MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 25 Menit : 36 Detik

Python Untuk Data Science: Mengenal LibraryDalam Proses Dan Modeling Data

Belajar Data Science di Rumah 24-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e41c274e55063e696b4177611d4bc9b0_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini python adalah bahasa pemrograman yang hangat diperbincangkan di kalangan data enthusiast. Python bersifat open source sehingga dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengebangkan program yang sedang dikerjakan. Selain itu struktur bahasa yang sederhana dalam python membuatnya mudah dipelajari dan diaplikasikan. Python juga menyediakan banyak library yang mudah diakses untuk mendukung data science.


Proses data science sendiri ada beberapa tahap yaitu data processing, modeling, dan visualisasi data. Tahapan-tahapan ini memiliki library masing-masing yang sering digunakan oleh praktisi data seperti Data Engineer, Data Analyst, dan Data Scientist. Dalam artikel ini DQLab akan share beberapa library yang biasa digunakan pada tahapan dari proses data science yaitu data processing dan modeling. Yuk, simak dibawah ini!

1. SciPy

Scipy adalah library yang disediakan python untuk membantu pekerjaan komputasi tingkat tinggi. Library ini bersifat open source dan efisien dimanfaatkan untuk perhitungan ilmiah. Scipy terdiri dari fungsi yang dibangun pada numpy. Selain itu scipy juga dapat memproses gambar multidimensi menggunakan submodul SciPy.ndimage. Contoh penggunaan SciPy untuk data science adalah perhitungan aljabar linear, optimasi algoritma, menyelesaikan persamaan diferensial, dan lainnya yang berhubungan dengan numerikal.

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python


2. SciKit-Learn

Dalam machine learning tidak selalu berhubungan dengan statistika. Artinya terdiri dari data statistik maupun tipe data lainnya. SciKit-Learn adalah library yang disediakan oleh python dengan fokus digunakan dalam machine learning. Library ini menggunakan operasi matematika dari SciPy dalam menerapkan algoritma machine learning pada umumnya. Beberapa algoritma yang diberikan oleh SciKit-Learn adalah algoritma Naive Bayes, Clustering, Decision Tree, Regression, Machine Learning Pipeline, dan lainnya.

3. Keras

Keras adalah library bersifat open source yang ditulis dengan bahasa pemrograman python. Library ini dibuat dengan tujuan menyederhanakan model dari kerangka deep learning yaitu jenis machine learning yang melakukan pekerjaan klasifikasi gambar, teks, dan suara. Keras dapat dijalankan diatas framework Tensorflow, Microsoft Cognitive Toolkit, dan Theano. Untuk saat ini Keras dikenal sebagai library terbaik dari Python dalam pembelajaran machine learning. 

Baca juga : Yuk, Mulai Belajar Data Science dengan Bahasa Pemrograman Python


4. Yuk Belajar Python Dengan Data Real Bersama DQLab Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!