3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 2 Jam 59 Menit 47 Detik

Ragam Skill Data Engineer yang Dibutuhkan 2023

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-2023-11-23-103433_x_Thumbnail800.jpg

Pada era revolusi industri kini semakin banyak perusahaan maupun start up yang semakin bersaing untuk kemajuan bisnis mereka. Dibalik semua itu terdapat berbagai profesi yang berperan penting, salah satunya adalah dalam bidang database. 


Database dapat dikatakan menjadi salah satu tiang perusahaan yang perlu ditindaklanjuti dengan baik. Salah satu profesi yang berkaitan dengan database perusahaan adalah data engineer. Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik diperlukan macam-macam skill data engineer yang perlu diketahui.


Data engineer adalah sebuah profesi yang tugasnya mendesain dan membangun sistem. Data engineer pada umumnya bertugas dan bertanggung jawab terhadap manajemen database perusahaan. Data engineer juga bisa menyiapkan data yang akan digunakan oleh data analyst maupun data scientist.


Profesi data engineer ini juga menawarkan gaji yang cukup menggiurkan, tergantung dengan perusahaan masing-masing. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa tools data engineer. Yuk, simak bersama-sama!


1. Pemahaman Big Data

Perkembangan teknologi yang semakin maju ini memberikan dampak ke berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang data sampai muncullah istilah big data. Big data merupakan kumpulan data yang berukuran sangat besar dan terdiri dari bermacam-macam data baik itu terstruktur, tidak terstruktur maupun semi terstruktur.


Seorang data engineer tentunya tidak asing dengan big data bahkan data engineer perlu memahami big data dengan baik agar dapat mengaksesnya dan dapat mengetahui langkah selanjutnya.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Ilmu Matematika

Ilmu matematika merupakan suatu pondasi ilmu yang harus dimiliki oleh data engineer. Untuk mengelola database perusahaan diperlukan dasar logika yang kuat serta teliti dan tekun. Dasar-dasar ilmu matematika juga perlu dimiliki oleh praktisi data.


Seseorang yang menguasai matematika dan statistika akan memiliki kerangka berpikir yang lebih logis dan sistematis, sehingga lebih mudah dalam memecahkan masalah seperti menangani permasalahan dalam database dan lainnya.

Data Engineer


3. Data Pipeline

Untuk berkarir menjadi seorang data engineer kita perlu memahami seluk beluk tentang data salah satunya adalah data pipeline. Lalu apakah yang dimaksud dengan data pipeline? Secara singkat data pipeline merupakan tahapan pemrosesan data. Data mentah yang masuk akan diolah sampai selesai walaupun pada prakteknya juga ada pihak yang memilih untuk mengolahnya lebih lanjut.


Pada umumnya di perusahaan orang yang menangani data pipeline itu adalah data engineer. Oleh karena itu pengetahuan terkait data pipeline perlu dipahami dengan benar karena memiliki peranan penting dalam perusahaan seperti untuk anatomi bisnis, bisnis analitik dan bisnis intelijens, produktivitas, maupun sampai keamanan perusahaan.


4. Scripting

Seorang data engineer akan selalu berkaitan dengan bahasa pemrograman dan sistem skrip. Scripting merupakan kumpulan bahasa pemrograman yang telah ditafsirkan. Scripting ini berfungsi sebagai penerjemah perintah dalam komputer sehingga menjadi kumpulan kode yang digunakan untuk mendapatkan data.


Dengan memahami system scripting, data engineer dapat melakukan proses coding dengan cepat, dapat melakukan pembuatan dan pengeditan sederhana pada berbagai task editor, dan lainnya.

Data Engineer 


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Data engineer adalah suatu profesi yang memerlukan beberapa sill untuk mendukung penyelesaian tugas dan tanggung jawabnya. Kamu bisa mulai mengasah skill data engineer di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :