PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 48 Menit 6 Detik

Ragam Jenis Pelatihan Data Analyst, Wajib Tahu

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7ac3f8442b1f23e817bfd504800ae3c4_x_Thumbnail800.jpeg

Data analyst merupakan salah satu posisi idaman bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia data. Saking larisnya posisi ini membuat banyak lembaga mulai gembar-gembor untuk mengadakan pelatihan data analyst. Tidak heran kalau salary yang ditawarkan posisi ini hampir menyentuh dua digit membuat data analyst berpotensi sebagai high-paying career di masa depan. Adapun berbagai tema pelatihan bisa dengan leluasa dipilih oleh peserta untuk meningkatkan pemahaman dan mengasah skill data analyst yang dibutuhkan oleh industri saat ini. 


Apakah kamu adalah seseorang pemula yang ingin menjadi data analyst? Jika iya, ada baiknya kamu bisa memilih pelatihan data analyst sebagai batu loncatan. Dengan kamu mengikuti pelatihan data analyst setidaknya calon kandidat paham secara garis besar terkait posisi data analyst beserta sederetan skill yang perlu dikuasai. Nah, terkadang setiap orang punya teknik alias cara belajar yang berbeda-beda nih.  Meskipun cara belajar setiap orang punya perbedaan, tak pelak mereka punya goals yang sama yaitu mendapatkan pekerjaan di bidang data. Kira-kira apa saja ya jenis pelatihan data analyst? Simak yuk penjelasannya lewat artikel berikut ini!


1. Pelatihan secara Online

Pelatihan secara Online merupakan salah satu pilihan yang bisa dimanfaatkan bagi kamu yang ingin belajar materi dan skillset data analyst. Namun, posisinya kamu adalah seseorang yang ingin switch career tapi terkendala karena jadwal kerja dan aktivitas yang padat. Apalagi kamu juga bingung untuk mengatur waktunya bagaimana. 


Data Analyst


Dengan pelatihan data analyst memungkinkan peserta dapat menyerap ilmu dengan baik walaupun memang tidak dapat bertatap muka secara langsung. Kamu cukup duduk manis di depan laptop asalkan device yang digunakan untuk pelatihan memenuhi standar dan kompatible. Tidak hanya itu, kamu juga perlu sediakan koneksi internet yang stabil agar materi pelatihan yang disampaikan tutor bisa terdeliver dengan baik.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pelatihan Secara Tatap Muka

Jika pelatihan data analyst secara online, peserta tidak perlu datang ke lokasi bootcamp. Lain halnya dengan pelatihan data analyst secara tatap muka, dimana pelatihan data analyst jenis ini dilaksanakan secara langsung sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Pelatihan jenis ini sangatlah cocok untuk kamu yang ingin dibimbing secara langsung oleh data expert yang berpengalaman di bidangnya. 


Data Analyst


Terkadang dalam pelatihan secara online, durasi waktu yang ditawarkan terbatas. Namun jika pelatihan secara tatap muka, kamu tidak hanya belajar secara langsung di tempat. Kamu bisa mendapatkan fasilitas yaitu konsultasi kepada mentor apabila saat di kelas bingung atau sulit untuk mengikuti materinya. Kamu juga akan dibimbing dalam mockup interview, persiapan melamar kerja dengan build up CV maupun mendapatkan kesempatan untuk mengikuti magang setelah final project dalam pelatihan data analyst selesai dilakukan.


3. Self-Paced Learning

Kedua jenis pelatihan sebelumnya adalah pelatihan yang sifatnya terjadwal sehingga baik yang dilakukan pada pelatihan data analyst secara tatap muka maupun online akan mendapatkan jadwal yang berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan awal antara peserta dengan pihak penyelenggara pelatihan. 

Data Analyst

Namun, ada satu lagi pelatihan yang bisa kalian jadikan sebagai pilihan dalam mempelajari skillset data analyst. Jawabannya adalah self-paced learning. Pembelajaran berbasis self-paced memungkinkan peserta ataupun member dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Tidak terikat waktu apalagi dalam situasi apapun bisa dilakukan selama member mengaksesnya dalam koneksi internet yang stabil.


Biasanya pihak penyelenggara pelatihan menyediakan berbagai macam video rekaman yang bisa diputar untuk mengakses berbagai materi yang berhubungan dengan skill data analyst. Nantinya peserta bisa mengunduh secara langsung materi pelatihan yang disediakan baik dalam bentuk video, pdf maupun ebook yang bisa diakses secara gratis oleh member. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Pelatihan Data Analyst DQLab

Tadi kan penjelasan mengenai pelatihan data analyst macam-macamnya apa saja kan sudah. Nah, sekarang pertanyaannya adalah biasanya yang diajarkan dalam pelatihan data analyst itu apa saja sih? 


Data Analyst


Salah satu bootcamp yang disediakan oleh DQLab adalah pelatihan Data Analyst with Excel. Pelatihan ini cocok untuk pemula yang belum pernah menggunakan Excel sama sekali, karena materi nya akan dibahas dari awal. Materinya akan dibagi ke dalam 14 sesi, yang dimulai dar pembahasan mengenai rumus dan formula, formatting, pivot table, visualisasi, melakukan eksplorasi data untuk studi case baru, hingga akhirnya membuat portofolio data. Sesi bootcamp ini akan dimulai pada 14 Januari 2023 - 5 Maret 2023 yang akan diisi oleh beberapa orang mentor dari perusahaan ternama yang ahli akan Excel.


Mengikuti pelatihan data analyst dapat menjadi stepping stone yang tepat untuk menguasai ilmu data walaupun bagi kamu pemula yang masih awam di bidang data. Tidak dapat dipungkiri, jika sekarang ini apapun tingkat pendidikan dan gelar yang disandang oleh calon kandidat data analyst bisa mendapatkan kesempatan yang sama asalkan bisa menguasai skill yang dibutuhkan. Buat yang pengen mengasah skill di bidang data analyst, yuk ikut bootcamp Data Analyst bersama DQLab


Caranya gampang banget, kamu bisa kunjungi menu Live Class di website DQLab untuk mendaftar ke bootcamp yang kamu inginkan. Sekarang giliranmu untuk menjemput impian menjadi Data Analyst, yuk tunggu apa lagi. Segera kunjungi website DQLab untuk informasi lebih lanjut.


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login