3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 2 Jam 17 Menit 41 Detik

Ragam Materi dalam DQLab Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2023-12-01-105625_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan suatu informasi penting yang tentu dimiliki oleh perusahaan. Terlebih saat ini sedang dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih, data yang dihasilkan semakin banyak dan beragam serta dalam waktu yang cepat pula. Oleh karena itu muncullah istilah big data. Big data ini perlu dikelola oleh ahlinya, yaitu data analyst. Untuk menjadi seorang data analyst yang profesional, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengikuti bootcamp data analyst.


Data analyst merupakan sebuah profesi yang memiliki berbagai tanggung jawab terhadap data seperti menganalisis data sampai mempresentasikan hasil analisis. Hasil analisis data ini nantinya dapat digunakan untuk membantu dalam membuat keputusan bisnis.


Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya diperlukan keahlian seperti kemampuan analisis, penguasaan bahasa pemrograman, dan masih banyak lainnya. Beberapa keahlian itu bisa diperoleh dengan cara mengikuti bootcamp data analyst. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja materi yang didapatkan jika mengikuti bootcamp data analyst.


1. Pengenalan Data Science

Data science atau biasa disebut dengan ilmu data merupakan suatu ilmu yang banyak dibutuhkan di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Penerapan data science telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan besar.


Oleh karena itu profesi yang ahli menangani data science juga banyak dibutuhkan dalam dunia kerja, salah satunya adalah data analyst. Saat ini telah banyak bootcamp data analyst yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu materi yang dipelajari dalam bootcamp data analyst adalah pengenalan terhadap data science dan apa manfaatnya dalam dunia kerja.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Coding Dasar

Coding merupakan kegiatan pengkodean yang mana isinya memberikan instruksi atau arahan kepada komputer untuk melaksanakan perintah tertentu. Proses coding bisa diterapkan menggunakan berbagai bahasa pemrograman.


Saat ini telah banyak bahasa pemrograman yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang dapat dipilih antara lain Python, SQL, Power BI, Java, R, dan lainnya. Dalam bootcamp data analyst peserta akan mempelajari cara coding dan cara menerapkannya dalam proses analisis.

Data Analyst


3. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu bentuk mempresentasikan hasil analisis data menggunakan elemen visual. Bentuk visualisasi data dapat ditampilkan menggunakan beberapa cara seperti grafik, diagram, gambar, dan lainnya.


Proses visualisasi data ini merupakan bagian penting dalam tahap analisis data terutama bagi orang yang awam terhadap data. Proses visualisasi data ini dapat diterapkan dengan berbagai tools yang tersedia dan ini semua dapat dipelajari saat mengikuti bootcamp data analyst.

Data Analyst


4. Melaksanakan Studi Kasus

Pada saat mengikuti bootcamp data analyst peserta akan mendapatkan beberapa keuntungan. Keuntungan yang utama yaitu mendapatkan materi yang berkaitan dengan data analyst atau data science. Setelah mendapatkan materi yang sekiranya diperlukan, pada umumnya peserta akan diberi studi kasus untuk diselesaikan dengan menerapkan materi yang telah diberikan sebelumnya. Dengan mengerjakan studi kasus yang diberikan maka akan meningkatkan skill peserta dan mempersiapkan diri agar bisa menghadapi data real.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Bootcamp data analyst merupakan salah satu pilihan yang dapat mengantarkan calon data analyst untuk meningkatkan skill menganalisis data. Skill dasar data analyst dapat diperoleh melalui berbagai media belajar seperti DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :