FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 56 Menit 4 Detik 

Ragam Jenis Jenjang Karir Data Analyst Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/17dc707270a573e100eaea690096e4de_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst adalah pekerjaan yang memiliki jenjang karir yang bagus, ini dikarenakan adanya pertumbuhan dan permintaan data analyst yang cukup tinggi khususnya untuk perusahaan-perusahaan besar karena biasanya perusahaan besar ini memiliki big data yang harus diolah oleh para data analyst ini. Hampir tidak ada perusahaan yang tidak memiliki data di dalamnya. 


Terlebih lagi profesi data analyst ini juga sangat dicari oleh perusahaan yang sudah menerapkan go-digital di dalam visi dan misi perusahaan. Jadi untuk memahami jenjang karir seorang data analyst adalah dengan cara kalian harus memiliki pandangan yang lebih luas dan sudah mempersiapkannya dari sekarang. Nah sekarang kita akan membahas jenjang karir yang bisa ditempuh oleh seorang data analyst. Yuk simak artikel dibawah ini!


1. Entry-Level

Jenjang karir yang bisa ditempuh oleh seorang data analyst yang pertama ada entry level biasanya entry level juga sering disebut dengan junior data analyst. Entry level ini memiliki tanggung jawab untuk bisa mengekstrak data, data cleaning, menganalisis data, dan juga harus membagikan hasil temuan data yang sudah diolah kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti kepada tim marketing ataupun kepada sales.


Selain itu untuk menjadi entry level atau junior data analyst ini kalian harus memahami tools-tools dari visualisasi data seperti excel, tableau, dan juga powerBI, selanjutnya kalian juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang ilmu data, statistik, dan juga memiliki keahlian tentang SQL.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer 


2. Mid-Level

Jika kalian sudah cukup memiliki pengalaman sebelumnya di entry level atau junior data analyst, kalian akan melanjutkan ke jenjang karir selanjutnya yaitu mid level atau senior data analyst. Untuk cepat kalian naik jenjang karir ini juga bervariasi, ini balik lagi tergantung ukuran dari perusahaan kalian sebelumnya dan juga apakah kalian dapat berkembang dengan cepat di organisasi atau perusahaan itu. 


Jika kalian sudah naik tingkat kalian akan mulai diberikan tanggung jawab untuk bisa mengelola sebuah tim analisis. Oleh karena itu, kalian harus memiliki skill dan juga keterampilan seperti sudah mahir dalam SQL, sudah memiliki 2 sampai 5 tahun pengalaman berkaitan dengan data.


Kalian sudah memahami bahasa pemrograman dengan baik seperti memahami Python atau R, yang terakhir kalian juga sudah memahami tantangan bisnis apa saja dan juga mampu menghadirkan solusi dengan basis data yang bisa ditindaklanjuti.


3. Manajemen

Jenjang karir lainnya ialah kalian bisa bekerja sebagai data analytics manager. Selain hard skill yang kalian harus miliki, soft skill kalian juga harus memilikinya seperti komunikasi, kolaborasi, dan juga adaptasi. Karena untuk menjadi seorang data anaylst pastinya akan lebih banyak bekerja dengan tim.


Nah jika kalian ingin menjadi data analytics manager kalian diharuskan mengarahkan dan juga mengembangkan keahlian tim secara keseluruhan agar bisa menyelesaikan project yang diberikan oleh perusahaan dan dengan hasil yang maksimal.


Kalian juga memiliki kewajiban untuk membangun komunikasi yang baik kepada anggota tim dan juga memastikan mereka bisa memahami peran dan juga tugas mereka masing-masing dengan jelas. Maka dari itu dengan kalian memiliki soft skill yang mumpuni kalian bisa saja mendapatkan promosi sebagai Head of Data atau bahkan lebih tinggi lagi seperti Chief Data Officer.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Konsultan

Jika kalian sudah memiliki pengalaman atau sudah berkarir selama 6 atau 7 tahun di bidang data analytics, kalian dapat menempuh karir sebagai konsultan data analytics. Jadi konsultan data analytics ini biasanya melakukan pekerjaan yang sama dengan data analytics, tetapi mereka memiliki berbagai macam klien yang berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.


Konsultan data analytics ini memiliki tanggung jawab untuk memberikan saran yang berkaitan dengan rencana bisnis atau rencana dari perusahaan dan klien. Oleh karena itu, kalian harus memiliki pemahaman yang cukup kuat mengenai data management system dan juga wajib memiliki kemampuan strategic analytics.


Tugas dari konsultan ini biasanya menganalisis data dari berbagai sumber dan menjadikan sumber tersebut wawasan yang bisa ditindak lanjuti dan bisa direkomendasikan kepada klien/stakeholder, kalian juga bisa menganalisis dan membangun metode inovatif yang berhubungan dengan pengumpulan data klien.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :