3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 49 Menit 22 Detik

Ragam Manfaat Data Science dalam Berbagai Aspek

Belajar Data Science di Rumah 17-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-05-2024-01-19-095211_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan ilmu yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai lini bisnis. Penggunaan data dalam berbagai bidang membuat para stakeholder kesulitan mengambil keputusan jika tidak melibatkan ilmu Data Science. Data yang ada sangatlah beragam bentuknya, tidak hanya berupa angka yang siap diolah namun juga berupa teks, gambar, audio, bahkan video. Data-data yang tidak terstruktur ini tentunya memerlukan pemrosesan dengan cara khusus agar kita tetap bisa menjadikan data tersebut sebagai dasar pengambilan keputusan.


Data Science adalah ilmu yang kompleks, karena dalam ilmu ini kita akan diajarkan bagaimana caranya untuk mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, hingga menerapkan informasi yang didapatkan dari data. Melihat bagaimana kompleksnya ilmu ini, tidak heran jika ilmu ini menjadi sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan data.


Dalam artikel ini akan dibahas beberapa manfaat dari ilmu Data Science di berbagai aspek bisnis. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengambilan Keputusan yang Diberdayakan

Data Science

Data Science akan membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah untuk diberdayakan. Pengambilan keputusan yang melibatkan data tentu akan menghasilkan keputusan yang lebih relevan dengan permasalahan yang ada jika dibandingkan dengan keputusan yang diambil berdasarkan insting saja.


Adanya Data Science akan memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan terinformasi. Proses analisis data dalam Data Science akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi tren, pola, dan peluang yang mungkin terlewat.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Prediksi yang Akurat

Data Science

Prediksi data merupakan proses meramalkan kejadian yang akan datang dengan memanfaatkan data historis yang telah ada sebelumnya untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Prediksi ini bisa dilakukan dengan asumsi bahwa pola yang terjadi di masa lalu akan berulang di masa depan.


Meskipun tidak bisa akurat 100%, namun prediksi ini dapat membantu untuk menentukan langkah preventif yang harus dilakukan selanjutnya. Kita bisa memanfaatkan teknik Machine Learning agar Data Science dapat digunakan untuk membuat model prediktif yang dapat meramalkan kejadian mendatang.


3. Optimasi Proses Bisnis

Data Science

Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, namun mempertahankan agar bisnis tersebut bisa tetap eksis bahkan bisa mendapatkan keuntungan tentunya jauh lebih sulit. Dengan memanfaatkan ilmu Data Science, organisasi atau perusahaan dapat lebih mudah untuk mengoptimalkan bisnis yang sedang mereka jalani. Penggunaan algoritma Data Science dan analisis data dapat meningkatkan efisiensi serta mengurangi biaya operasional.


4. Personalisasi Pengalaman Pengguna

Data Science

“Pelanggan adalah raja” masih menjadi ungkapan yang dijunjung oleh para pelaku bisnis. Mereka terus berusaha membuat para customer menjadi loyal terhadap produk mereka, salah satunya dengan cara meningkatkan kepuasan pelanggan dengan personalisasi pengalaman customer.


Dengan menganalisis data customer, perusahaan dapat membuat pengalaman pengguna yang lebih personal dan relevan. Setelah dipersonalisasi, nantinya setiap pelanggan bisa diberikan rekomendasi produk, konten, atau layanan yang telah disesuaikan dengan masing-masing kepribadian sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Dengan adanya manfaat-manfaat ini, Data Science bukan hanya alat analitik namun juga bisa menjadi pemacu utama inovasi dan pengembangan dalam berbagai sektor industri. Kamu bisa memulai proses penggunaan algoritma Data Science dengan mempelajari Data Science bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :