PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 17 Menit 19 Detik 

Ragam Teknik Analisis Data, Data Enthusiast Catat

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9c9e0235c08591b7818b258e00fdfd79_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia data, analisis memiliki berbagai jenis teknik analisis data. Analisis data adalah proses menangkap dan mencari informasi yang berharga dengan membersihkan, mentransformasi, dan memodelkan data menggunakan suatu teknik atau metode analisis data. Teknik ini biasa digunakan oleh data enthusiast untuk memperoleh insight dari kumpulan data, memproyeksi suatu kondisi di masa mendatang, serta memberikan rekomendasi dan solusi dari hasil analisis yang ia lakukan.


Teknik analisis data bukanlah teori yang sulit untuk dipelajari. Meskipun teknik analisis data ada bermacam-macam jenis dan metodenya, namun kebanyakan praktisi data hanya menggunakan satu atau dua jenis dari teknik ini. Nah, untuk memilih jenis atau metode yang akan kalian gunakan, tentunya kalian perlu memahami dasar dari analisis data itu sendiri.


Kamu dapat melakukan analisis data dengan metode apa saja tergantung kebutuhan data yang seperti apa. Pada kesempatan ini kita akan mengetahui lebih jauh lagi penjelasan dari masing-masing metode tersebut. 


1. Macam Teknik Analisis Data

Teknik analisis data merupakan salah satu langkah dalam pengolahan data. Tahapan ini penting dilakukan untuk mendapatkan informasi yang ada di balik data. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu diterapkan teknik analisis data dengan syarat-syarat tertentu seperti jenis data yang digunakan, kasus serta tujuan analisis.


Teknik Analisis Data


Teknik analisis data memiliki beberapa jenis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan atau tujuan dalam penelitian Secara umum, teknik analisis data terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.


Teknik analisis data kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data numerik. Sedangkan teknik analisis data kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data yang berbentuk non numerik.


Baca juga : Teknik Analisis Data Systematic Literature Review


2. Teknik Analisis Data Kuantitatif 

Analisis data kuantitatif merupakan sebuah teknik analisis yang digunakan pada data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang dapat dibentuk dengan simbol angka atau bilangan. Metode ini merupakan pendekatan pengolahan data melalui metode statistik atau matematik yang terkumpul dari data sekunder.


Kelebihan dari metode ini adalah kesimpulan yang lebih terukur dan komprehensif. Hasil dari analisis kuantitatif biasanya dalam bentuk angka yang kemudian akan diinterpretasikan dalam uraian-uraian kalimat yang dapat dipahami oleh pengguna. Analisis data dalam penelitian ini biasanya menggunakan dua macam teknik analisis statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.


3. Contoh Teknik Analisis Data Kuantitatif

Setelah mengetahui pengertian teknik analisis data kuantitatif, selanjutnya kita akan mencoba mengenali apa saja teknik analisis data kuantitatif yang sering digunakan. Beberapa diantaranya adalah:

Teknik Analisis Data


  • Analisis deskriptif, bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait data penelitian.

  • Analisis regresi, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel.

  • Analisis komparatif, untuk mengetahui adanya perbedaan atau tidak pada dua jenis data variabel.

  • Analisis inferensial, bertujuan untuk menarik kesimpulan kemudian hasilnya dapat digeneralisasikan ke seluruh populasi.


4. Teknik Analisis Data Kualitatif

Analisis data kualitatif merupakan sebuah teknik analisis yang digunakan pada data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang bukan dalam bentuk angka atau bilangan dan biasanya berupa data informasi yang berbentuk teks, kalimat verbal maupun narasi.


Metode analisis data ini merupakan metode dengan menggunakan wawancara dan observasi dengan menjawab pertanyaan seperti apa, mengapa atau bagaimana, studi literatur dan dari sumber yang bermacam-macam serta dilakukan secara terus menerus. Selanjutnya dari keseluruhan data tersebut dilakukan proses pengklasifikasian berdasarkan kebutuhan dengan proses pencodingan.


Tahap terakhir pada metode ini adalah interpretasi data. Proses interpretasi data sebenarnya dilakukan secara bersamaan selama coding. Upaya interpretasi dilakukan bersamaan dalam mengklasifikasikan data. Langkah interpretasi untuk menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.


5. Contoh Teknik Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data kualitatif tidak kalah sering digunakan pula dalam penelitian. Data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini perlu dikumpulkan dengan metode pengumpulan data yang tepat dan pemilihan teknik analisis data yang tepat pula. Terdapat beberapa contoh teknik analisis data kualitatif yang sering digunakan, antara lain:

Teknik Analisis Data

  • Wawancara, proses tanya jawab secara lisan dengan tujuan mendapatkan informasi, yang mana dengan wawancara peneliti dapat mencari informasi lebih mendalam dan mengembangkan pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang lebih berkualitas.

  • Focus group discussion, proses wawancara yang semi terstruktur dengan topik yang ditentukan sebelumnya.

  • Studi literatur, proses mengkaji ulang literatur yang berkaitan dengan penelitian kemudian mencoba mengambil poin penting atau intisari dari tema yang sedang diangkat.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data sata ini menjadi solusi utama dalam permasalahan data. Dengan menerapkan teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data dan rumusan masalah, maka akan lebih memudahkan para pemilik industri untuk membuat keputusan. Yuk, mulai coba praktek teknik analisis data di DQLab!

DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab. 


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :