Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Ragam Project Data Analyst di Ranah SEO, Apa Saja?

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-03-2024-02-27-150946_x_Thumbnail800.jpg

Apakah kamu sedang kebingungan untuk menentukan project apa yang cocok mengisi portofolio data analyst? Tentu, kamu saat ini sedang berada di artikel yang tepat! Tak jarang kandidat sering kali kebingungan dalam menentukan tema atau topik apa yang cocok sebagai pengisi dalam berkas portofolio mereka sebagai seorang data analyst.


Namun, ada beberapa proyek yang bisa menjadi pilihan yang baik untuk menunjukkan keterampilan dan kemampuan analisis data kamu. Salah satu ranah project yang bisa kamu pertimbangkan adalah project data analyst di ranah SEO atau Search Engine Optimization. 


Dalam peran ini, kamu akan bertanggung jawab untuk menganalisis data yang terkait dengan kinerja SEO sebuah situs web. Ini melibatkan memeriksa metrik seperti peringkat kata kunci, lalu lintas organik, tingkat konversi, dan lainnya untuk mengevaluasi efektivitas strategi SEO yang diterapkan. Dengan pemahaman yang kuat tentang tren dalam pencarian online dan algoritma mesin pencari, serta kemampuan untuk menginterpretasikan data secara efektif, kamu akan membantu mengidentifikasi peluang perbaikan dan mengoptimalkan visibilitas situs web di hasil pencarian.


Kali ini, kita akan membahas tentang inspirasi project data analyst di ranah SEO. Penasaran tentang seperti apa gambarannya? Simak yuk sahabat DQLab!


1. Audit Backlink

Inspirasi pertama yang bisa kamu aplikasikan sebagai project dalam portofolio data analyst adalah dengan melakukan audit backlink. Melakukan audit backlink suatu situs web bertujuan untuk menganalisis profil backlink tersebut dengan cermat guna mengevaluasi kualitas, relevansi, dan keberadaannya.


Audit ini penting karena backlink yang berkualitas dapat meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari, sementara backlink yang buruk atau tidak relevan dapat berdampak negatif pada peringkat SEO. 

Data Analyst

Sumber Gambar: Ahrefs


Dalam audit backlink, kamu akan meninjau sumber backlink, anchor text yang digunakan, kepadatan backlink, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas dan keberhasilan backlink. Hasil audit ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang potensi risiko dan peluang perbaikan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas profil backlink dan kinerja SEO secara keseluruhan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Tren Pencarian

Analisis tren pencarian merupakan salah satu ide yang bisa kamu tilik juga dalam mengisi proyek pada portofolio data analyst kamu. Dengan melacak tren pencarian yang sedang populer dan memahami pola perilaku pengguna dalam mencari informasi, kamu dapat mengidentifikasi peluang untuk mengoptimalkan konten atau strategi SEO situs web.


Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web dalam hasil pencarian dan memperoleh trafik organik yang lebih tinggi. Selain itu, dengan memahami tren pencarian, kamu juga dapat meramalkan perubahan dalam permintaan pasar dan mengarahkan strategi bisnis secara lebih efektif.


3. Analisis Struktur Situs

Selain itu, bedah struktur pada suatu situs juga bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dalam mengisi proyek di portofolio data analyst. Melalui analisis mendalam terhadap struktur situs web, kamu dapat mengidentifikasi area-area di mana perbaikan diperlukan untuk meningkatkan navigasi, kecepatan loading halaman, dan kegunaan secara keseluruhan.


Hal ini juga termasuk evaluasi terhadap arsitektur informasi situs, hierarki halaman, dan tautan internal untuk memastikan bahwa situs dapat diindeks dengan baik oleh mesin pencari dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Dengan memahami struktur situs secara menyeluruh, kamu dapat memberikan rekomendasi yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja SEO dan pengalaman pengguna.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Analisis Kata Kunci

Tingkat persaingan traffic organik semakin tidak terelakkan karena semakin banyaknya situs web yang bersaing untuk mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian. Dengan peningkatan jumlah bisnis yang memahami pentingnya SEO dan mengalokasikan sumber daya untuk meningkatkan visibilitas online mereka, persaingan semakin ketat.


Selain itu, perubahan algoritma mesin pencari yang terus-menerus dan evolusi tren dalam perilaku pencarian pengguna juga menjadi faktor yang menambah kompleksitas dalam upaya untuk mempertahankan atau meningkatkan posisi dalam hasil pencarian organik. Oleh karena itu, untuk berhasil dalam menghadapi persaingan ini, strategi SEO harus terus-menerus diperbarui, ditingkatkan, dan disesuaikan dengan perubahan lingkungan online.


Sahabat DQ tentu yakin untuk terbiasa menghindari kesalahan tersebut, adalah dengan terus berlatih. Semakin sering kita menyelesaikan beragam project, semakin sering pula kita memperbaiki kemampuan kita. Kalian bisa mulai melatih diri dengan menyelesaikan ragam project data analyst di DQLab


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan jadilah ahli dalam menyampaikan insight data dengan mengikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login