Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Ragam Rangkaian Job Description Data Scientist!

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-02-2024-03-16-132801_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat ini kita berada dalam era kecanggihan teknologi yang semakin maju. Hal ini berdampak terhadap berbagai bidang salah satunya adalah bidang data. Penggunaan internet yang semakin banyak nii memberikan dampak banyaknya data yang dihasilkan. Data yang dihasilkan pun dapat berupa data online maupun offline. Profesi yang bertanggung jawab terhadap data disebut dengan profesi data scientist. Lalu apa sajakah job description data scientist?


Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat diperlukan pula profesi yang dapat mengimbanginya. Bagi perusahaan tentu memiliki sistem database masing-masing. database yang ada tersebut perlu dikelola dengan baik dan diolah agar menghasilkan informasi. Seorang data scientist tentu memiliki peran yang besar dalam hal ini. Pada artikel berikut ini kita akan mengenali beberapa hal terkait job description data scientist.


1. Mengidentifikasi Masalah

Salah satu job description data scientist adalah mengidentifikasi masalah. Seorang data scientist harus mengerti terlebih dahulu data yang akan digunakan serta masalah apa yang akan diselesaikan. Dengan proses identifikasi masalah ini akan memudahkan data scientist dalam menentukan ilmu apa yang diterapkan, teknik yang digunakan, serta tools yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan data yang ada. Dengan demikian hasil analisis akan lebih valid dan mudah untuk dikomunikasikan terhadap pihak perusahaan.

Data Scientist




Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data

Menganalisis data tentunya bukanlah hal asing bagi data scientist. Terutama pada era big data ini dimana ketersediaan data sangat melimpah dalam waktu singkat dan memerlukan proses tindak lanjut agar menghasilkan informasi. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan proses analisis data.


Dengan menganalisis data , seseorang akan dapat menemukan tren dan pola dalam data sehingga dapat menentukan langkah atau teknik yang tepat digunakan untuk menemukan solusi dari permasalahan data.

Data Scientist



3. Memvisualisasikan Data

Pada saat data scientist telah menyelesaikan proses analisis data maka hasil analisis tersebut perlu disampaikan kepada seseorang yang berhak menerimanya. Proses penyampaian hasil analisis data ini perlu dikemas dengan visualisasi data yang menarik dan tetap memperhatikan poin pentingnya. Proses visualisasi data ini termasuk bagian dari tugas data scientist yang mana tujuannya memudahkan pembaca dalam memahami penyampaian hasil analisis data.

Data Scientist


4. Bertanggung Jawab Terhadap Data Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki database yang berkaitan dengan perusahaan baik itu data penjualan, informasi rahasia perusahaan, catatan keuangan, dan masih banyak lainnya. Dalam perusahaan diperlukan seseorang yang bertanggung jawab terhadap data perusahaan sampai mengelolanya dengan efektif.


Salah satu profesi yang bertugas dalam hal itu adalah data scientist  yang bekerja sama dengan profesi lainnya. Selain itu para penanggung jawab data perusahaan juga perlu memastikan bahwa data perusahaan tersebut benar-benar berkualitas dan dapat maksimal untuk digunakan.

Data Scientist

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Menjadi seorang data scientist saat ini merupakan impian banyak orang yang ingin berkarir dalam dunia data. Oleh karena itu dasar-dasar data scientist pun harus dipelajari dengan benar agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login