MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 35 Menit : 58 Detik

Python untuk Data Science, Kenali Faktanya Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 03-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d0e9d3563713b41b730e648c338305de_x_Thumbnail800.jpg

Python untuk Data Science  merupakan salah satu skill utama yang sangat dibutuhkan jika ingin berkarir sebagai praktisi data. Diantara begitu banyak bahasa pemrograman yang ada, Python menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menguasai Data Science. Faktanya, di tahun 2018 diketahui bahwa 66% dari Data Scientist telah menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman yang digunakan sehari-hari. Tentunya hal ini pasti memiliki alasan-alasan tertentu hingga Python layak untuk dilirik sebagai salah satu bahasa pemrograman pilihan dalam Data Science.

Pada dasarnya, Data Science merupakan ilmu yang menggabungkan kemampuan matematika, statistika, pemrograman, dan juga bisnis. Bisa dibayangkan betapa rumitnya ilmu ini? Sehingga kita sangat membutuhkan bahasa pemrograman yang mudah untuk dibaca dan juga ditulis oleh manusia. Python dapat memberikan hal ini karena Python bersifat high-level programming language. Selain itu Python juga banyak dilirik karena sifatnya yang general purpose yang artinya dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan.

Berikut ini akan dibahas 3 fakta menarik mengapa Python layak dijadikan pilihan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan dalam ilmu Data Science. Stay tune ya!

1. Python Diperlukan dalam Data Science

Untuk mengerjakan projek Data Science, paling tidak kita harus menguasai salah satu bahasa pemrograman yang tersedia, yaitu R dan Python. Pada dasarnya, R dan Python bukan merupakan bahasa pemrograman yang telah sempurna, keduanya sama-sama memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Kita hanya perlu memilih bahasa pemrograman mana yang lebih nyaman digunakan namun juga harus disesuaikan dengan bidang yang dipilih. Selain Python dan R, SQL termasuk ke skill yang juga harus dikuasai dengan baik.

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python

2. Apakah Python Lebih Baik daripada R dakam Data Science?

Python dan R sama–sama memiliki kelemahan dan kelebihan, lalu pasti akan muncul pertanyaan, apakah salah satu bahasa pemrograman lebih unggul dibandingkan bahasa pemrograman lainnya? Pertanyaan ini termasuk pekerjaan yang telah banyak didiskusikan, namun tak ada jawaban yang pasti. Faktanya hal ini tergantung kepada apa tujuan yang ingin kita capai, dan juga apa yang lebih kita sukai.

Jika kamu bekerja di bidang industri tertentu sepeti bidang akademik atau penelitian, maka R akan menjadi pilihan yang tepat karena R dibuat berdasarkan pertimbangan statistic dan juga matematika. Sedangkan Python akan lebih mudah digunakan di hampir semua bidang. Ini disebabkan karena Python bersifat “transferable” sehingga akan lebih mudah jika digunakan di disiplin ilmu lainnya, seperti kedokteran, perbankan, dll.

3. Bagaimana Cara Menggunakan Python dalam Data Science

Fakta yang mengejutkan dari Python adalah bahasa pemrograman ini digunakan di setiap step dari proses Data Science. Misalnya:

  • Dengan menggunakan Pythoin dan SQL, maka kita akan mendapatkan data yang dibutuhkan dari database perusahaan

  • Dengan menggunakan library Pandas dari Python, maka kita dapat melakukan proses cleaning data dan juga proses preprocessing data seperti mengurutkan data, dll.

  • Gunakan library Pandas dan Matplotlib untuk memulai analisa, exprolasi, dan juga visualisasi data

  • Untuk membangun model prediksi dapat menggunakan library Scikit-Learn. Model ini akan sangat berguna untuk hal prediksi kira-kira berapa outcome yang akan dikeluarkan oleh perusahaan di masa yang akan dating

  • Selanjutnya kita dapat mengatur hasil analisis akhir dan juga model yang telah didapatkan ke format tertentu agar lebih mudah untuk berkomunikasi dengan divisi lain meskipun divisi tersebut tidak berada di bidang data.

Bagaimana? Python dapat digunakan di setiap step nya kan? Yuk, mulai mempelajarinya.

Baca juga : Yuk, Mulai Belajar Data Science dengan Bahasa Pemrograman Python

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!