FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 38 Menit 31 Detik 

Python Bahasa Populer yang Digunakan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/621f0dddaed3dca48a102ab71de4468b_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang terinterpretasi, object oriented dan high level, Python juga cukup populer pada zaman sekarang. Popularitas Python berhasil menduduki posisi ketiga bahasa pemrograman populer di dunia di bawah bahasa C dan juga Java. Python juga popularitasnya juga meningkat pada pekerjaan data scientist.


Alasan kenapa Python sekarang menjadi bahasa terpopuler, itu dikarenakan Python bersifat open source jadi semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah dan tidak berbayar. Sintaksis dari Python pun tergolong lebih sederhana karena dasarnya menggunakan bahasa inggris. Jadi itu dua alasan Python menjadi bahasa yang populer.


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas Python menjadi bahasa yang sering digunakan oleh data scientist. Jadi, simak artikel dibawah ini!


1. Python untuk Data Cleaning

Python biasa digunakan oleh para data scientist untuk menggunakan jenis data yang tersedia yang hampir semua data bisa digunakan dengan berbagai jenis format yaitu seperti CSV (Comma-separated value), TSV (tab-separated valuel), bisa juga menggunakan JSON sebagai format datanya.


Bukan hanya itu saja yang bisa digunakan dari Python untuk kepentingan data scientist, Python juga memungkinkan untuk mengimpor table  secara langsung dari SQL ke website code scrapping tanpa harus repot melalui tahap tahap biasanya. Jangan khawatir karena DQLab menyediakan modul data manipulation with pandas dalam 2 part yang berisikan teori tentang bagaimana melakukan data cleaning.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Python untuk Data Exploration

Selain memiliki data cleaning tadi, seorang data scientist juga wajib memiliki dan menemukan sebuah pertanyaan bisnis untuk dijawab dan kemudian data scientist mengkonversinya menjadi pertanyaan data science. Proses ini membutuhkan Python untuk mengidentifikasikan properti mereka lalu memisahkan datanya berdasarkan tipe-tipenya.


Tipe-tipe disini bisa berbentuk numerik, ordinal, nominal, ataupun kategoris untuk menyiapkan beberapa treatment yang dibutuhkan. Kita juga harus mempertimbangkan secara cermat sebelum analisis data yang sebenarnya dilakukan. Ini dilakukan untuk memeriksa kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi pada tahap pencatatan data. DQLab memiliki modul exploratory data analysis with python beginner yang bisa kamu coba menyelesaikannya

data scientist


3. Python untuk Data Visualisasi dan Interpretasi

Python juga mempunyai banyak sekali package data visualization. Visualisasi bisa dikatakan juga sebagai pusat dari analitik tingkat lanjut. Ketika data scientist menuliskan analisis algoritma, menjadikan visualisasi ini sangat penting untuk memantau hasil dan memastikan modelnya berfungsi semuanya.


Data visualisasi ini menyediakan cara yang cukup cepat dan juga efektif untuk mengkomunikasikan informasi secara luas dengan hanya menggunakan informasi visual, ini sangatlah cocok digunakan untuk para data scientist tidak hanya cepat dia juga bisa digunakan secara luas.


Library yang sering digunakan oleh data scientist adalah Matplotlib. Matplotlib ini digunakan untuk meng-generate grafik dasar dan diagram. Selain Matplotlib data scientist juga bisa menggunakan library lainnya yang sudah disediakan oleh Python yakni Library Plotly. Yuk, coba selesaikan modul data visualization with python matplotlib for beginner bersama DQLab dan asah kemampuan python kamu sekarang juga. 

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Python untuk Data Modeling

Selanjutnya ada data modeling yang bisa digunakan oleh para data scientist. Data modeling juga menjadi proses yang sangat penting dalam proses bekerjanya data scientist. Pada tahap ini, seorang data scientist dituntut untuk me-minimize dimensionality dari dataset.


Data scientist bisa memanfaatkan banyak sekali library dari Python yang bisa dipakai agar dapat membantu meringankan tugas dan proses machine learning untuk melaksanakan perintah yang berkaitan dengan data modeling.


Hal ini digunakan untuk mengetahui dimana saja data yang disimpan, jadi jelas ini bisa mempermudah data scientist dalam hal komunikasi dengan perusahaan jika mendapati banyak sekali data pada perusahaan.


data scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0.


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :