Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Job Desk Data Scientist Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 23-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-2023-10-23-190415_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah salah satu profesi terseksi di abad ini. Profesi ini memang memiliki begitu banyak peminat dari berbagai kalangan usia dan latar belakang pendidikan. Data scientist merupakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap proses pengolahan data dalam perusahaan. Data scientist biasanya mengolah big data dengan menerapkan algoritma machine learning yang sesuai. Selain mengolah data, apa sajakah tugas data scientist lainnya?


Saat ini profesi yang berkaitan dengan data banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk berbagai keperluan. Untuk menjadi seorang data scientist kita perlu menguasai beberapa skill yang diperlukan. Rata-rata gaji data scientist pun cukup beragam tergantung dengan perusahaan yang ditempati dan tingkat jabatan yang ditempati. Pada artikel berikut ini kita akan mengenali beberapa tugas data scientist yang perlu kamu ketahui.


1. Mengolah Data

Pengolahan data merupakan salah satu tahapan penting atau proses inti dalam penelitian. Dalam tahapan ini terjadi proses pengolahan data yang awalnya tidak memiliki arti menjadi sebuah informasi. Informasi dari proses analisis data inilah yang dapat menentukan keputusan atau langkah bisnis yang perlu dilakukan oleh pihak perusahaan.


Proses analisis data dapat dilakukan dengan cara mengelompokkan data, melihat keterkaitan data, membuat perbandingan, membuat persamaan dan perbedaan data, membuat model, dan masih banyak lainnya.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menggunakan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah suatu hal yang tidak terlepas dari data scientist. Seperti yang telah kita ketahui bahwa data scientist pada umumnya bertugas menganalisis big data. Big data ini sangat kecil kemungkinan jika diolah menggunakan cara manual.


Oleh karena itu diperlukannya penggunaan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan data scientist kini sangat beragam dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Data Scientist


3. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu bentuk tampilan visual hasil analisis data yang dibuat agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Walaupun saat ini trend data scientist meningkat, masih banyak orang yang belum paham atau belum bisa membaca hasil analisis data.


Oleh karena itu hasil analisis data tersebut perlu dikelola dengan sebaik mungkin dan dikemas dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Saat ini tools visualisasi data untuk data scientist pun telah banyak tersedia dengan berbagai fitur yang menarik.

Data Scientist


4. Melakukan Penelitian

Penelitian atau riset merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu. Berdasarkan sifat datanya, penelitian terbagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Seorang data scientist, biasanya melakukan penelitian yang bersifat kuantitatif. Kegiatan penelitian ini adalah salah satu tugas data scientist agar dapat terus mengupgrade ilmu dan skillnya dalam bidang analisis data.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data scientist kini menjadi suatu profesi yang populer dan banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Kamu bisa belajar dasar-dasar data scientist di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login