Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Quick Analysis Rumus Excel Dasar yang Mempermudah Praktisi data

Belajar Data Science di Rumah 28-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ee8609c8332aed7745c179995363ec46_x_Thumbnail800.jpg

Analisis Data adalah proses pemeriksaan, pembersihan, transformasi dan pemodelan data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna, menyarankan kesimpulan dan mendukung pengambilan keputusan. Selain itu, Data Analysis dapat diartikan dengan proses mengumpulkan, mengubah, membersihkan, dan memodelkan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Hasil yang diperoleh dikomunikasikan, menyarankan kesimpulan, dan mendukung pengambilan keputusan. Visualisasi data terkadang digunakan untuk menggambarkan data untuk kemudahan menemukan pola yang berguna dalam data.


Data yang diperlukan untuk analisis didasarkan pada pertanyaan atau percobaan. Berdasarkan persyaratan yang mengarahkan analisis, data yang diperlukan sebagai masukan untuk analisis adalah diidentifikasi (misalnya, Populasi orang). Variabel khusus mengenai suatu populasi (mis., Usia dan Penghasilan) dapat ditentukan dan diperoleh. Data mungkin numerik atau kategorik. Excel menyediakan perintah, fungsi, dan alat yang memudahkan tugas analisis data. Kamu dapat menghindari banyak memakan waktu dan/atau perhitungan yang rumit menggunakan Excel. Salah satu fitur yang sangat memudahkan adalah quick analysis.


1. Formatting

Conditional Formatting memungkinkan untuk menyorot bagian dari data dengan menambahkan warna dll. Ini akan dengan cepat memvisualisasikan nilai dalam data. Gunakan conditional formatting untuk membantu  menjelajahi dan menganalisis data secara visual, mendeteksi masalah kritis, dan mengidentifikasi pola dan tren.


Conditional formatting memudahkan untuk menyorot sel atau rentang sel yang menarik, menekankan nilai yang tidak biasa, dan memvisualisasikan data dengan menggunakan bilah data, skala warna, dan kumpulan ikon yang sesuai dengan variasi tertentu dalam data.


conditional formatting mengubah tampilan sel berdasarkan kondisi yang  tentukan. Jika kondisinya benar, rentang sel diformat; jika kondisinya salah, rentang sel tidak diformat. Ada banyak kondisi bawaan, dan juga bisa membuatnya sendiri (termasuk dengan menggunakan rumus yang mengevaluasi True atau False).

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Chart

Bagan digunakan untuk menggambarkan data secara bergambar. Ada beberapa jenis Bagan yang sesuai dengan jenis data yang berbeda. Selain itu, bagan merupakan alat yang dapat digunakan di Excel untuk mengkomunikasikan data secara grafis. Bagan memungkinkan audiens untuk melihat makna di balik angka-angka, dan mereka membuat perbandingan dan tren menjadi lebih mudah. 


Buku kerja Excel dapat berisi banyak data, dan data ini seringkali sulit untuk ditafsirkan. Misalnya, di mana nilai tertinggi dan terendah? Apakah jumlahnya bertambah atau berkurang? Jawaban atas pertanyaan seperti ini bisa menjadi lebih jelas ketika data direpresentasikan sebagai bagan. Excel memiliki berbagai jenis bagan, sehingga dapat memilih salah satu yang paling efektif mewakili data.


3. Sorting and Filtering

Pengurutan data merupakan bagian integral dari Analisis Data. Sahabat Data dapat menyusun daftar nama dalam urutan abjad, menyusun daftar angka penjualan dari tertinggi ke terendah, atau mengurutkan baris berdasarkan warna atau ikon. Pengurutan data membantu kalian dengan cepat memvisualisasikan dan memahami data dengan lebih baik, mengatur dan menemukan data yang diinginkan, dan pada akhirnya membuat keputusan yang lebih efektif. Pemfilteran memungkinkan untuk melakukan ekstraksi data yang memenuhi kriteria yang ditentukan dari Rentang atau tabel tertentu. Ini adalah cara cepat untuk hanya menampilkan informasi yang dibutuhkan.



4. Key Performance Indicators atau KPI

Key Performance Indicators (KPI) adalah seperangkat ukuran terukur yang digunakan organisasi untuk mengukur kinerjanya dari waktu ke waktu. KPI biasanya digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan organisasi secara keseluruhan atau departemen (misalnya penjualan, keuangan, dll.). Sahabat data perlu menentukan KPI berdasarkan tujuan organisasi dan memantaunya dari waktu ke waktu untuk melacak kemajuannya.


Ada beberapa jenis KPI untuk dipilih berdasarkan kebutuhan Anda. Contohnya termasuk

  • Income and Expenses

  • Rate of Return

  • Average Purchase Value

  • Customer Lifetime Value

  • Working Capital


Perhatikan bahwa KPI adalah bentuk komunikasi yang melibatkan aktivitas berikut

  • Mengidentifikasi KPI berdasarkan tujuan organisasi.

  • Memonitor dan melaporkan KPI.

  • Mengubah KPI seiring kemajuan organisasi dan/atau tujuan organisasi berubah.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


5. Belajar Excel bersama DQLab

Yuk mulai belajar excel dari tingkat dari tingkat dasar sampai advance dengan mengakses modul DQLab Platinum. Nikmati kelasnya dan gunakan manfaatnya untuk bantu kamu siap dalam industri data sebenarnya. Belajar anti ribet secara mandiri yuk, bersama DQLab. 


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!