PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 51 Menit 17 Detik 

Ragam Tools Data Analyst Terpopuler 2022

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cd1d7e0f6beab35a13b9283476e2338d_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data adalah sebuah skill yang wajib sekali dimiliki oleh seorang Data Analyst. Dalam memproses analisis data sangat dibutuhkan sekali pemikiran yang kritis dan juga memiliki kemampuan problem solving yang baik juga. Semua kemampuan tersebut sangat diperlukan agar dapat menentukan metode-metode analisis data apa saja yang tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah. 


Penggunaan metode yang tepat akan mempengaruhi pada hasil akhir dari sebuah analisis data. Jika ada kekeliruan di dalam metodenya, ini memungkinkan hasil yang kita inginkan tidak bisa dicapai sehingga ini akan mengakibatkan terbuangnya waktu dan tenaga kita pada saat menganalisis sebuah data.


Untuk menjadi seorang data analyst dan juga data scientist diperlukan skill-skill yang sudah disebutkan tadi. Tapi kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan tools yang mumpuni tentunya. Jadi pada artikel kali ini kita akan membahas tools apa saja yang diperlukan oleh seorang data analyst agar kinerja mereka menjadi lebih mudah dan juga cepat dalam melakukan analisis data. Yuk simak terus artikel dibawah ini!


1. Xplenty

data analyst


Tools yang dibutuhkan oleh data analyst yang pertama ada xplenty. Toola ini merupakan salah satu tools data analyst yang cukup populer karena memiliki beberapa fitur yang cukup canggih oleh dimiliki tools ini. Tools ini akan memudahkan penggunanya untuk membersihkan ataupun mengubah data sesuai dengan keinginan seorang data analyst. 


Xplenty sendiri adalah sebuah solusi untuk proses ETL yang memiliki basis sebuah cloud dan bisa menyediakan pipeline data yang cukup sederhana. Tools ini juga memiliki kelebihan yaitu sebagai transformasi data yang kuat dan juga bebas coding. Selain itu, keamanan untuk datanya sendiri juga sudah cukup terjamin saat menggunakan tools tang satu ini.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer 


2. Microsoft Power BI

data analyst


Tools yang berguna bagi seorang data analyst yang selanjutnya ada microsoft power BI. Microsoft power BI ini adalah salah satu tools analisis data yang mampu menyerap data yang memiliki ukuran sangat besar. Jadi lewat tools ini pengguna bisa membuat laporan dan visualisasi data dari berbagai sumber data sekaligus dalam satu waktu.


Tools ini juga memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya sudah terintegrasi dengan lebih dari 100 sumber data lokal dan memiliki basis cloud, ini bisa menjadi opsi yang cukup bagus untuk para data analyst karena tools ini sudah banyak sekali sumber data yang terintegrasi. Selain itu, tools ini juga didukung dengan beberapa bahasa pemrograman diantaranya adalah DAX, Power Query, Python, dan juga SQL.


3. Tableau

data analyst


Tools selanjutnya yang dibutuhkan oleh seorang data analyst yaitu ada Tableau. Tools ini sangatlah bagus untuk digunakan oleh seorang data analyst karena fiturnya yang cukup canggih dalam memvisualisasikan hasil kesimpulan dari analisis data.


Bagi seorang pebisnis, tools tableau ini sebagai salah satu tools yang cukup penting. Karena dengan tools ini pebisnis dapat dengan mudah memvisualisasikan hasil dari analisis data dengan cepat.


Jadi, informasi dari data yang sudah dianalisis sebelumnya bisa lebih mudah dipahami oleh orang lain karena telah divisualisasikan dengan menggunakan tools yang satu ini. Dengan tools ini kita tidak perlu repot lagi bagaimana caranya memvisualisasikan data yang sudah kita proses.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Sisense

data analyst

Tools berikutnya yang dibutuhkan oleh seorang data analyst adalah sisense. Sisense adalah tools data analysis yang memiliki fitur kelebihan seperti membantu memvisualisasikan hasil data menjadi lebih mudah dipahami dan juga dimengerti oleh orang umum.


Selain itu, kelebihan lainnya dari tools ini adalah memiliki kemampuan untuk menggabungkan data dari berbagai macam sumber data dan juga bisa menyajikannya dengan visualisasi yang menarik.


Tools ini juga cukup menarik karena menyediakan dashboard yang cukup interaktif untuk kolaborasi bersama dengan anggota satu tim. Jadi, kerja sama antar anggota tim bisa lebih mudah dan interaktif dengan menggunakan tools yang satu ini.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :