Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Peran Data Science untuk Bisnis Manufaktur?

Belajar Data Science di Rumah 07-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-05-2024-05-07-161418_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah salah satu disiplin ilmu yang berkembang pesat di era digital saat ini. Dalam bidang bisnis, ilmu ini menjadi alat yang efektif untuk membantu meningkatkan efisiensi operasi dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.


Khususnya dalam industri manufaktur, data science menjadi penting untuk membantu mengatasi tantangan produksi yang semakin kompleks dan tuntutan pasar yang semakin tinggi. Artikel ini akan membahas penerapan data science dalam bisnis manufaktur, manfaat yang diperoleh, serta tantangan dan hambatan dalam implementasinya. Yuk simak penjelasannya!


1. Konsep Data Science

Data Science melibatkan pemanfaatan metode dan teknologi untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data. Dibutuhkan juga berbagai disiplin ilmu seperti Matematika, Statistik, Ilmu Komputer, dan Domain Pengetahuan Bisnis. Data Science juga melibatkan penggunaan algoritma Machine Learning dan Artificial Intelligence untuk menghasilkan wawasan yang berarti dari data.


Pemanfaatan Data Science di bidang manufaktur di antaranya untuk melakukan prediksi dan analisis yang lebih baik dalam berbagai aspek bisnis, termasuk perencanaan produksi, manajemen persediaan, kualitas produk, dan biaya produksi. Dalam perencanaan produksi, Data Science dapat membantu perusahaan untuk memperkirakan permintaan pasar, membuat jadwal produksi yang tepat, dan meminimalkan biaya produksi. Sedangkan dalam manajemen persediaan, Data Science dapat membantu perusahaan dalam meramalkan kebutuhan bahan baku dan komponen, mengatur pengiriman, dan mengoptimalkan stok.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Penerapan Data Science dalam Bisnis Manufaktur

Penerapan Data Science dalam bisnis manufaktur dapat meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas produk, serta memperbaiki proses manajemen dan pengambilan keputusan. Berikut adalah beberapa contoh penerapan data science dalam bisnis manufaktur.

  • Analisis data untuk memahami perilaku pelanggan. Data Science dapat digunakan untuk menganalisis data pelanggan seperti preferensi produk, lokasi, dan histori pembelian. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, memperbaiki manajemen persediaan, dan memperbaiki efektivitas kampanye pemasaran.

  • Memprediksi permintaan produk. Data Science dapat digunakan untuk memprediksi permintaan produk di masa depan dengan menggunakan teknik Machine Learning. Cara ini digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi dan manajemen persediaan, sehingga dapat meminimalkan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi.

  • Mengoptimalkan rantai pasok. Data Science dapat digunakan untuk menganalisis proses rantai pasok, mulai dari pemasok hingga pelanggan. Hasil analisis yang akurat dan real-time, akan mempengaruhi manajemen rantai pasok sehingga dapat dioptimalkan untuk memperbaiki efisiensi produksi dan pengiriman.

  • Penggunaan Internet of Things (IoT) untuk monitoring kinerja mesin. Data Science dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari sensor mesin di pabrik menggunakan Internet of Things (IoT). Informasi ini kemudian dimanfaatkan untuk memantau kinerja mesin dan memperbaiki proses produksi, serta melakukan perawatan preventif untuk mencegah kerusakan mesin.


3. Manfaat Penerapan Data Science dalam Bisnis Manufaktur

Penerapan Data Science dalam bisnis manufaktur dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, di antaranya:

  • Meningkatkan efisiensi produksi. Dengan menggunakan Data Science, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi karena meminimalkan waktu dan biaya produksi. Hal ini dapat dicapai melalui proses perbaikan manajemen persediaan, memprediksi permintaan produk di masa depan, mengoptimalkan rantai pasok, dan mengurangi kerusakan mesin.

  • Memperbaiki kualitas produk. Data Science dapat membantu perusahaan untuk menganalisis data dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk. Hasilnya akan membantu perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat dengan tujuan memperbaiki kualitas produk, seperti meningkatkan proses produksi atau memperbaiki bahan baku.

  • Meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan menggunakan Data Science, perusahaan dapat memahami perilaku pelanggan dan preferensi mereka dengan lebih baik. Cara ini kemudian bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, seperti memperbaiki manajemen persediaan dan memperbaiki efektivitas kampanye pemasaran.

  • Membantu proses pengambilan keputusan. Data Science juga dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki manajemen dan pengambilan keputusan dengan memberikan informasi yang akurat dan real-time. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat, serta meminimalkan risiko kesalahan.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Tantangan dan Hambatan dalam Implementasinya

Terdapat juga tantangan dan hambatan dalam implementasi Data Science. Untuk menerapkan Data Science, perusahaan memerlukan data yang akurat dan lengkap. Namun, seringkali perusahaan mengalami keterbatasan data yang tersedia, seperti data yang tidak lengkap atau data yang kurang akurat. Hal ini dapat menghambat penerapan Data Science. 


Penerapan Data Science juga memerlukan keterampilan khusus dalam analisis data dan penggunaan teknologi. Namun, tidak semua perusahaan memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. Hal ini dapat menghambat penerapan Data Science atau membuat perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk merekrut ahli Data Science. Selain itu, juga diperlukan pengumpulan dan pengolahan data yang sensitif. Hal ini dapat menimbulkan tantangan keamanan data yang perlu diatasi dengan serius oleh perusahaan.


Hambatan terakhir adalah biaya. Penerapan Data Science memerlukan biaya yang cukup besar, mulai dari biaya perangkat keras dan perangkat lunak hingga biaya pelatihan dan pengembangan keterampilan karyawan. Hal ini dapat menjadi hambatan bagi perusahaan yang memiliki anggaran terbatas. Bahkan untuk melakukan pelatihan kepada karyawan juga tidak bisa hanya dalam waktu singkat. Dibutuhkan dedikasi dan komitmen yang tentunya menghabiskan cukup banyak biaya pula. 


Data science tidak hanya berperan di bidang manufaktur, loh. Masih banyak industri lain yang juga membutuhkan ilmu ini untuk membantu kelangsungan bisnis. Kalian ingin mempelajari lebih dalam perannya di setiap industri bisnis? Bahkan detail machine learning yang bisa diaplikasi untuk setiap permasalahan? Kalian bisa pelajari di DQLab nih. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan kembangkan kemampuan kalian menggunakan Python! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login