PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 41 Menit 35 Detik

Proyek Data Analyst pada Prediksi Permintaan & Persediaan

Belajar Data Science di Rumah 19-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-03-2024-06-19-163214_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst sekarang bisa dikatakan sebagai profesi yang sedang naik daun. Selain banyak peminatnya, kebutuhan akan profesi ini memang cukup banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan memiliki peran yang cukup penting. Bagi para pemula bisa dicoba untuk memangun portofolio data dan juga terus berlatih dengan mengerjakan ragam project Data Analyst.


Di balik suksesnya banyak perusahaan, terdapat kebijakan dan keputusan strategis yang didasarkan pada analisis data. Salah satu aspek krusial dalam dunia bisnis adalah prediksi permintaan produk dan manajemen persediaan.


Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beragam proyek data analyst yang memusatkan perhatian pada area ini. Bagaimana para Data Analyst membantu perusahaan dalam mengoptimalkan rantai pasokan mereka? Mari kita lihat bersama.

 

1. Optimasi Persediaan Barang Eceran

 Data Analyst

Manajemen persediaan adalah sekumpulan teknik yang digunakan untuk mengelola tingkat persediaan dalam berbagai perusahaan pada suatu rantai pasokan. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya persediaan sebesar mungkin namun tetap mempertahankan tingkat layanan yang dibutuhkan pelanggan.


Seorang data analyst dapat terlibat dalam proyek yang membantu perusahaan ritel mengoptimalkan persediaan barang eceran mereka. Dengan menganalisis data penjualan historis, tren musiman, dan faktor lainnya, data analyst dapat memberikan rekomendasi tentang jumlah optimal produk yang perlu dipesan untuk memenuhi permintaan tanpa berlebihan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python 


2. Prediksi Penjualan untuk Perencanaan Produksi

Data Analyst

Perencanaan produksi adalah kegiatan yang dilakukan sebelum proses produksi dilakukan. Fungsi perencanaan produksi adalah untuk memastikan agar proses produksi tetap berjalan lancar dan menghasilkan jumlah produk sesuai permintaan pasar.


Dalam industri manufaktur, data analyst dapat fokus pada proyek yang berkaitan dengan prediksi penjualan. Dengan menganalisis data penjualan masa lalu dan variabel lain seperti musim, promosi, atau faktor ekonomi, para analis dapat membantu perencanaan produksi untuk memastikan produksi sesuai dengan permintaan pasar yang diantisipasi.


3. Manajemen Persediaan di Industri Makanan dan Minuman

Data Analyst

Proyek data analyst juga dapat terfokus pada manajemen persediaan di industri makanan dan minuman. Dengan memahami pola konsumsi, perubahan musiman, dan respons terhadap promosi, data analyst dapat memberikan rekomendasi tentang kapan dan berapa banyak produk yang harus diproduksi atau dipesan untuk menghindari kekurangan atau kelebihan stok.


4. Analisis Perilaku Pelanggan untuk Prediksi Permintaan

Menggali data perilaku pelanggan adalah bagian penting dari proyek data analyst. Dengan memahami preferensi pelanggan, siklus pembelian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, para analis dapat mengembangkan model prediksi permintaan yang akurat untuk berbagai produk.


5. Peningkatan Efisiensi Rantai Pasokan

Proyek data analyst juga dapat difokuskan pada peningkatan efisiensi rantai pasokan secara keseluruhan. Dengan menganalisis data dari setiap tahap rantai pasokan, mulai dari pengadaan bahan baku hingga pengiriman produk ke konsumen, para analis dapat mengidentifikasi area-area di mana proses dapat dioptimalkan untuk meningkatkan respons terhadap permintaan.


 Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari dunia yang dinamis dalam analisis data dan proyek-proyek yang dapat membentuk keberhasilan perusahaan, kami mengundangmu untuk bergabung dengan kursus-kursus data science di DQLab.


DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya.


Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang suportif.

Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python, untuk nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Analyst yang mahir bersama DQLab.

 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login