SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 43 Menit 27 Detik

Ragam Proyek Data Analyst di Bidang Geologi

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-03-2023-10-17-115712_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst adalah pekerjaan yang dibutuhkan di banyak industri. Perkembangan teknologi memaksa para pengusaha untuk memanfaatkan data agar bisa dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan untuk meminimalisir kerugian serta memaksimalkan keuntungan.


Tentu saja data mentah ini tidak akan bisa diproses menjadi informasi yang baik jika yang mengolah bukanlah ahli di bidang tersebut. Sehingga tidak heran, jika posisi praktisi data yang dibuka pasti dituntut harus bisa memenuhi kualifikasi tertentu agar bisa memastikan bahwa orang tersebut bisa mengolah data dengan benar.


Bidang geologi adalah ilmu yang berkaitan dengan bumi dan isinya. Namun, seiring berkembangnya teknologi, bidang ini menjadi salah satu bidang yang membutuhkan sentuhan Data Analyst untuk memainkan peran penting dalam memahami geologi dengan lebih mendalam.


Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa project Data Analyst di bidang geologi yang mungkin bisa dijadikan referensi jika kamu tertarik menjadi Data Analyst di bidang ini. Yuk, kita lihat apa saja project tersebut!


1.Analisis Gempa Bumi dan Tsunami

Data Analyst

Analisis gempa bumi dan tsunami bisa menjadi salah satu project data yang paling menarik di bidang geologi. Data Analyst bisa menganalisis data seismik, pola gempa bumi, dan perilaku tsunami untuk membantu meramalkan, melakukan mitigasi, serta tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk merespons bencana alam ini.


Penerapan analisis data dalam pemahaman pergerakan lempeng tektonik dan risiko gempa bumi dan tsunami dapat membantu menyelamatkan nyawa dan harta benda.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pemetaan Mineral dan Sumber Daya Alam

Data Analyst

Project data selanjutnya yang bisa dicoba adalah pemetaan mineral dan sumber daya alam. Dalam project ini, Data Analyst akan bekerja dengan data citra satelit dan survei geologi untuk mengidentifikasi potensi deposit mineral dan sumber daya alam.


Analisis data yang canggih dapat membantu memperkirakan cadangan mineral, memandu eksplorasi tambang, dan mengelola sumber daya alam dengan lebih efisien. Hal ini memiliki dampak besar pada industri pertambangan dan lingkungan.


3. Analisis Geologi dalam Penelitian Iklim

Data Analyst

Analisis dalam penelitian iklim juga bisa menjadi salah satu project data yang bisa dilakukan oleh Data Analyst di bidang geologi. Mereka dapat menggunakan data geologi, seperti catatan fosil dan batuan, untuk memahami perubahan iklim di masa lalu kemudian meramalkan perubahan iklim di masa depan.


Analisis data ini juga bisa membantu ilmuwan dalam memahami dampak perubahan iklim terhadap lingkungan dan kehidupan di bumi.


4. Analisis Risiko Bencana Alam

Data Analyst

Bencana alam adalah fenomena yang pasti akan terjadi, namun kita tidak mengetahui secara detail kapan waktu fenomena tersebut berlangsung. Geologi berperan penting dalam analisis risiko bencana alam, seperti tanah longsor, erupsi gunung berapi, dan banjir.


Data Analyst dapat menggabungkan data geologi, cuaca, dan citra satelit untuk memodelkan dan meramalkan potensi bencana. Meskipun tidak akan akurat 100%, namun setidaknya hasil analisis ini bisa membantu dalam perencanaan mitigasi, peringatan dini, dan respons cepat dalam situasi darurat.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Proyek Data Analyst di bidang geologi memiliki dampak yang signifikan dalam menjelajahi dan memahami bumi. Data Analyst di bidang geologi akan memanfaatkan data untuk menjaga keamanan dan keberlanjutan planet kita serta memberikan insight berharga bagi ilmu geologi dan masyarakat secara keseluruhan.


Kamu bisa mulai mengerjakan portfolio data dengan memanfaatkan menu project yang ada di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 



Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login