Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Prospek Kerja dan Jenjang Karir Data Analyst yang Memukau di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ef76e4f6d113453f3638a5c1eb52755d_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan ilmu yang paling banyak dicari oleh perusahaan di seluruh dunia. Namun sayangnya di Indonesia sendiri masih sedikit universitas yang menyediakan jurusan Data Science. Jurusan Data Science memiliki banyak cabang profesi yang dapat diambil.  Dengan mempelajari ilmu ini terdapat beberapa profesi yang merupakan profesi yang menjadi incaran di zaman industri 4.0.

Data Analyst juga mempunyai jenjang karir yang sangat terstruktur dan menggiurkan. Terdapat  3 tingkatan dalam seseorang menjadi Data Analyst, tingkatan tersebut naik seiring dengan meningkatnya skill dari Data Analyst itu sendiri. Tingkatan dalam Data Analyst antara lain Data Analyst Entry Level, Data Analyst Junior, Data Analyst Senior. Tentunya belajar untuk menjadi seorang Data Analyst memerlukan kompetensi yang perlu dipersiapkan. Kamu harus memiliki hard skill dan soft skill tertentu yang dapat menyokong kamu dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Jika kamu sudah memenuhi syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Analyst, yuk kita liat jenjang karir Data Analyst untuk beberapa tahun kedepan.


1. Ilmu yang Fleksibel

Di era yang serba modern ini, kemajuan teknologi sangatlah cepat.Untuk menjadi Data Analyst tentunya banyak ilmu yang perlu dipelajari saat kuliah. Di dalam belajar Data Science sendiri banyak mata kuliah yang mirip dengan mata kuliah lain. Contohnya saja dalam Data Science kamu akan belajar tentang statistik, Sistem Kecerdasan Bisnis, Basis pemrograman, dan masih banyak lagi.

Saat kamu ingin mencari kerja pun akan banyak peluang pekerjaan yang bisa kamu daftarkan sebagai seorang mahasiswa Data Science. Terdapat 6 pekerjaan yang masih berhubungan dengan data dan kebanyakan profesi tersebut masih menjadi primadona oleh banyak perusahaan. 6 pekerjaan tersebut adalah Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, Data Architect, Database Administrator, dan Database Manager. Dengan begitu Kamu dapat menyesuaikan dengan apa yang perusahaan butuhkan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pekerjaan Masa Depan di Era Digital 

Jika kamu memutuskan untuk terjun kedalam dunia Data Analyst kamu tidak perlu khawatir dengan prospek kerja kamu. Data merupakan aset yang paling berharga di dunia ini. Dengan adanya data kamu bisa sebuah perusahaan dapat menyiapkan strategi yang diperlukan untuk  meningkatkan kinerja sebuah perusahaan berdasarkan data yang diperoleh.

Data Analyst juga termasuk pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan, namun belum banyak orang yang terjun kedalamanya yang menjadikan seorang Data Analyst diperebutkan di berbagai perusahaan.


3.  Jenjang Karir yang Pasti

Data Analyst memiliki jenjang karir yang ditentukan dari awal, berbeda dengan banyak profesi yang jenjang karirnya disamaratakan tapi ini kembali lagi dengan kebijakan di setiap perusahaan. Berikut penjelasan level-level dari seorang Data Analyst.

  • Data Analyst Entry Level

    Di level ini adalah Kamu yang baru saja lulus dari universitas dan belum mempunyai banyak pengalaman di dunia kerja. Di tahap kemampuan dari Data Analyst Entry Level masih dasar, namun tetap harus dapat berpikir kritis dan analitis, dapat bekerja di dalam tim, dan memiliki kemampuan matematis yang baik. Di level ini seorang Data Analyst Entry level akan membantu supervisor dan tim seniornya dan tidak lupa belajar dari para senior bagaimana cara menganalisis data.


  • Data Analyst Junior

    Naik satu level dari tahap Entry Level, di tahap ini sudah mulai memiliki pengalaman cukup terkait dengan analisis data, dan sudah beradaptasi dengan suasana dan juga tantangan yang ada di lapangan. Di tahap ini Data Analyst Junior bertugas untuk melakukan interpretasi dan translasi data dengan berbagai metode analisis, Kamu juga mengumpulkan data, membuat segmentasi, dan mempresentasikan hasil riset ke atasan.


  • Data Analyst Senior

    Di tahap ini Kamu sudah menjadi veteran dan sudah paling berpengalaman di bidang analisis data. Seorang Data Analyst Senior akan diberikan tugas yang paling sulit dan juga mempersiapkan regenerasi Data Analyst muda yang baru masuk kedalam dunia Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Mulai Belajar Menjadi Data Analyst dengan DQLab dan Dapatkan Benefitnya!

Yuk bangun karir kamu sekarang bersama dengan DQLab platform belajar online! Banyak fasilitas yang diberikan oleh DQLab untuk kamu loh.

  • Kuis

    DQLab sendiri menyediakan quiz-quiz yang dapat diakses untuk mengetes seberapa kamu paham dengan materi yang disampaikan. Dengan Kuis ini kamu juga dapat melihat seberapa baik kamu dalam melakukan analisis data.

  • Sign Up dan dapat Module Gratis

    Sign up untuk mendapatkan module GRATIS �Introduction to Data Science� Module ini tersedia dalam bentuk bahasa R dan juga Python. Kedua bahasa pemrograman tersebut adalah bahasa yang paling banyak digunakan.

  • Live Code Editor

    Dengan adanya LIve code editor untuk Kamu bisa belajar dan langsung menerapkanya pada dalam praktek secara real time. Terdapat timer yang dapat membuat kalian tidak idle selama 30 menit sejak sesi dimulai. Fitur ini digunakan sebagai mekanisme perlindungan sistem pada sesi belajar di DQLab dan memastikan keamanan data pengguna 

  • Sertifikat. 

    Dengan mengambil sertifikat membuat Kamu semakin mahir dalam bidang yang Kamu ambil. Setelah kamu berhasil menyelesaikan modul-modul yang ada di DQLab  Kamu akan mendapat "Certificate of Completion". Dengan ini kamu selangkah lebih maju menjadi seorang praktisi data.


 

Penulis: Yohanes Ricky

Editor: Annissa Widya Davita

 


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!