Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Perbedaan Jenis Hirarki Karir Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 05-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-03-2023-11-08-134029_x_Thumbnail800.jpg

Profesi data analyst semakin hari semakin banyak peminatnya dari berbagai macam kalangan. Hal ini karena di ranah industri data, data yang diproses adalah data dalam jumlahnya banyak dan membutuhkan orang untuk mengolah data tersebut untuk menghasilkan data yang memiliki informasi yang bagus. 


Data analyst juga salah satu turunan dari ilmu data science. Menjadi seorang data analyst tidak hanya berfokus pada bidang data science saja, tetapi bisa bersinggungan dengan berbagai fokus pekerjaan apa saja tergantung dari bidang perusahaan yang ada disana. Data analyst juga memiliki jenis karir yang terstruktur.


Dimulai dari entry level, mid level, senior level, dan spesialisasi. Tentunya untuk menjadi seorang data analyst harus memiliki kompetensi dasar yang harus dipersiapkan sebelumnya.


Nah, jika kalian masih pemula dan ingin mempersiapkan diri menjadi seorang data analyst maka kalian harus mengetahui jenis karir apa saja yang bisa kalian tempuh untuk menjadi seorang data analyst. Kali ini kita akan membahasnya pada artikel di bawah ini. Mari kita simak pembahasannya !


1. Entry Level

Sebagai seorang pemula atau baru bergabung dalam dunia data, kalian akan memulai karir dengan menempati posisi entry level terlebih dahulu atau bisa disebut dengan junior data analyst.


Disini, kalian akan memiliki tanggung jawab seperti mengekstrak data mentah, data cleaning, analisis data, dan juga bisa membagikan hasil temuan data tersebut kepada pihak-pihak terkait yang membutuhkan data tersebut.


Contohnya seperti tim marketing untuk mempromosikan barang atau jasa dari suatu perusahaan. Untuk menjadi seorang junior data analyst kalian harus memahami tools visualisasi data, pengetahuan dasar ilmu data dan statistik, dan juga pengetahuan tentang SQL.


Data Analyst

Credit by BeamJobs


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python



2. Mid Level

Setelah kalian memiliki cukup pengalaman menjadi seorang junior data analyst, kalian akan melanjutkan karir kalian ke mid level. Untuk seberapa cepatnya kalian menuju jenjang mid level ini sangat bervariasi, tergantung dari perusahaan dan juga apakah kalian bisa berkembang dengan cepat pada perusahaan maupun organisasi tersebut.


Pada level ini, kalian juga harus memiliki perkembangan dari skill kalian seperti mahir dalam SQL, memiliki 2 sampai 5 tahun pengalaman berkaitan dengan data, memahami dan juga memiliki pengetahuan dalam bahasa pemrograman seperti Python maupun R. 


Data Analyst

Credit by BeamJobs


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


3. Senior Level

Jenis karir selanjutnya adalah senior level. Jenis karir ini berkaitan erat dengan seberapa besar skill yang dimiliki kalian. Dengan semakin banyak skill dan juga pengalaman kalian dalam bidang data analyst ini maka skill kalian akan meningkat juga.


Skill disini bukan hanya hard skill saja tetapi juga soft skill milik kalian seperti komunikasi, kolaborasi, sampai dengan adaptasi. Setelah kalian melalui mid level dengan pengalaman 5 tahun, kalian akan naik jabatannya ke senior level yang di posisi ini kalian akan bertambah tugasnya seperti tugas manajerial.


Untuk itu, kalian juga harus fokus pada skill leadership milik kalian dengan tidak meninggalkan skill teknis milik kalian.

Data Analyst

Credit by Resume Worded


4. Spesialisasi

Ada beberapa orang yang memutuskan untuk menduduki posisi manajerial, tetapi ada beberapa orang juga yang bisa mengambil jenis karir menjadi seorang spesialis.


Pada tahap ini, kalian akan memulai untuk memilih dan juga mengasah keahlian kalian dalam bidang tertentu sesuai dengan keinginan dan juga tekad milik kalian, misalnya kalian ingin fokus pada bidang mengelola data di perusahaan keuangan atau kalian ingin fokus pada machine learning. 


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login