[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 12 Menit 36 Detik 

Query MySQL, Salah Satu Materi Data yang Wajib Dipahami Calon Pekerja Data!

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ff2c37cb745c81416fddd8d36e8524ab_x_Thumbnail800.png

Era data menjadi suatu era yang dimana lahir generasi data driven. Apakah itu generasi data driven? Generasi data driven merupakan generasi dimana proses pengambilan keputusannya tidak sembarang diambil, namun ditentukan berdasarkan data yang dianalisis. Data menjadi suatu hal penting tidak hanya bagi generasi data driven, tetapi juga untuk banyak orang dan perusahaan saat ini.


Salah satu materi data yang perlu dipelajari dan akan berguna, yaitu query atau bahasa query. Materi data satu ini akan sangat membantu pemahaman kalian mengenai suatu database dan cara menanganinya. Maka dari itu, DQLab menghadirkan berbagai macam informasi dalam artikel ini untuk kalian pahami. Jadi, jangan sampai terlewati, ya!


1. Pengertian Query

Secara definisi, Query merupakan sintaks atau perintah yang dapat digunakan untuk mengakses dan menampilkan data pada sistem database. Query pada umumnya memiliki kemampuan untuk mengatur data mana yang perlu ditampilkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pekerjaan kalian.


Selain itu juga, query dapat kalian gunakan untuk membuat data yang ada saling berinteraksi satu sama lain. Biasanya, query juga memiliki sebutan lain, yaitu query language atau bahasa query. Saat ini, bahasa query yang paling populer dan sering digunakan di kalangan profesi-profesi data, seperti Database Administrator adalah SQL.


Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Pengertian MySQL

Secara pengertian, MySQL merupakan sebuah DataBase Management System (DBMS) atau manajemen berbasis data menggunakan perintah dasar Structured Query Language (SQL) yang cukup terkenal atau populer. DBMS MySQL dapat multi pengguna dan multi alur sehingga sampai saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia.


MySQL merupakan DBMS yang memiliki open source dengan dua bentuk lisensi, dengan begitu membuat MySQL menjadi database server gratis yang dapat kalian pakai untuk keperluan pribadi ataupun perusahaan tanpa harus membayar lisensi yang ada. Dapat dikatakan bahwa MySQL adalah DBMS yang menggunakan bahasa SQL sebagai penghubung antar perangkat lunak aplikasi dengan database server.


3. Tiga Jenis Query

Dalam database terdapat tiga jenis query yang dapat digunakan untuk membuat atau mendefinisikan objek-objek database seperti membuat, memanipulasi, dan mengontrol database. Berikut tiga jenis query beserta pengertiannya.


  • DDL (Data Definition Language)

    Salah satu metode query yang dapat digunakan untuk membuat tabel baru, mengubah tabel, membuat indeks, menentukan struktur penyimpanan tabel, dan sebagainya.

  • DML (Data Manipulation Language)

    Metode query satu ini dapat digunakan untuk memanipulasi database, seperti memasukkan, mengubah, dan menghapus data pada tabel di database.

  • DCL (Data Control Language)

    Metode query yang ketiga ini dapat digunakan untuk memberikan hak otorisasi akses database, auditan penggunaan database, alokasi space, dan definisi space. 


4. Manfaat Penggunaan Query

Terlepas dari definisi dan metodenya, query memiliki banyak sekali manfaat ketika sudah digunakan atau diaplikasikan. Terdapat kurang lebih delapan manfaat yang bisa kalian nikmati ketika menggunakannya, berikut manfaat dari penggunaan query.


  • Membuat database.

  • Menghapus database.

  • Membuat tabel dalam database.

  • Melihat struktur tabel.

  • Menghapus tabel.

  • Memasukkan data ke tabel.

  • Memperbarui isi data.

  • Menghapus data.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Ketahui Lebih Banyak Manfaat Seputar Query di DQLab

Ketika kalian sudah memahami dasar dari query database di MySQL, kalian sudah bisa langsung mengaplikasikannya ke dalam database. Pembelajaran mengenai query dapat kalian lakukan bersama DQLab, karena sesi belajar bersama DQLab tidak pernah membosankan dan dapat dengan mudah dicerna. Kalian dapat sign up di DQLab.id, lalu kalian boleh langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pertama kalian bergabung di DQLab. Ayo, kuasai query MySQL bersama DQLab.id!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!