PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 24 Menit 13 Detik

Ragam Alasan Data Science Penting untuk Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-05-2023-09-02-083805_x_Thumbnail800.jpg

Data science sudah menjadi istilah penting dalam dunia bisnis. Ilmu ini merupakan irisan dari  bidang Matematika, Ilmu Komputer, dan Statistik. Ilmu yang satu ini juga mencakup beberapa skill seperti manajemen informasi, data mining, visualisasi, dan lain sebagainya. Skill-skill tersebut akan membantu data scientist untuk memahami semua data yang tidak dapat dipahami dalam bentuk mentahnya. Data science adalah spesialis yang bekerja lintas departemen untuk memperoleh informasi berharga dan selanjutnya berkontribusi pada pengambilan keputusan yang sistematis.


Salah satu alasan mengapa data science penting untuk bisnis adalah karena dapat menggunakan big data untuk mengembangkan model prediktif yang bisa memprediksi adanya penipuan sehingga bisa membantu mengurangi risiko dan penipuan. Hal tersebut adalah salah satu alasan pentingnya data science di berbagai industri. Selain contoh tersebut, ada banyak alasan mengapa data science sangat berguna di berbagai bidang industri. Apa saja peran penting data science? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Membuat Strategi Berdasarkan Fakta Lapangan

Data Science

Data science dapat membantu memprediksi dan melacak tren yang akan datang untuk menjaga bisnis tetap terdepan dan up to date. Misalnya, dengan bantuan data science, perusahaan bisa mengarahkan sumber daya yang tersedia secara tepat waktu dan efisien sehingga dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang dalam hal keunggulan kompetitif dan profitabilitas yang berkelanjutan.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Optimalisasi Man Power

Data Science

Dengan mengukur, melacak, dan merekam metrik kinerja dan informasi berguna lainnya, data science dapat meningkatkan kapasitas analitis staf tingkat senior. Spesialis data science bisa mengubah data mentah menjadi informasi yang bisa ditindaklanjuti, menganalisisnya, dan menyajikannya kepada staf manajerial.


Akibatnya, manajemen tidak hanya dapat menggali lebih dalam masalah organisasi yang perlu mendapatkan perhatian khusus tetapi juga memahaminya dari perspektif yang menyeluruh.


3. Pengambilan Keputusan Terbaik

Dengan bantuan data science, sebuah perusahaan dapat mengurangi dan terhindar dari risiko berbahaya yang dapat mempengaruhi margin pendapatan. Data dapat dikumpulkan dari berbagai sumber dan dianalisis untuk membuat model yang mensimulasikan tindakan alternatif. Training yang dilakukan pada model prediktif ini dapat membantu perusahaan untuk menemukan hasil terbaik dan membantu mereka membuat keputusan yang didukung oleh fakta (yang diambil dari data). 

Data Science


4. Identifikasi Peluang Baru

Data science dapat meningkatkan proses dan asumsi yang ada melalui metode dan algoritma baru. Data scientist banyak berinteraksi dengan sistem analitik untuk mencari peluang baru dan menyarankan pembaruan yang relevan. Dengan cara ini, organisasi menjadi lebih fleksibel, mudah beradaptasi dan memperoleh value dengan melihat peluang yang muncul.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Yuk pelajari aplikasi data science di bidang industri dengan modul dari DQLab! Kita bisa praktik langsung pengaplikasian data science di bidang health care, telco, retail, bisnis, dan bidang lainnya plus mencoba menulis script bahasa pemrograman populer seperti python dan R dengan live code editor yang ada di dalam modul DQLab.


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab Bootcamp LiveClass berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login