SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 40 Menit 51 Detik

Ragam Job Description Data Engineer Populer

Belajar Data Science di Rumah 09-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/847ae5ed-e4be-48fb-ace2-f61cedc2e07e-2023-06-10-003638_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini profesi yang berkaitan dengan data menjadi salah satu profesi incaran banyak orang, diantaranya seperti datas scientist, data engineer dan data analyst. Tidak hanya mencari tahu tentang profesi yang kekinian saja, kita juga perlu mengetahui job description data engineer maupun praktisi data lainnya. Job description setiap profesi perlu dipahami dengan benar agar seseorang dapat melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya dengan sesuai.


Seiring perkembangan teknologi saat ini kita perlu memilih profesi yang benar-benar dibutuhkan sesuai dengan perkembangan zaman. Jika kita ingin bergabung dalam dunia data maka ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan saat ini kita sudah menggunakan big data yang mana big data itu memerlukan proses analisis sehingga menghasilkan informasi yang relevan bagi perusahaan. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa job description data engineer secara umum. Yuk simak bersama-sama!


1. Mengelola Data Warehouse

Data warehouse atau biasa dikenal dengan gudang data merupakan suatu tempat atau sistem yang berisi data-data perusahaan. Data-data ini bisa mencakup seperti transaksi penjualan, catatan keuangan, data karyawan maupun data penting perusahaan lainnya. Salah satu tugas dari data engineer adalah mengelola serta mengembangkan data Warehouse ini.Data warehouse ini perlu dikelola dengan sebaik mungkin dan maksimal serta dikembangkan agar para praktisi data yang membutuhkan informasi dapat mengambilnya dari data warehouse. 

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Mengelola Data

Data adalah suatu kumpulan informasi penting yang terdiri dari berbagai macam jenis dan struktur. Disadari ataupun tidak disadari dalam keseharian kita telah menghasilkan dan menggunakan data untuk produktivitas sehari-hari. Dalam suatu perusahaan terdapat sebuah profesi yang pada umumnya bertanggung jawab terhadap data yaitu data engineer. Data engineer ini salah satu tugasnya adalah mengumpulkan, mengurutkan, membersihkan dan mengelola data sehingga data siap diolah oleh data analyst maupun data scientist.

Data Engineer


3. Menerapkan Machine Learning

Machine learning atau biasa dikenal pula dengan mesin pembelajar merupakan salah satu bagian dari artificial intelligence (kecerdasan buatan). Machine learning memiliki algoritma yang sangat banyak dan dapat digunakan sesuai dengan keperluan. Algoritma ini telah sering digunakan oleh para praktisi data untuk memudahkan pekerjaan mereka baik itu oleh data engineer, data scientist maupun data analyst. Data engineer dapat menggunakan algoritma machine learning untuk mengefisiensikan penggunaan data dan mempersiapkan data dengan lebih mudah.

Data Engineer


4. Bertanggung Jawab Terhadap Proses ETL

Proses extract, transform and load atau biasa dikenal dengan proses ETL merupakan suatu proses menggabungkan data dari berbagai sumber ke dalam gudang data atau data warehouse. Salah satu job description dari seorang data engineer adalah bertanggung jawab terhadap proses ETL. Proses ETL ini sangat penting dalam dunia data, baik itu data terstruktur maupun tidak terstruktur. Hal ini dikarenakan data mentah yang pada awalnya sulit dimengerti dapat disiapkan atau diolah secara singkat menjadi bentuk yang lebih mudah digunakan sehingga menghasilkan informasi yang lebih bermakna. 


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Bagi calon data engineer perlu memahami dengan baik apa saja job description data engineer yang harus dilakukan dan cara melakukannya. Berbagai job description tersebut perlu didasari dengan skill yang sesuai. Kalian dapat mengembangkan skill data engineer itu melalui pelatihan atau kursus online seperti DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login