Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Contoh Materi Dasar Pelatihan Excel

Belajar Data Science di Rumah 01-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2023-11-01-190204_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah salah satu software yang sudah umum dan banyak digunakan oleh orang-orang baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan bersama. Banyak orang yang mengetahui tentang excel namun masih bingung bagaimana cara menggunakannya.


Oleh karena itu saat ini pun banyak lembaga yang menyediakan pelatihan excel. Pelatihan excel yang diselenggarakan pun beragam dan terdiri dari berbagai tingkatan level yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.


Saat ini kita berada dalam era kecanggihan teknologi dimana internet mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Belajar excel pun kini juga bisa diikuti secara online baik itu melalui kelas interactive maupun melalui video pembelajaran.


Terdapat berbagai keuntungan ketika mengikuti pelatihan excel. Beberapa diantaranya adalah mendapatkan ilmu-ilmu dasar, memiliki komunitas, belajar dibimbing mentor, serta mendapatkan sertifikat dan bisa membangun portofolio. 


1. Dasar Excel

Ketika belajar bahasa pemrograman yang ingin kita ketahui tentu kita perlu mengetahui dasar-dasar dari software tersebut. Begitu halnya jika ingin belajar microsoft excel maka seseorang perlu ‘berkenalan’ dengan excel.


Beberapa contoh materi dasar pengenalan excel antara lain perkenalan aplikasi excel, rumus dasar excel, pengenalan terhadap shortcut dan call reference, dan kita juga dapat mengetahui begitu penting excel untuk karir kita.

Excel

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Data Cleansing

Pada umumnya orang mengetahui bahwa microsoft excel hanya bisa digunakan untuk membuat tabel atau menghitung rumus matematika saja. Padahal tidak hanya itu, microsoft excel juga bisa digunakan dalam pemrosesan data.


Dengan demikian ada kalanya dalam pelatihan excel terdapat materi data cleansing yang meliputi cara mengekstrak data, mengatasi data duplikat, proses filtering dan sorting. Materi tersebut nantinya akan membantu pengguna dalam proses analisis data.

Excel


3. Pengkondisian

Dalam bahasa pemrograman fungsi pengkondisian merupakan salah satu hal yang perlu dipelajari dengan benar. Terdapat berbagai macam contoh pengkondisian yaitu pengkondisian if, pengkondisian if-else, dan lainnya.


Fungsi pengkondisian ini akan sangat membantu jika kita ingin menampilkan data dengan syarat kondisi tertentu. Dengan demikian pengguna tidak perlu menyortir atau memilih satu per satu data yang ada sehingga pekerjaan akan lebih efisien.


4. Kegiatan Praktek

Pada beberapa bagian sebelumnya kita mengenali apa saja contoh materi yang diberikan pada pelatihan excel. Terlepas dari semua materi yang diberikan, pada umumnya lembaga pelatihan akan memberikan tugas yang perlu dikerjakan sebagai tugas praktek dengan menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan.


Pada kegiatan praktek ini setiap lembaga pelatihan memiliki cara yang berbeda. Ada yang diberi modul dan soal untuk dikerjakan, ada pula dengan cara peserta mengerjakannya secara live code.

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Pembelajaran dasar excel perlu dikuasai oleh masing-masing orang. Kamu bisa memilih berbagai tempat pelatihan untuk belajar excel. DQLab juga menyediakan materi excel yang bisa kamu coba.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login