Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Task Data Scientist yang Wajib Diketahui

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0dbfbfa718f9c26ac387f69e8e0c0a8b_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist merupakan salah satu profesi yang banyak diminati di masa kini. Profesi ini dapat dikatakan sebagai profesi kekinian yang memang memiliki peran penting pula dalam berbagai bidang. Data scientist secara umum memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab yang perlu dikerjakan. Bagi kamu yang berminat menjadi data scientist, pemahaman terkait job description data scientist harus diketahui agar nantinya ketika memasuki dunia kerja tidak bingung hal apa saja yang harus dikerjakan.


Sama seperti beberapa profesi lainnya, ketika ingin terjun ke dalam suatu profesi kita harus mengerti apa saja yang perlu diketahui terkait profesi yang diminati. Baik itu definisinya, tugas dan tanggung jawabnya, skill yang diperlukan, nantinya akan bekerja sama dengan bagian mana saja, dan lainnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa job description data scientist yang perlu diketahui bagi para calon praktisi data. Yuk, simak bersama-sama!


1. Mengidentifikasi Masalah

Setiap perusahaan atau instansi memiliki visi misi dan tujuan tertentu. Dalam proses tercapainya visi dan misi tersebut tidak jarang pengguna menghadapi berbagai permasalahan. Salah satu cara untuk menyelesaikannya adalah dengan mengidentifikasi masalah tersebut. Seorang data scientist dapat mengidentifikasi masalah dengan terstruktur lalu membuat rencana atau rangkaian solusi untuk menyelesaikannya. Solusi yang digunakan pun dapat dipilih dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Penelitian

Tugas lainnya dari seorang data scientist adalah melakukan kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian ini perlu dilakukan seorang data scientist salah satunya adalah agar selalu update dengan perkembangan ilmu. Kegiatan penelitian ini juga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan data scientist terhadap berbagai permasalahan yang barangkali belum pernah dijumpai oleh data scientist selama terjun dalam dunia data. Tujuan lain dari melakukan kegiatan penelitian adalah agar dapat mengetahui apakah data yang akan digunakan bersifat valid dan reliabel.

Data Scientist


3. Menganalisis Data

Menganalisis data tentunya bukanlah hal asing bagi data scientist. Terutama pada era big data ini dimana ketersediaan data sangat melimpah dalam waktu singkat dan memerlukan proses tindak lanjut agar menghasilkan informasi. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan proses analisis data. Dengan menganalisis data , seseorang akan dapat menemukan tren dan pola dalam data sehingga dapat menentukan langkah atau teknik yang tepat digunakan untuk menemukan solusi dari permasalahan data.

Data Scientist


4. Memberikan Saran

Selain melakukan proses analisis data, tugas lainnya dari seorang data scientist adalah menyampaikan hasil analisis data dan memberikan saran yang tepat kepada user. Tidak hanya menganalisis data saja, data scientist pun perlu merangkum dan menyampaikan hasil analisis dengan cara dan bahasa yang mudah dimengerti oleh user agar user dapat membuat keputusan bisnis yang tepat untuk perusahaannya. Dengan demikian data scientist juga memiliki peran besar terhadap perusahaan tersebut.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Memahami job description data scientist adalah suatu keharusan bagi calon praktisi data. Dengan begitu calon praktisi data nantinya dapat memahami dengan benar apa saja tugas sesungguhnya dalam dunia kerja. Gara tidak bingung memulai dari mana, kamu bisa coba belajar data scientist di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login