BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 47 Menit 32 Detik 

Ragam Profesi Data 2022, Machine Learning Engineer Salah Satunya

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ef7f785f3fd753c5f45ece2f66bc8146_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia data science, ada beragam profesi yang bisa kamu pilih. Tentu, semuanya perlu pertimbangan yang matang berdasarkan minat dan kemampuanmu, Sahabat Data DQLab. Meski memiliki tujuan akhir yang sama yakni fokus pada pengolahan data, tetapi setiap profesi yang ada memiliki perbedaan di antaranya. Nah, berikut sedikit penjelasan tentang masing-masing profesi yang ada di industri data science!


  • Data Scientist = Mereka adalah orang yang mengumpulkan data dalam volume yang besar (big data), kemudian mengolah data tersebut hingga pada akhirnya menggali sebuah insight baru dari hasil olahan tersebut untuk digunakan dalam membantu perusahaan untuk proses pengambilan keputusan.

  • Data Analyst = Tidak jauh berbeda dengan data scientist, seorang data analyst juga mengumpulkan data. Kemudia mengaturnya dan menggunakannya untuk mendapatkan suatu kesimpulan sesuai dengan proyek yang sedang diamati, seperti penjualan, media sosial, maupun inventaris.

  • Data Engineer = Data engineer adalah orang-orang yang mengembangkan platform data-data yang telah diolah oleh data scientist dan data analyst. Mulai dari perancangan arsitektur database sampai perawatan infrastruktur data di suatu perusahaan.

  • Database Manager = 

  • Data Entry = Mereka adalah orang-orang yang membantu perusahaan memproses informasi dengan mengambil data dari formulir, non dokumen atau rekaman suara untuk dimasukan ke dalam sistem komputer dan memastikan data tersebut tersimpan secara akurat dan efisien. 

  • Machine Learning Engineer = Salah satu profesi yang berada di lingkup IT. Machine learning engineer bertanggung jawab dalam membuat program dan algoritma yang memungkinkan mesin untuk mengambil tindakan tanpa arahan manusia.


Kali ini, DQLab mau memperkenalkan Sahabat Data DQLab dengan salah satu member DQLab yang kini memiliki salah satu dari profesi yang sudah kita sebutkan. Mau tahu siapa dia? Yuk, simak terus ya artikel ini!


1. Adn Agung, Member DQLab yang Kini Berprofesi sebagai Machine Learning Engineer!

Adn Agung Rochman atau yang akrab disapa Agung ini merupakan member DQLab yang kini bekerja sebagai machine learning engineer di salah satu platform layanan kesehatan, Alodokter. Kecintaannya terhadap dunia data science memang sudah ada sejak ia duduk di bangku kuliah. Hingga sampai akhirnya, ia memutuskan untuk fokus di bidang ini. Kecintaannya ini membawanya pada machine learning yang membuatnya memilih profesi sebagai machine learning engineer.


œSedari awal, saya memang sudah tertarik dengan bidang Machine Learning. Oleh karenanya, saya tekun mempersiapkan diri agar dapat terjun dan berkarir di ranah ini," kata Agung.


Baca juga : Berangkat sebagai Programmer, Ifan Kini Switch Career Menjadi Seorang Data Analyst


2. Kompetensi Dasar untuk Berkarir sebagai Machine Learning Engineer

Siapa pun bisa berkarir sebagai machine learning engineer, yang terpenting adalah memenuhi kriteria dan memiliki sejumlah kompetensi seperti:

  • Memahami ilmu seputar engineering.

  • Memahami Machine Learning secara menyeluruh.

  • Memahami tahapan pengolahan berdasarkan data.


3. Tips Bagi Sahabat Data DQLab yang Ingin Berkarir di Bidang Data

Adn Agung pun berbagi tips untuk kalian nih, Sahabat Data DQLab yang juga ingin terjun ke dunia data science. Pertama, perbanyak praktik dan berkarya berdasaekan studi kasus yang ada. Dengan begitu, pola pikir kamu akan terbiasa untuk memecahkan persoalan data. Kemudian, dengan memperbanyak latihan dari studi kasus yang ada, mau tidak mau akan membuatmu untuk memperdalam teori-teori yang digunakan dalam posisi yang kamu inginkan. Terakhir, kamu bisa mulai perbanyak portofolio data. Hal ini agar kamu memiliki value yang lebih di mata rekruter. Sebab portofolio merupakan representasi dari kemampuan yang kamu miliki. Semangat terus ya!


Baca juga : Mulai Berkarir Jadi Data Project Manager Tanpa Background IT!


4. Mau Berkarir di Bidang Data? Yuk, Saatnya Belajar Data Science!

Kamu tertarik untuk memiliki karir di dunia data science? Tentu bisa! Data science sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin berkarir dan berkarya melalui data. Kamu bisa mulai mempelajarinya dari berbagai platform, seperti artikel/blog, karya tulis ilmiah, serta video pembelajaran yang sudah banyak tersedia di dunia maya. Kamu bisa mempelajarinya secara mandiri berdasarkan sumber pembelajaran yang kamu pilih. Tetapi jika kamu merasa kesulitan untuk belajar sendiri tanpa arahan, kamu bisa memilih kursus online sebagai pilihannya. DQLab.id hadir sebagai salah satu platform belajar data science yang bisa kamu pilih. Metode pembelajaran yang fleksibel dan aplikatif memudahkan kamu untuk bisa belajar dimana saja dan kapan pun kamu mau.


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :