PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 34 Menit 5 Detik 

Python Programming Dasar Belajar Python untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 12-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aad16fbeb77fbd6bed0414369f3cc376_x_Thumbnail800.jpg

Programming adalah salah satu skill yang wajib dikuasai oleh praktisi data seperti Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. Profesi-profesi tersebut menerapkan ilmu data science. Data science terdiri dari kombinasi bidang ilmu matematika, statistika, dan komputer atau programming yang bertujuan mengolah data yang efisien dan akurat. Data terbagi dari beberapa jenis yaitu data kuantitatif yang berupa angka atau numerik dan data kualitatif yang berupa narasi atau teks. Gambar, suara, video, dan lainnya juga termasuk data. Oleh karena itu data science diterapkan untuk mengolah data yang sangat banyak dan beragam tersebut. Selain kombinasi tiga bidang ilmu tersebut, dalam data science juga diperlukan pengetahuan bisnis yang baik. 


Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang harus dipelajari dan dikuasai oleh praktisi data. Tugas utama praktisi data adalah mengolah data untuk memperoleh informasi yang berguna. Untuk itu dibutuhkan teknologi dan bahasa pemrograman yang cocok untuk mengolah data tersebut. Salah satu yang populer dan banyak digunakan praktisi data adalah bahasa pemrograman Python yang diciptakan oleh Guido van Rossum dan rilis pada tahun 1991. Mungkin akan muncul pertanyaan di benak teman-teman, mengapa harus Python? Nah, artikel kali ini kita akan bahas mengapa harus belajar Python untuk data science. Yuk, simak jawabannya dibawah ini!


1. Bahasa yang Mudah Dipelajari 

Bahasa pemrograman Python adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami. Python menggunakan istilah bahasa inggris yang mudah dipahami untuk menuliskan perintahnya. Bahasa Python berfokus pada tingkat keterbacaan kode sehingga pengguna bisa lebih fokus pada program yang dibuat daripada struktur penulisan kodenya. Pemula yang ingin belajar pemrograman untuk data science dapat memilih Python untuk dipelajari lebih dulu karena Python mudah dibaca kodenya dan mudah dipelajari sintaksnya. Rekrutmen data scientist dan data analyst biasanya mewajibkan kemampuan pemrograman dengan bahasa Python. 

Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Dapat Digunakan untuk Membuat Berbagai Program 

Bahasa Python dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS sehingga siapapun bisa menggunakannya. Bahasa Python populer tidak hanya karena mudah dipelajari dan dipahami, tetapi juga karena Python bisa digunakan untuk membuat berbagai program. Dalam data science, Python digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengolah big data, menjalankan perhitungan matematika yang kompleks, membuat grafik untuk memvisualisasikan data, dan lainnya. Selain itu Python dapat digunakan untuk membuat website, program GUI (desktop), aplikasi mobile, game, IoT, program untuk hacking, dan lain sebagainya. Oleh karena itu Python tidak hanya dipelajari oleh para talent data, namun semua orang yang perlu menggunakan Python untuk mendukung pengembangan program. Banyak tutorial baik dari blog, youtube, buku, dan lainnya yang membahas bagaimana cara menggunakan bahasa Python untuk kebutuhan tertentu.


3. Memiliki Berbagai Library untuk Mengolah Data

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Python dapat digunakan untuk berbagai pemngembangan program. Kenapa bisa demikian? Python memiliki berbagai macam library yang mendukung pekerjaan tersebut. Seperti untuk mengolah data, beberapa library yang sering digunakan yaitu antara lain Numpy, Pandas, Matplotlib, Scikit-Learn, TensorFlow, dan PyTorch. Setiap library punya fungsinya masing-masing, misal Numpy untuk perhitungan data numerik, Pandas untuk mengakses data sumber, dan Matplotlib untuk membuat visualisasi data. Penggunaan library pada Python cukup mudah, tuliskan import nama_library pada Python untuk memanggil library yang dibutuhkan dan lanjutkan penulisan kode sesuai program yang ingin dibuat. 


4. Komunitas untuk Belajar Python

Belajar bahasa Python dapat dilakukan secara otodidak atau mengikuti kursus. Banyak sumber untuk belajar Python seperti dari blog, youtube, dan lainnya. Bisa juga dengan bergabung dengan komunitas-komunitas yang membahas bahasa Python. Kita bisa sharing ilmu, berdiskusi, atau mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi seperti kode error, library error, cara install Python, dan lain sebagainya. Komunitas belajar bahasa Python dapat ditemukan di sosial media. Dengan begitu belajar Python akan lebih mudah dan menyenangkan. 

Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Belajar Python Programming untuk Data Science, Yuk!

Penerapan data science di berbagai lini industri saat ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan praktisi data yang handal. Belajar Python programming merupakan salah satu yang wajib dikuasai. Jika kamu ingin menjadi praktisi data, pastikan sering berlatih mengolah data dengan Python seperti mengolah data numerik dan non numerik, membuat visualisasi data, manipulasi data, dan sebagainya. Kamu juga perlu menggunakan data yang mirip dengan data ril dan kasus di dunia data. Yuk, gabung di DQLab dengan Sign Up di DQLab/SignUp dan mulai bangun portofolio datamu untuk langkah awal menggapai karir sebagai praktisi data!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :