LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 20 Menit 20 Detik

Ragam Manfaat Data Science, Mengapa Data Science penting

Belajar Data Science di Rumah 29-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2024-02-29-203944_x_Thumbnail800.jpg

Data science sudah menjadi bagian dari kemajuan dari teknologi saat ini. Pertumbuhan data yang semakin meningkat, membuat data science ini sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan perkembangan teknologi saat ini. Data science adalah ilmu yang tidak berdiri sendiri melainkan gabungan dari ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu komputer, matematika, dan statistik yang memiliki tujuan untuk membuat sebuah proses pengolahan big data menjadi lebih cepat dan akurat lagi.


Ada beberapa alat yang membantu dalam proses pengolahan data seperti Python, R, dan SQL. Ketiga alat tersebut dapat membantu para praktisi data untuk mempermudah proses data science berlangsung yang dimulai dari pengumpulan data, manipulasi data, data cleaning, analisis data, sampai dengan proses visualisasi data. 


Selain itu, di dalam dunia bisnis data menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Karena dengan adanya data ini, perusahaan bisa mengambil keputusan bisnis berdasarkan data sehingga perusahaan wajib menyediakan sistem penyimpanan data yang baik dan aman. Adanya data-data tersebut perusahaan dapat mengetahui perilaku konsumen untuk bisa meningkatkan strategi marketing, perilaku konsumen, dan sebagainya.


Maka dari itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk menerapkan ilmu data science ini. Selain itu, data science juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan, apa sajakah itu? Yuk kita simak artikel berikut ini!


1. Peningkatan Pengambilan Keputusan

Dengan menggunakan data untuk mengatasi masalah, praktisi dara memiliki peranan yang penting dalam memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Dalam proses analisis sekumpulan data mereka menggunakan berbagai macam metodologi.


Seorang praktisi data dapat memeriksa data konsumen yang dimiliki oleh perusahaan untuk bisa menemukan pola dan tren yang bisa digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku dari calon konsumen.

Data Science

Credit by Gramedia


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science


2. Keunggulan Kompetitif

Dengan memberdayakan praktisi profesional untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan menemukan peluang baru, data science bisa memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Bisnis dapat tetap kompetitif dengan memanfaatkan data untuk bisa memperoleh wawasan tentang proses dan pelanggan mereka.


Dengan adanya data science ini perusahaan dapat menemukan tren baru yang ada pada pasar konsumen dan bisa mengubah rencana pemasaran mereka untuk mendapatkan keuntungan dari tren ini sebelum para pesaingnya.


3. Inovasi dan Peluang Baru

Data science dapat membantu perusahaan untuk melakukan inovasi dan menemukan peluang baru. Data science menjadi kekuatan pendorong di balik inovasi yang memungkinkan perusahaan bisa menemukan perspektif baru dan potensi yang belum dimanfaatkan.


Selain itu, data science juga bisa digunakan untuk menemukan prospek bisnis baru dengan mengkaji data persaingan, dinamika pasar, dan perilaku konsumen. Selain itu, dengan menggunakan data science perusahaan mampu untuk menemukan hambatan dan potensi untuk optimalisasi.

Data Science

Credit by WartaPesona.com


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Perbaikan Terus-menerus

Manfaat lainnya dari data science ini adalah perusahaan bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan sebelumnya secara berkala. Selain itu perusahaan juga bisa menilai kinerja, memantau kemajuan, dan juga menentukan area pengembangan dengan menganalisis data. Strategi bisnis berbasis data ini mendorong sikap perbaikan dan inovasi terus-menerus.


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login