Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Project Data Analyst di Industri Rental

Belajar Data Science di Rumah 08-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-03-2024-01-08-163108_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst selalu dibutuhkan di setiap industri, tidak terkecuali sektor rental. Terlebih dengan kemajuan bisnis dan banyaknya perusahaan yang mulai ekspansi baik dengan membuka cabang di berbagai lokasi dalam negeri atau bahkan ke luar negeri, maka tidak heran jika kebutuhan data analyst semakin meningkat. 


Nah, dengan peluang tersebut, sebenarnya ada banyak ragam project data analyst yang juga bisa dieksplorasi. Mulai dari analisis kinerja produk hingga optimasi penetapan harga yang lebih menguntungkan. Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan beberapa ragam project tersebut yang bisa jadi inspirasi kalian untuk menganalisis lebih lanjut permasalahan di sektor rental dan solusi terbaik yang bisa kalian berikan. 


1. Analisis Kinerja Produk

Data Analyst

Dalam proyek analisis kinerja produk, kalian bisa fokus untuk memahami pola penyewaan produk dalam industri rental. Caranya dengan mengumpulkan data transaksi selama periode tertentu untuk mengidentifikasi produk yang paling diminati dan kurang diminati oleh pelanggan.


Melalui teknik analisis statistik dan visualisasi data, kalian bisa mengidentifikasi tren dalam permintaan produk serta memberikan insight tentang faktor-faktor yang memengaruhi popularitas suatu produk. Selain itu, berikan rekomendasi strategis kepada tim manajemen berdasarkan hasil analisis, termasuk penyesuaian stok produk, promosi lebih lanjut untuk produk populer, dan strategi pemasaran untuk meningkatkan visibilitas produk yang kurang diminati.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Segmentasi Pelanggan

Data Analyst

Dalam proyek segmentasi pelanggan, kalian bertujuan mengarahkan upaya untuk memahami perilaku dan preferensi pelanggan dalam industri rental. Mulai dengan mengumpulkan dan menganalisis data demografis, histori transaksi, serta interaksi pelanggan dengan platform penyewaan. Melalui penggunaan teknik segmentasi, seperti analisis klaster, kalian akan mampu mengidentifikasi segmen pelanggan yang berbeda.


Setiap segmen memiliki karakteristik unik yang mencakup kebutuhan penyewaan, tingkat kepuasan, dan preferensi produk. Selanjutnya, berikan rekomendasi strategi pemasaran dan layanan yang disesuaikan untuk masing-masing segmen, agar perusahaan dapat lebih efektif menargetkan pelanggan yang potensial dan mempertahankan kepuasan pelanggan yang sudah ada.


3. Analisis Retensi Pelanggan

Data Analyst

Dalam proyek analisis retensi pelanggan, kalian harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat retensi pelanggan dalam industri rental. Kumpulkan dan analisis data historis transaksi, feedback pelanggan, dan interaksi pelanggan dengan layanan penyewaan.


Melalui pendekatan analisis yang mendalam, kalian akan mampu mengidentifikasi tren retensi pelanggan, dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan retensi. Selanjutnya, susun rekomendasi strategi retensi yang spesifik, seperti program loyalitas, peningkatan layanan pelanggan, dan promosi yang dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan meminimalkan tingkat churn.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Optimasi Penetapan Harga

Data Analyst

Dalam proyek optimasi penetapan harga, lakukan analisis mendalam terhadap strategi penetapan harga produk atau layanan dalam industri rental. Pertama dengan mengumpulkan data harga produk sepanjang waktu, mempertimbangkan perubahan harga dan respons pelanggan terhadapnya.


Melalui analisis statistik dan pemodelan data, kalian akan memperoleh tren harga, mengevaluasi dampaknya terhadap volume penyewaan, dan menentukan titik harga optimal yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Pertimbangkan juga faktor-faktor eksternal seperti persaingan di pasar dan kondisi ekonomi yang mungkin memengaruhi strategi penetapan harga.


Wah, cukup menarik ya ragam projectnya? Tidak hanya di industri rental, kalian juga bisa eksplorasi ragam project data analyst lainnya. Kalian bisa temukan beragam project tersebut di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk siap jadi ahli dalam menyampaikan insight data! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login