3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 57 Menit 13 Detik

Ragam Roadmap Data Engineer, Pemula Coba Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 27-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-04-2023-11-27-145602_x_Thumbnail800.jpg

Apakah Sahabat DQ sadar bahwa saat ini banyak profesi yang kekinian dan memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan? Salah satu profesi kekinian tersebut adalah data engineer. Data engineer merupakan profesi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pemeliharaan database.


Data engineer ini juga memiliki jenjang karir yang bagus dan gaji yang cukup menggiurkan loh. Oleh karena itu tidak mengherankan pula jika banyak yang mencari tahu bagaimana roadmap data engineer.


Seiring perkembangan teknologi saat ini banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyeimbangkannya. Data engineer merupakan salah satu profesi yang dapat mengimbangi di era digital seperti ini. Profesi data engineer secara umum bertanggung jawab terhadap database perusahaan, mulai dari mengumpulkan data, mengelola database, dan masih banyak lainnya.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali bagaimanakah roadmap data engineer yang dapat diikuti oleh calon data engineer.


1. Memahami Database

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa database adalah pegangan penting bagi seorang praktisi data, termasuk data engineer. Data engineer perlu memahami seluk beluk database baik jenis data yang terkumpul maupun pengolahan penyimpanan database yang berbeda-beda.


Database yang ada ini perlu diproses dengan lebih maksimal agar lebih teratur dan lebih mudah diakses jika sewaktu-waktu diperlukan oleh perusahaan.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memahami Tools

Pada perkembangan teknologi seperti sekarang ini banyak profesi yang sebelumnya tidak minoritas diketahui kini menjadi naik daun. Beberapa profesi tersebut biasanya yang berkaitan dengan data science.


Salah satu profesi yang menerapkan data science adalah data engineer. Data engineer dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya juga memerlukan tools data engineer serta skill-skill yang mendukungnya.

Data Engineer


3. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer bukanlah hal baru bagi data engineer. Bahkan dalam pengerjaannya mayoritas data engineer menggunakan bahasa pemrograman.


Dalam bahasa pemrograman pengguna akan menuliskan beberapa baris kode yang berisi instruksi atau perintah untuk dieksekusi oleh komputer saat ini pun telah banyak tersedia bahasa pemrograman mulai dari yang mudah dipelajari untuk pemula maupun yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sehingga pengguna dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Data Engineer



4. Membuat Portofolio Data

Pada saat melamar pekerjaan saat ini pihak recruiter tentu meminta peserta untuk mengumpulkan curriculum vitae (CV). Tahukah kalian bahwa saat ini terdapat dokumen yang perlu dilampirkan pada saat melamar pekerjaan untuk lebih meyakinkan recruiter, yaitu portofolio data.


Portofolio data ini berisi kumpulan atau ringkasan project yang pernah dilakukan oleh peserta. Peserta dapat menjelaskan secara singkat dan jelas terkait project yang dikerjakan seperti studi kasus, teknik yang digunakan dan hasil analisisnya ke dalam portofolio data.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Data engineer adalah suatu profesi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu kamu bisa pelajari apa saja terkait data engineer mulai dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :