa program Kamu dapat melakukan analisis numerik, dan statistik dengan set data besar. SQL (Structured Query Language) adalah bahasa program yang dirancang untuk mengelola data dalam basis data relasional dan  saat ini metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan untuk mengakses data dalam database.


3. Data Engineer

Data Engineer adalah profesi yang bertugas untuk mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data dan memonitor infrastrukturnya di dalam sebuah perusahaan. Seorang Data Engineer juga bertanggung jawab untuk mengelola jalur data untuk perusahaan yang menangani data dalam jumlah besar dan data tersebut dapat kumpulkan dan diambil secara efisien.


Tujuan dari Data Engineer sendiri adalah untuk membangun dan mengoptimalkan sistem perusahaan yang memungkinkan bagi Data Analyst dan Data Scientist menyelesaikan pekerjaan mereka. Sebagai Data engineer Kamu diwajibkan untuk paham dalam menggunakan program NoSQL, Hadoop, dan Phyton. Kamu juga harus menguasai Database, SQL, ETL Tools, Pipeline, shell script, dan masih banyak lagi.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Mulai Belajar Data Science Bersama DQLab

Yuk bangun karir kamu sekarang bersama dengan DQLab platform belajar online! Banyak fasilitas yang diberikan oleh DQLab untuk kamu loh.

  • Kuis

    DQLab sendiri menyediakan quiz-quiz yang dapat diakses untuk mengetes seberapa kamu paham dengan materi yang disampaikan. Dengan Kuis ini kamu juga dapat melihat seberapa baik kamu dalam melakukan analisis data.

  • Sign Up dan dapat Module Gratis

    Sign up untuk mendapatkan module GRATIS œIntroduction to Data Science Module ini tersedia dalam bentuk bahasa R dan juga Python. Kedua bahasa pemrograman tersebut adalah bahasa yang paling banyak digunakan.

  • Live Code Editor

    Dengan adanya LIve code editor untuk Kamu bisa belajar dan langsung menerapkanya pada dalam praktek secara real time. Terdapat timer yang dapat membuat kalian tidak idle selama 30 menit sejak sesi dimulai. Fitur ini digunakan sebagai mekanisme perlindungan sistem pada sesi belajar di DQLab dan memastikan keamanan data pengguna 

  • Sertifikat. 

    Dengan mengambil sertifikat membuat Kamu semakin mahir dalam bidang yang Kamu ambil. Setelah kamu berhasil menyelesaikan modul-modul yang ada di DQLab  Kamu akan mendapat œCertificate of Completion. Dengan ini kamu selangkah lebih maju menjadi seorang praktisi data.


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :