3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 3 Menit 47 Detik

Ragam Tools Data Engineer Populer di Tahun 2024

Belajar Data Science di Rumah 31-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-04-2024-01-31-130122_x_Thumbnail800.jpg

Belakangan ini terdapat banyak profesi yang sedang naik daun. Hal ini tentunya juga menyeimbangkan perkembangan teknologi masa kini. Beberapa profesi terkait antara lain seperti data analyst, data scientist, data engineer, data entry, dan masih banyak lainnya. Data engineer merupakan salah satu profesi yang banyak diincar oleh job seeker masa kini. Tools data engineer saat ini juga banyak tersedia dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Dalam suatu perusahaan tentunya memiliki database yang perlu dikelola untuk kepentingan perusahaan. Hal ini memerlukan peran seseorang yang ahli di bidang tersebut. Profesi yang berkaitan dengan ini adalah data engineer. Data engineer merupakan orang yang ahli dalam bidang TI khususnya database yang mana tugasnya adalah untuk mengumpulkan dan mengolah berbagai macam data yang diperlukan oleh perusahaan sesuai dengan bidangnya.


Dalam menjalankan tugasnya tentu dibutuhkan bantuan tools data engineer. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa tools engineer yang populer digunakan. Yuk, simak bersama-sama! 


1. Tableau

Proses visualisasi data adalah bagian penting dalam kegiatan analisis data yang mana tujuannya untuk memudahkan pengguna dalam memahami hasil analisis data. Salah satu tools untuk visualisasi data adalah Tableau. Tableau ini memiliki berbagai manfaat seperti untuk membantu pembuatan keputusan bisnis, alat visualisasi data yang praktis, menghubungkan kumpulan data, membuat laporan taktis dengan praktis, analisis tren dan pola data, serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. MongoDB

MongoDB adalah salah satu software data engineer yang sering digunakan untuk pengembangan website. Tools ini bisa menampung data dalam jumlah besar dan bervariasi. Terdapat beberapa keunggulan menggunakan software MongoDB seperti performa lebih cepat, pengelolaan database lebih mudah, mampu menampung banyak data yang bervariasi. bisa mengelola query lebih baik, memiliki kemampuan skalabilitas sesuai kebutuhan, dapat memperbarui skema data tanpa downtime, dan bisa digunakan secara gratis.

Data Engineer

3. Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Bahasa pemrograman python bersifat open source dan bisa digunakan di berbagai sistem operasi. Bahasa python juga memiliki banyak library yang banyak dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bahasa python ini telah digunakan juga oleh berbagai perusahaan besar seperti Instagram, Youtube, Google, Netflix, Facebook, dan masih banyak lainnya.

Data Engineer


4. Power BI

Power BI merupakan salah satu tools data engineer yang sering digunakan untuk kepentingan bisnis. Power BI ini termasuk bagian dari Microsoft dan memiliki beberapa versi seperti Power BI Desktop, Power BI Service, Aplikasi Power BI untuk Android dan IOS, Power BI Report Builder dan Power BI Report Server.


Power BI pada umumnya termasuk ke dalam software yang gratis namun hanya memiliki beberapa fitur terbatas. Namun jika pengguna ingin menambahkan atau menggunakan beberapa fitur tambahan maka pengguna dapat mengupdate beberapa paket yang tersedia dengan membayar sejumlah tertentu.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Profesi data engineer merupakan salah satu profesi yang cukup menarik perhatian dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar. Terdapat berbagai skill yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi data engineer. Kamu bisa belajar dasar-dasar skillnya di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :