DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 17 Menit : 6 Detik

Python Array : Mengenal Fungsi Sederhana dalam Operasi Array

Belajar Data Science di Rumah 09-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a5158a4e0973d0305b9782480bb74f5b_x_Thumbnail800.jpg

Array adalah kumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama. Suatu array hanya dapat menyimpan satu tipe data saja, jadi dalam satu array kita tidak akan menemukan campuran tipe data misalnya karakter dan numerik. Array termasuk dalam tipe data terstruktur dan paling umum digunakan untuk menyimpan data. Komponen-komponen yang terdapat dalam array disebut komponen type, dan jumlah komponen yang jumlahnya tetap disebut larik. 


Array dapat berupa tipe data seperti byte, word, integer, real, boolean, char, string dan tipe data scalar atau subrange. Elemen-elemen yang terkandung pada Array dapat diakses menggunakan index array. Index array secara otomatis dimulai dari angka 0. Ketika ingin menampilkan elemen pada array, kita cukup memanggil nama array diikuti indexnya. Dalam melakukan operasi Array di Python, ada beberapa fungsi atau method yang dapat digunakan. 


Penasaran bukan? Yuk kita coba praktikan bersama!


1. Menambah Nilai Array

Dalam mengolah data array, kadang kita merasa kurang dengan jumlah data yang ada. Nah, kita bisa menambahkan nilai array tersebut sesuai yang kita inginkan. Fungsi yang dapat digunakan adalah .append(). Perhatikan contoh berikut.

Sebelumnya namakaryawan hanya berisikan empat nama. Kemudian kita gunakan fungsi .append() untuk menambahkan nama “Nana” sehingga ketika ditampilkan namakaryawan sudah bertambah satu nama. 

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python


2. Menghapus Nilai Array

Lalu bagaimana jika ada elemen array yang ingin kita hapus? Tentu saja bisa kita hapus menggunakan fungsi array di python yaitu .pop() atau .remove(). Contohnya seperti berikut.


Dari contoh bisakah kamu lihat perbedaan dalam penggunaan .pop() dan .remove()? Pada .pop() untuk mendefinisikan elemen yang akan dihapus adalah dengan menuliskan index array-nya, seperti contoh maka index 2 yaitu “Agung” yang dihapus. Sedangkan untuk .remove() adalah dengan menuliskan nama elemennya, seperti contoh dituliskan nama “Agung” untuk dihapus.


3. Menghitung Panjang Array

Dalam melakukan operasi pada array, kita perlu tahu panjang pada array yang kita miliki. Ada fungsi yang dapat digunakan untuk hal ini yaitu .len(). Perhatikan contoh berikut ini.

Perlu diingat bahwa jika array dimulai dengan index pertama adalah 0, maka panjang array dimulai dari angka 1. Sehingga dari contoh diatas panjang array yang kita namai jumlaharray menampilkan hasil yaitu 4. 

Baca juga : Yuk, Mulai Belajar Data Science dengan Bahasa Pemrograman Python


5. Yuk Belajar Array Python Lebih Lengkap Bersama DQLab Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!